Penerapan Paradigma Wahdatul Ulum dalam Pembelajaran di Program Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan

Muaz Tanjung, Muniruddin Muniruddin, Bachtiar Ahmad Fani Rangkuti

Abstract


Wahdatul Ulum adalah visi, konsep, dan paradigma keilmuan yang memiliki kesatuan atau eksistensi dari semua cabang komunitas ilmiah ilmu yang benar-benar bersumber dari Allah SWT. Berbeda dengan filsafat ilmu yang lebih menekankan pendekatan reduksionis, konsep Wahdatul Ulum lebih menekankan penyatuan. Adapun tujuan dari penelitian ini: untuk menganalisis implementasi Wahdatul Ulum dalam pembelajaran di Program Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Sumatera Utara, dan untuk menganalisis hambatan dosen mengimplementasikan Wahdatul Ulum dalam pembelajaran di Program Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Sumatera Utara. Metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan melakukan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian: 1) implementasi Wahdatul Ulum dalam pembelajaran dilakukan mahasiswa dalam bentuk integrasi vertikal, integrasi horizontal, intergasi aktualitas, integrasi etik, dan integrasi intrapersonal. 2) dosen memiliki hambatan dalam mengimplementasikan Wahdatul Ulum, seperti tidak memiliki design atau pola yang seragam, tenaga pengajar yang mayoritas bergelar pendidikan sains umum dianggap gagal untuk pencapaian tujuan UIN Sumatera Utara, dan sulit meyakinkan mahasiswa untuk memanfaatkan kompetensi hard skill dan soft skill yang dibekali selama proses belajar

Keywords


Penerapan; Paradigma Wahdatul Ulum; Pembelajaran

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Fridiyanto. (2019). Paradigma Wahdatul ‘Ulum Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Sebuah Upaya Filosofis Menghadapi Era Disrupsi. Analytica Islamica: Vol. 21 No. 2, 149-155.

Frifiyanto. (2020). Paradigma Wahdatul ‘Ulum UIN Sumatera Utara Strategi Bersaing Menuju Perguruan Tinggi Islam Kompetitif. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Harahap, S. d. (2022). Wahdatul 'Ulum, Paradigma Integrasi Keilmuan dan Karakter Lulusan Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara Medan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Harahap, S., Simamora, A., Nuruddin, A., Azmi, F., Bakti, H., Muzakkir, . . . Siregar, P. (2019). Wahdatul 'Ulum, Paradigma Pengembangan Keilmuan dan Karakter Lulusan Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara. Medan-Indonesia: IAIN Press.

Irawan, R. (2022). Wahdatul Ulum Paradigm. Vol.1, No.2, 31 Oktober 2022 (pp. 312-321). Medan: Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society.

Matondang, A. R. (2022). Wahhdatul Ulum Sebagai Respon dan Solusi Terhadap Dikotomi Keilmuan. Islam & Contemporary Issues, 2(2), 66-71.

Milles, M. B., & Hubberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analiysis, A. Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publication. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI Press.

Ritonga, Maharani Sartika. (2022). Implementasi Paradigma Wahdatul ‘Ulum Dengan Pendekatan Transdisipliner Untuk Menghasilkan Karakter Ulul Albab Pada Lulusan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Journal Of Social Research 1.4, 743-749.

Siregar, P. (2021-2022). Pengembangan Bahan Kuliah Wahdatul Ulum. Medan: UIN Sumatera Utara.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jki.v9i2.14609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muaz Tanjung, Muniruddin Muniruddin, Bachtiar Ahmad Fani Rangkuti

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.