Instagram: Periklanan Gaya Baru Di Era Kini

Tengku Walisyah

Abstract


Maraknya penggunaan social media salah satunya Instagram pada era kini semakin tinggi. Hampir setiap orang memiliki akun Instagram tak terkecuali mereka yang berprofesi sebagai pemilik produk/jasa. Maka untuk mengupayakan pesan penawaran produk/jasanya mereka memanfaatkan platform yang satu ini dengan sangat intens. Postingan foto maupun video dalam bentuk yang beragam melalui reels, igtv, atau feed serta beberapa aktifitas semakin menunjukkan bahwa pemanfaatannya dalam beriklan semakin populer. Alhasil, upaya penyampaian pesan periklanan kini memasuki gaya baru. Dengan menggunakan Instagram salah satu platform social media periklanan mengalami perkembangan. Mulai dari potensi yang ada dalam fitur Instagram sendiri ditambah dengan aktifitas yang dilakukan oleh pemilik produk/jasa di akun instagramnya mengindikasikan bahwa periklanan kini tampil berbeda

Keywords


Instagram; Periklanan; Era Kini,

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Belanche, D., Cenjor, I. and Pérez-Rueda, A. (2019). Instagram Stories versus Facebook Wall: an advertising effectiveness analysis. Spanish Journal of Marketing - ESIC, 23(1), 69–94. https://doi.org/10.1108/SJME-09-2018-0042

Bungin, B. (2011). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya (Kedua Ceta). Prenada Media Group.

Helianthusonfri, J. (2019). Belajar Social Marketing. Gramedia.

Ilhamsyah. (2021). Pengantar Strategi Kreatif: Advertising Era Digital. ANDI.

Kertamukti, R. (2015). Strategi Kreatif dalam Periklanan: Konsep Pesan, Media, Branding, Anggaran. Rajawali Pers.

Kholil, S. (2016). Metodologi Penelitian Komunikasi. Perdana Publishing.

Kusumasondjaja, S. and Tjiptono, F. (2019). Endorsement and visual complexity in food advertising on Instagram. Internet Research, 29(4), 659–687. https://doi.org/10.1108/IntR-11-2017-0459

Lee, Heejun dan Chu, C.-H. (2019). Digital Advertising: Present and Future Prospects. International Journal of Advertising, 39(3), 332–341.

Lee, M. and C. J. (2011). Prinsip-prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global. Kencana.

Lee, Susanna dan Kim, E. (2020). Influencer marketing on Instagram: How sponsorship disclosure, influencer credibility, and brand credibility impact the effectiveness of Instagram promotional post. Journal of Global Fashion Marketing, 11(3), 232–249. https://doi.org/10.1080/20932685.2020.1752766

Liliweri, A. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Kencana.

Madjadikara, A. S. (2005). Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan: Bimbingan Praktis Penulisan Naskah Iklan (Copywriting). Gramedia.

Moriarty, S. et. a. (2011). Advertising. Kencana.

Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Kencana.

Ortiz, C. D. (2019). Social Media Success for Every Brand. Buana Ilmu Populer.




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jki.v8i2.10727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tengku Walisyah

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.