Strategi Komunikasi Lingkungan UPT KPH Brang Beh dalam Menjaga Ekosistem Hutan

Trian Nugroho HR, M. Syukron Anshori

Abstract


Beberapa waktu belakangan isu terkait lingkungan sedang hangat menjadi pembicaraan bagi seluruh kalangan di dunia. Ketergantungan kehidupan manusia terhadap lingkungan menjadikan isu ini sebagai fenomena yang perlu dibahas dan dikaji baik secara ilmiah maupun di keseharian. Kesadaran masyarakat terhadap kelestarian lingkungan merupakan salahsatu faktor yang berpengaruh terhadap kestabilan lingkungan. Upaya peningkatan kesadaran kepada masyarakat merujuk pada strategi dan upaya apa yang dilakukan oleh pemerintah dalam menyampaikan edukasi lingkungan. Dalam penelitian ini akan membahas terkait strategi komunikasi lingkungan yang digunakan oleh Kesatuan Pengelola Hutan dalam menjaga ekosistem lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Adapun dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Studi Kasus yang mana merupakan salah satu jenis penelitian yang dapat menjawab beberapa isu atau objek akan suatu fenomena terutama di dalam cabang ilmu sosial. Disaat seperti inilah pentingnya memanajemen komunikasi dan memaksimalkan dalam perencanaan strategi dalam melaksanakan komunikasi lingkungan. Penggunaan metode yang baik akan memaksimalkan output dari pelaksanaan komunikasi lingkungan. Hambatan yang ada saat pelaksanaan juga menjadi faktor dimana komunikasi lingkungan bisa dianggap efektif atau tidak.


Keywords


Strategi Komunikasi; Komunikasi Lingkungan; Ekosistem Hutan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Cox, R. (2010). Environmental Communication and the Public Sphere. SAGE.

Creswell, J. (2013). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran edisi empat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Effendy, O. U. (1990). ILMU KOMUNIKASI Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Floor, A. G., & Cangara, H. (2018). KOMUNIKASI LINGKUNGAN penanganan kasus-kasus lingkungan melalui strategi komunikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Hardiyanto, S., & Pulungan, D. (2019). Komunikasi Efektif Sebagai Upaya Penanggulangan Bencana Alam di Kota Padangsidimpuan. Jurnal Interaksi, 31.

Herutomo, C., & Istiyanto, S. B. (2021). KOMUNIKASI LINGKUNGAN DALAM MENGEMBANGKAN KELESTARIAN HUTAN. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 2.

Moleong, L. J. (1990). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosada Karya.

Muhari, A. (2023, April 5). Banjir Bandang Terjang Sumbawa, Belasan Rumah Hanyut dan Hewan Ternak Mati. Diambil kembali dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana: https://www.bnpb.go.id/berita/banjir-bandang-terjang-sumbawa-belasan-rumah-hanyut-dan-hewan-ternak-mati

Nugraha, A., & Murjito. (2005). Antropologi Kehutanan. Banten: Wana Aksara.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta: Deepublish.

Ruslan, R. (2000). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: Grafindo Persada.

Saputra, M. (2017). PEMBINAAN KESADARAN LINGKUNGAN MELALUI HABITUASI BERBASIS MEDIA SOSIAL GUNA MENUMBUHKAN KEBAJIKAN MORAL TERHADAP PELESTARIAN LINGKUNGAN. JURNAL MORAL KEMASYARAKATAN, 15.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Turner, R. W. (2008). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi, Edisi: 3. Jakarta: Salemba Humanika.

Yona, S. (2006). PENYUSUNAN STUDI KASUS. Jurnal Keperawatan Indonesia, 76.




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jki.v10i2.19512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Trian Nugroho HR, M. Syukron Anshori

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.