Majelis Sholawat Al-Barzanji Sebagai Kontrol Sosial Masyarakat Di Desa Munggung Ponorogo

Adin Misbah Walida, Akhmad Rifa’i

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui peran Majelis Sholawat Al-Barzanji sebagai kontrol sosial masyarakat terutama dikalangan remaja dalam mencegah maraknya penyimpangan sosial yang banyak terjadi sekarang ini, karena di era modernisasi sekarang ini masih banyak terjadi penyimpangan sosial yang sudah melewati batas. Penyimpangan sosial rentan terjadi dikalangan remaja sehingga perlu adanya kontrol sosial dalam masyarakat untuk mengendalikan perilaku menyimpang remaja tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam artikel ini ada empat peran Majelis Sholawat Al-Barzanji sebagai kontrol sosial masyarakat. Pertama, peran dalam internalisasi nilai keagamaan. Kedua, peran sebagai penanggung jawab terhadap generasi remaja. Ketiga, peran dalam pendekatan terhadap individu remaja. Keempat, peran dalam melakukan kegiatan yang positif dan bermanfaat. Kehadiran Majelis Sholawat Al-Barzanji ini telah menarik minat masyarakat terutama dilakangan remaja di Desa Munggung Ponorogo. Tulisan ini juga menjelaskan bahwa adanya majelis sholawat bisa menjadi wadah bagi anak muda di zaman sekarang agar tidak melakukan perilaku menyimpang. Keberadaan Majelis Sholawat Al-Barzanji ini perlu dipertahankan oleh warga masyarakat Desa Munggung Ponorogo karena majelis sholawat ini bisa menjadi wadah bagi masyarakat dalam rangka memperbaiki akhlak serta untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Keywords


Penyimpangan Sosial,;Sholawat Al-Barzanji; Remaja Desa

Full Text:

PDF

References


Afrizal. (2017). Metode Penelitian Kualitatif : Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Depok: Rajawali Pers.

Andi. (2023). “Polres Ponorogo Berhasil Ungkap 8 Kasus Narkoba, Sebelas Orang Ditetapkan Sebagai Tersangka.” Lintas Jatim News, 2023. https://lintasjatimnews.com/2023/02/17/polres-ponorogo-berhasil-ungkap-8-kasus-narkoba-sebelas-orang-ditetapkan-sebagai-tersangka/.

Fanani, M. Zuhruf. (2020). “Peran Majelis Taklim Dalam Membentuk Religiusitas Remaja Di Dusun Tuwak Desa Gonilan Kecamatan Kartasura.” ACADEMIA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora Vol.3 No.1.

Febrianingsih, Dian, M. Imamul Muttaqin Arisandi, and Zainal Arifin. 2022. “Peran Grup Shalawat Dalam Perubahan Perilaku Remaja.” TARBIYA ISLAMIA: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman Vol.12 No.2.

Goode, William J. 2002. Sosiologi Keluarga. Jakarta: Bumi Aksara.

Marlina, Wenny, Sri Rahmadani, and Ariesta. (2021). “Peran Komunitas Pemuda Hijrah Sebagai Kontrol Sosial Di Jorong Koto Alam Nagari Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar.” Turast: Jurnal Penelitian & Pengabdian Vol.9 No.1.

MK, Muhsin. (2009). Manajemen Majelis Taklim. Jakarta: Pustaka Intermasa.

Pebrianti, Charolin. (2022). “266 Remaja Di Ponorogo Ajukan Pernikahan Dini Karena Hamil Duluan.” Detiknews, January 2022. https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5895576/266-remaja-di-ponorogo-ajukan-pernikahan-dini-karena-hamil-duluan.

Soekanto, S. (2012). Sosiologi Suatu Pengantar. Rajawali Pers.

Subadi, Tjipto. (2008). Sosiologi. BP-FIKP UMS.




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jki.v10i2.19513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Adin Misbah Walida, Akhmad Rifa’i

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.