Negosiasi Identitas Praktik Filantropi Digital Rumah Garda Indonesia
Abstract
Filantropi di era digital menggambarkan fenomena solidaritas publik yang mudah dibentuk, mudah menyebar, dan berdampak masif. Pemanfaatan media berbasis digital, termasuk media sosial, turut berkontribusi mendorong gerakan berbasis donasi ini mencapai tujuannya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi komunikasi oleh komunitas derma Rumah GARDA Indonesia, serta bagaimana peran inisiator melakukan pendekatan dengan calon donatur baik di tingkat lokal, nasional, bahkan internasional. Aktivisme digital ini bertujuan menghimpun dan mendistribusi dana bantuan untuk membangun rumah kaum dhuafa di Provinsi Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah GARDA Indonesia sukses menghimpun donasi dengan pola gerakan donasi Rp10.000 per orang. Namun keberhasilan ini tidak serta merta ditentukan oleh peran dan pengaruh media sosial yang digunakan, namun juga didominasi faktor negosiasi identitas oleh sang inisiator.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Aziz, I. A., Nurwahidin, N., & Chailis, I. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Masyarakat Menyalurkan Donasi Melalui Platform Crowdfunding Berbasis Online. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam, 5(1), 94–108. Https://Doi.Org/10.30997/Jsei.V5i1.1835
Azis. (2018). Islam: Antara Teks, Kuasa Dan Identitas (Pp. 79–99). Arti Bumi Intaran.
Benthall, J. (1999). Financial Worship: The Quranic Injunction To Almsgiving. The Journal Of The Royal Anthropological Institute, 5(1), 27–42. Https://Doi.Org/10.2307/2660961
Creswell., J. W. (1998). Qualitative Inquiry And Research Design: Choosing Among Five Traditions. SAGE Publications.
Fauzia, A. (2017). Islamic Philanthropy In Indonesia: Modernization, Islamization, And Social Justice. Austrian Journal Of South-East Asian Studies, 10(2), 223–236. Https://Doi.Org/10.14764/10.ASEAS-2017.2-6
Gaventa, J. (2006). Finding The Space For Change: A Power Analysis. IDS Bulletin, 37(6), 23.
Hidayanto, S., Tofani, A. Z., Pratiwi, A. P., Rahmah, S., & Christian, P. (N.D.). Issn : 2656-6125 Aksi Sosial Di Internet : Peran Social Media Influencer Sebagai Aktor Dalam Crowdfunding Di Media Sosial Ilmu Komunikasi , Universitas Bhayangkara Jakarta Raya 13 | J U R N A L K O M U N I K A S I , M A S Y A R A K A T D A N K E A M A N A. 13–29.
Junaedi, Fajar & Sukmono, G. F. (2019). Komunikasi Dalam Media Digital.
Kailani, N., & Slama, M. (2020). Accelerating Islamic Charities In Indonesia: Zakat, Sedekah And The Immediacy Of Social Media. South East Asia Research, 28(1), 70–86. Https://Doi.Org/10.1080/0967828X.2019.1691939
Latief, H. (2016). Melayani Umat: Filantropi Islam Dan Ideologi Kesejahteraan Kaum Modernis. In Melayani Umat: Filantropi Islam Dan Ideologi Kesejahteraan Kaum Modernis (Pp. 1–23). Suara Muhammadiyah.
Latief, H. (2012). Charities And Social Activism: Welfare, Dakwah, And Politics In Indonesia. Suara Muhammadiyah.
MITTERMAIER, A. (2014). Beyond Compassion: Islamic Voluntarism In Egypt. American Ethnologist, 41(3), 518–531. Http://Www.Jstor.Org/Stable/24027369
Mufriyani, A. (2022). Penerapan Strategi Multi Level Marketing Melia Sehat Sejahtera Pada Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Ekonomi Syariah. EKUITAS: Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah, 4(1), 225.
Pradana, M. Y. A. (2020). Relasi Kuasa Politik Tokoh Agama Dalam Hegemoni Pemilukada 2020. Living Islam: Journal Of Islamic Discourses, 3(2), 419.
Sakai, M. (2018). Penggiat Bisnis Syariah: Muslimah, Kewirausahaan Dan Pemberdayaan Masyarakat. Dompet Dhuafa.
Ting-Toomey, S. (2017). Identity Negotiation Theory. The International Encyclopedia Of Intercultural Communication, 2.
Tuğal, C. (2013). Contesting Benevolence: Market Orientations Among Muslim Aid Providers In Egypt. Qualitative Sociology, 36(2), 141–159. Https://Doi.Org/10.1007/S11133-013-9248-6
Wahyuni, T. (2019). Aktor Non-Negara Dalam Filantropi Islam Di Indonesia:Kontestasi Dan Kolaborasi. UIN Sunan Kalijaga.
Yuswohady, Herdianstah, I.A., Fatahilah, F., Ali, H. (2017). Gen M #Generation Muslim “Islam Itu Keren”. Bandung. Mizan Media Utama.
DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jki.v10i1.16955
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Rizky Amalia Syahrani, Ainal Fitri, Fathayatul Husna, Dony Arung Triantoro
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.