Analisis Tingkat Kecemasan Komunikasi Terhadap Eksistensi Diri Siswa SMA Negeri 4 Pinrang

Rahayu Ramadani, Mursalim Mursalim, Sudirman Karnay

Abstract


Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 62 Tentang Ekstrakurikuler Tahun 2014 dikatakan bahwa potensi peserta didik dapat dikembangkan melalui adanya kegiatan ekstrakurikuler, dimana ini disebutkan dalam tujuan pendidikan nasional. Kegiatan ekstrakurikuler dapat membantu siswa untuk mengenal minat dan bakat mereka hingga sampai kepada memiliki prestasi atau setidaknya menjadi memiliki banyak relasi. Adapun eksistensi seorang siswa biasanya dikenali dari seberapa baik mereka berprestasi dan  bagaimana mereka berperilaku sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat eksistensi diri siswa Kelas X di SMA Negeri 4 Pinrang yang telah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian menggunakan metode kuantitatif melalui pendekatan deskriptif dengan populasi sebanyak 148 siswa, yang dijadikan sampel sebanyak 83 responden melalui teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui penyebaran instrumen penelitian berupa angket yang kemudian diolah melalui uji norma kategorisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Tingkat eksistensi diri yang  seimbang dimiliki oleh kelas X sejumlah (65%) pada tingkat kategori cukup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas X telah mampu mengenali eksistensi dirinya dengan memahami potensi, minat dan bakatnya. Faktor yang paling memberikan dampak pada eksistensi diri siswa adalah keaktifan mereka dalam kegiatan ekstrakurikuler dan kegemaran mereka dalam membentuk hubungan sosial, dimana faktor yang paling sedikit dampaknya adalah terkait siswa tidak suka mengikuti kegiatan secara individu. Hasil penelitian juga menemukan bahwa eksistensi diri siswa kelas X, lebih banyak diakui oleh guru dan tenaga didik mereka dibandingkan oleh sesama siswa

Keywords


Eksistensi Diri; Ekstrakurikuler; Sosial; SMA Negeri 4 Pinrang

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Inriyani, Y., Wahjoedi, & Sudarmiatin. (2020). Peran kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan prestasi belajar IPS. Jurnal Pendidkan, 8(2), 1–7. https://core.ac.uk/download/pdf/267023922.pdf

Masdul, M. R. (2018). Komunikasi Pembelajaran Learning Communication. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1–9. https://www.jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/IQRA/article/view/259

Muflich, M. F., & Rokim. (2021). Eksistensi Ekstrakulikuler dan Konstribusinya dalam Peningkatan Strandart Kompetensi Lulusan di SMAN 2 Lamongan. Akademika, 140(1), 6.

Olifia, S., Ambulani, N., Andini, D. T., Nahdiana, N., Azis, F., Haqiqi, P., & Judijanto, L. (2024). Seni Komunikasi: Membangun Keterampilan Komunikasi yang Kuat di Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Purwosaputro, S., & Sutono, A. (2021). Filsafat Manusia Sebagai Landasan Pendidikan Humanis. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Pendidikan Kewarganegaraan, X(1), 27–44.

Ramadani, R. (2022). Aprehensi Komunikasi dan Kemampuan Penetrasi Hubungan Akrab Mahasiswa. IAIN Parepare.

Rosadi, A. (2017). Pola Komunikasi Edukatif antara Guru dengan Siswa dalam Kegiatan Ekstrakulikuler di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Wera Kabupaten Bima. Jurnal Komunikasi Dan Kebudayaan, 4(2), 28–44.

Sani, H. N., Farida, E., & Yudha, E. S. (2021). Deskripsi Perilaku Kecemasan Komunikasi Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Pendidikan Indonesia. Indonesian Journal of Educational Counseling, 5(1), 22–27. https://doi.org/10.30653/001.202151.66

Setyastuti, Y. (2012). Apresiasi Komunikasi dalam Komunikasi Antarpribadi. Jurna Komunikator, 4(2), 72–79. http://journal.umy.ac.id/index.php/jkm/article/view/198/154

Sinambela, B. K., & Zevi Ariska. (2023). Pengaruh Fitur Instagram Stories Terhadap Eksistensi Diri Remaja (Survei Pada Remaja Di RW 09 Ciledug, Kelurahan Sudimara Tangerang). Jurnal Netnografi Komunikasi, 2(1), 8–18. https://doi.org/10.59408/netnografi.v2i1.14

Zakahi, W. R., & Duran, R. L. (1982). All the lonely people: The relationship among loneliness, communicative competence, and communication anxiety. Communication Quarterly, 30(3), 203–209. https://doi.org/10.1080/01463378209369450

Zelfia. (2019). Konsep Diri Para User Whatsapp Messenger Di Kota Makassar Dalam Menunjukkan Eksistensi Dirinya. Al-Munzir, 12(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jki.v11i1.21236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rahayu Ramadani, Mursalim Mursalim, Sudirman Karnay

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.