Implementasi Moderasi Ummat Beragama Dalam Bidang Ilmu Kesehatan, Sains dan Teknologi dimasa Pandemi Covid-19 Di Desa Silomlom Kec. Simpang Empat Kabupaten Asahan

Rida Rahayu Akhirul Banat Br. Sirait, Nurkhadijah Setia Ningsih, Putri Gunti Isnaini, Novie Syahbudiwati Ritonga, Novrina Elva Fanany Fanany, Annisa Vricki Sabilla, Elfi Yanti Ritonga

Abstract


Tulisan ini menjelaskan implementasi moderasi ummat beragama dalam bidang ilmu kesehatan, sains dan teknologi dimasa pandemi covid-19. Masa pandemi covid-19 ini menyebabkan semua kegiatan harus dibatasi dan berjarak demi mencegah penularan virus ini. Tulisan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan merujuk sumber dengan cara observasi partisipatoris yang menghasilkan data konkrit dan bersifat deskriptif. Dengan demikian dapat diambil ikhtisar yakni Pertama, dengan adanya pandemi covid-19 ini mengharuskan semua aktivitas umat beragama ditempat ibadah mereka masing-masing berhenti demi menjaga kesehatan, jikapun ada yang di rumah ibadah harus mengikuti protokol kesehatan. Kedua, kesehatan dan keselamatan masyarakat harus tetap terjaga ditengah-tengah pandemi seperti ini dengan tetap menjaga jarak, memakai masker serta menghindari banyak kerumunan yang terjadi demi memutus rantai covid-19. Ketiga, penggunaan teknologi untuk akses pengetahuan lebih dimaksimalkan karena zaman yang sudah canggih ini terutama saat pandemi covid-19 tidak terlepas dari media massa terlebih keadaan sekarang sangat mengharuskan manusia untuk bisa menggunakan media komunikasi sebagai alat untuk berinteraksi dengan orang lain.


Keywords


Moderasi Beragama; Covid-19, Kesehatan ; Teknologi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdul, S., Muhammad, A. majdy, & Rahman, A. (2020). Darurat Moderasi Beragama di Tengah Pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19). Jurnal Kuriositas Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 13(1).

Abdullah, A. M. (2020). Mendialogkan Nalar Agama dan Sains Modern di Tengah Pandemi Covid-19. 1.

Afandi, R. (2013). Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Sebagai Alternatif Menciptakan Sekolah Hijau. Jurnal Pedagogia, 2(1), 98–1088.

Akhamadi, A. (2019). Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia, Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia. Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2).

Bungin, B. (2006). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi Masyarakat. Kencana.

Ghalib, M. (2002). Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat dalam Pembelajaran Sains di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(4), 45–51.

Hasnidar. (2020). Ilmu Kesehatan Masyarakat. Yayasan Kita Menulis.

Poedjiadi, A. (2005). Sains Teknologi Masyarakat Model Pempelajaran Konsektual Bermuatan Nilai. PT. Remaja Rosdakarya,.

Rahmat, A. (2015). Pengantar Sosiologi Agama. Universitas Negeri Jakarta.

Salsabilah, U. H. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jki.v9i2.14611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rida Rahayu Akhirul Banat Br. Sirait, Nurkhadijah Setia Ningsih, Putri Gunti Isnaini, Novie Syahbudiwati Ritonga, Novrina Elva Fanany Fanany, Annisa Vricki Sabilla, Elfi Yanti Ritonga

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.