Strategi Komunikasi Pendidikan Karakter Secara Daring Di Sdit Al Fityan School Medan

Effiati Juliana Hasibuan, Indra Muda

Abstract


Situasi pandemi memaksa  proses pembelajaran dilaksanakan secara daring, itupun dengan jam pelajaran yang jauh berkurang, sehingga materi pembelajaran yang diajarkan tidak maksimal demikian juga pendidikan nilai-nilai karakter siswa. Hal ini disebabkan penggunaan waktu pembelajaran yang semakin dipersingkat masih ditambah lagi dengan sinyal yang sering terganggu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pembelajaran daring yang diterapkan para guru dalam melaksanakan pendidikan karakter siswa  di masa Pandemi Covid . Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan  wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Wawancara  dilakukan kepada informan terpilih berdasarkan kapabilitasnya yang terdiri dari kepala Sekolah, guru biasa,  dan orang tua siswa. Total jumlah informan 5 orang.  Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis dari Miles dan Huberman dengan tahapan analisis data reduction, data display dan conclusion. Pengujian kredibilitas data menggunakan Triangulasi sumber dan Triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pembelajaran daring dalam aspek  perencanaan pesan pendidikan karakter dibuat dalam bentuk dokumen tertulis berupa RPP (Rencana Program Pembelajaran).  Efektifitas strategi penyampaian pesan-pesan pendidikan karakter  dilakukan pada waktu  awal pembelajaran dan diulang lagi pada akhir pembelajaran. Selanjutnya strategi komunikasi dalam pemilihan  media yang digunakan guru ketika melakukan evaluasi pendidikan karakter  siswa di SDIT Al Fityan School adalah dengan menggunakan media pembelajaran online yaitu Google Forms dan Whatsapp video call

Keywords


Strategi Komunikasi; Pembelajaran karakter;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Eka, S. &. I. W. (2020). Pendidikan Karakter Pada pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Journal, Volume 3 N.

Iriantara, Y. (2014). Komunikasi Pembelajaran: Interaksi Komunikatif dan Edukatif di Dakam Kelas. Remaja Rosdakarya.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d.). Retrieved June 19, 2021, from https://kbbi.kemdikbud.go.id

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (n.d.). Retrieved June 19, 2021, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secaradaring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19.

R, N. (2020). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 pada kelompok B5 TK Kemala Bhayangkari, Bone. Jurnal Educhild, Volume 2 n.

Sahana, M. &. (n.d.). Strategi Komunikasi dalam Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 2 Tanjung Balai.

Undang- Undang Nomor 20 tahun 2003. (n.d.). Retrieved June 18, 2020, from https://www.lldikti4.0r.id/download/undang-undang-nomor-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional/.

Vera, N. (2020). Strategi Komunikasi Dosen dan Mahasiswa Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring selama Pandemic Covid-19. Avant Garde : Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol 8 no 2.

https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/avantgarde/article/view/1134, 2020.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter. Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jki.v9i2.14606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Effiati Juliana Hasibuan, Indra Muda

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.