Komunikasi Guru Matematika Terhadap Peningkatan Literasi Lingkungan Siswa di SMK Negeri 4 Merauke, Papua Selatan

Nurzilah Laila, Bachtiar Ahmad Fani Rangkuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meneliti komunikasi guru matematika terhadap peningkatan kemampuan literasi lingkungan siswa. Diketahui jika literasi lingkungan yang rendah memiliki keberkaitan dengan kurang mampunya berprilaku dalam menjaga lingkungan. Pelajaran matematika sedikit relevan dikarenakan matematika masuk disetiap jenjang pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, lokasi Penelitian dilakukan di SMK Negeri 4 Kehutanan dan Perkebunan, Kabupaten Merauke Provinsi Papua Selatan. Sumber data primer pada penelitian ini didapatkan dari hasil wawancara dengan informan yang mengajar mata pelajaran matematika, sedangkan data sekunder penelitian didapatkan melalui dokumen dan foto. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik. Peningkatan literasi lingkungan di tingkat sekolah melalui komunikasi guru matematika meskipun tidaklah mudah, namun tetaplah harus terus dilakukan, sehingga perlu kerja sama dengan berbagai pihak untuk memahami sifat siswa yang berwawasan lingkungan agar tercipta siswa yang sadar lingkungan. Termasuk peran guru matematika saat memberikan materi haruslah menggunakan komunikasi yang mudah difahami oleh siswa. Kerjasama dimulai dari lingkungan sekolah itu sendiri, Komunikasi guru matematika memiliki peran yang vital, sebab hanya pada pembelajaran matematika sajalah para siswa diajarkan untuk berfikir rasional. Sedangkan permasalahan lingkungan sudah dapat terlihat secara kasat mata, yang berarti keseluruhan lingkungan dapat dipandang secara rasional dalam pemecahan masalahnya.

Keywords


: Komunikasi; Guru Matematika; Literasi Lingkungan Siswa

Full Text:

PDF

References


Batubara H.H, A. N. D. (2018). Implementasi Program Gerakan literasi sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Gugus Sungai Miai Banjarmasin. Vol 4 No 1 Maret.

Dewi, D. A. (2015). Matematika hijau sebagai salah satu upaya pendidikan karakter berwawasan lingkungan. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 33–38. https://doi.org/10.33654/math.v1i1.92

Diane W. Wood, P. D. (2015). Environmental Literacy in the United States. Dalam An agenda for Leadership in the 21st Century (hlm. 102). National Environmental Education Foundation. https://www.neefusa.org/resource/environmental-literacy-report-2015

Haryanto, D. (t.t.). Implementasi Pembelajaran Matematika Berwawasan Lingkungan.

Jurin, R., R., D. ,. &. Danter, K. (2010). Environmental Communication (Edition (2nd ed.)). Second Dordrecht Springer.

Karimzadegan, H., & Meiboudia, H. (2012). Exploration of Environmental Literacy in Science Education Curriculum in Primary Schools in Iran. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 404–409. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.131

Lexy. J., M. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

McBeth, W., & Volk, T. L. (2009). The National Environmental Literacy Project: A Baseline Study of Middle Grade Students in the United States. The Journal of Environmental Education, 41(1), 55–67. https://doi.org/10.1080/00958960903210031

Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi I). Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN ”Veteran” Yogyakarta Press.

Nofiana, M., J., T. (2018). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Keunggulan Lokal. Biosfer. Jurnal Tadris Biologi, 9(1),.

Parida, L., Kurniati, A., & Dike, D. (2021). Pengembangan Literasi Lingkugan Sekolah Berbasis Kolaborasi Stake Holder Sebagai Piloting Project Di Sekolah Dasar. Volume, 01 No.2. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php.dedikasi

Purnomo Setiadi Akbar, H. U. (2009). Metodologi Penelitian Sosial. PT Bumi Aksara.

Sekarwinahyu, M. (2013). Sejarah dan Konsep Dasar Pendidikan Lingkungan Hidup (3 ed.). https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PEBI422303-M1.pdf

Sudarwan, D. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora. Remaja Rosdakarya.

Widowati, A. (2011). Membentuk generasi berliterasi lingkungan dengan penerapan pendekatan STM dalam pembelajaran sains. Seminar Nasional Pendidikan IPA, 407-414.




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jki.v10i1.16956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurzilah Laila, Bachtiar Ahmad Fani Rangkuti

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.