Komounikasi Persuasif Bank Sampah Puri Berlian Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Di Kelurahan Air Putih Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru

Milda Putri, Rusmadi Awza

Abstract


Bank sampah merupakan tempat menyimpan sampah yang telah dipilah sesuai dengan jenis sampahnya, sampah yang disimpan di bank sampah merupakan sampah yang memiliki nilai ekonomis. Cara kerja bank sampah secara umum hampir sama dengan bank lain, ada nasabah, pembukuan dan manajemen. Dalam mengajak calon nasabah untuk bergabung, pengurus dan pengelola bank sampah menggunakan komunikasi yang persuasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik narasumber (persuader), pesan yang disampaikan, karakteristik calon konsumen (persuadee), media yang digunakan untuk mengajak calon konsumen bergabung dan teknik komunikasi persuasif yang diterapkan direksi dan manajer dalam mengajak calon konsumen. pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di bank sampah Puri Berlian RT 04 RW 02 Kelrahan Air Putih Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru. Ada 8 informan yang diambil melalui teknik purposive untuk penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data interaktif Miles dan Huberman dengan mengecek keabsahan data melalui triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik yang dimiliki oleh direksi dan pengelola bank sampah untuk meyakinkan calon nasabah adalah kredibilitas dan daya tarik. Ciri-ciri pesan yang disampaikan berupa verbal dan nonverbal, ciri-ciri calon nasabah yang ditemui oleh pengelola bank sampah adalah jalur sentral dan jalur periferal, media yang digunakan adalah media tatap muka dan media sosial Facebook serta komunikasi persuasif teknik yang digunakan adalah teknik asosiasi, integrasi dan reward

Keywords


Komunikasi Persuasif; Bank Sampah; Nasabah

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Dina, S, R. (2016). Komunikasi Persuasif Leader Dalam Merekrut Calon Agen Asuransi Pada PT. Prudential Assurance Cabang Pekanbaru. JOM FISIP, 3(2).

Effendy, O. U. (2009). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya.

Kahfi, A. (2017). Tinjauan Terhadap Pengelolaan Sampah. Jurisprudentie : Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Syariah Dan Hukum, 4(1). https://doi.org///doi.org/10.24252/jurisprudentie.v4i1.3661

Luluk Kusminah, I. (2018). penyuluhan 4R (Reduce, Reise, recyle, replace) dan kegunaakn bank sampah sebagai langkah menciptakan lingkungan yang bersih dan ekonomis didesa mojowuku kabupaten gresik. 03(01), 22–28.

Putri, F. I., & Lukmantoro, T. (2015). Teknik-teknik Persuasif Dalam Media Sosial (Studi Analisis Isi Kualitatif Pada Akun Mentor Parenting Ayah Edy di YouTube). Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 1–9.

Setiadi, D., Komunikasi, P. I., Islam, U., & Banjarmasin, K. (n.d.). RAMAH LINGKUNGAN PADA PROGRAM BANK. 1–11.

Soemirat, S. dan S. (2008). Komunikasi Persuasif. Universitas Terbuks.

Suryani, A. S. (2014). Peran Bank Sampah Dalam Efektivitas Pengelolaan Sampah (Studi Kasus Bank Sampah Malang). Jurnal Aspirasi, 5(1), 71–84.




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jki.v9i2.14610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Milda Putri, Rusmadi Awza

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.