Strategi Komunikasi Persuasif Petugas Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tamiang Dalam Memberikan Informasi Pembatalan Ibadah Haji 2020-2021 Pada Calon Jamaah Haji

Masriadi Masriadi, Kamaruddin Hasan, Cut Andyna, Rinjani Bahri

Abstract


Strategi komunikasi persuasif petugas Kementerian Agama RI Kabupaten Aceh Tamiang untuk menyampaikan informasi pada Calon Jamaah Haji (CJH) dilakukan dalam dua format yaitu tatap muka dan penggunaan aplikasi percakapan. Dalam penelitian ini menggunakan pijakan teori, konsep dan model digunakan model AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decision, Action ). Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif agar dapat diketahui strategi komunikasi persuasif yang diimplementasikan oleh petugas penyelenggara ibadah haji Kabupaten Aceh Tamiang. Jumlah calon jamaah haji tahun 2020 sebanyak 112 orang. Namun, karena pandemi Covid-19, terjadi pembatalan ibadah haji karena dikhawatirkan terjadi penyebaran virus yang dikenal dengan sebutan corona tersebut. Pembatalan ibadah haji ini melahirkan isu bahwa Indonesia mengalami krisis anggaran dan uang ibadah haji telah digunakan untuk menangani dampak pandemi Covid-19. Sehingga, dari 112 calon jamaah haji, satu orang diantanya menarik dana tersebut. Untuk menjelaskan pada calon jamaah haji, digelar pertemuan empat kali sepanjang tahun 2020 dan 2021 untuk calon jamaah haji, tokoh agama dan tokoh kunci di Aceh Tamiang. Sehingga, calon jamaah haji dan masyarakat menerima informasi yang akurat tentang pembatalan ibadah haji dan mekanisme penarikan dana haji.

Keywords


Strategi; Komunikasi Persuasif, Informasi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alo liliweri. (2011). Komunikasi serba ada serba makna. Kencana.

Candrasari, S., & Naning, S. (2019). Strategi Komunikasi Persuasif Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Dalam Penyuluhan Penyakit Kaki Gajah. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Kalbisocio, 6(1), 80–88.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 13 tahun 2008 tentang penyelenggaraan Ibadah Haji, (2008). https://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/UU_2008_13.pdf

F. Rachmadi. (1993). Public Relations Dalam Teori dan Praktek. Gramedia Pustaka Utama.

Hafied Cangara. (2008). Pengantar Ilmu Komunikasi: Edisi Revisi. Raja Grafindo Persada.

Hanana, A., Elian, N., & Marta, R. (2017). Strategi Komunikasi Persuasif Dalam Menciptakan Masyarakat Sadar Wisata Di Kawasan Wisata Pantai Padang, Kota Padang. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 6(1), 34–46. https://doi.org/10.22202/mamangan.v6i1.1886

Moleong, L. J. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Rosda Karya.

Mulyana, D. (2005). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. PT. Remaja Rosdakarya.

Onong Uchjana Effendy. (2005). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya.

Prasetyo, A. (2017). Waiting List Patterns in the Implementation of Hajj: The Fulfillment of the Rights of the Congregation (Study of Central Java Province, Indonesia). Journal of Indonesian Legal Studies JILS, 2(21), 37–42.

Sumarsono, S. (2004). Metode Riset Sumber Daya Manusia. Graha Ilmu.

Suranto AW. (2011). Komunikasi Interpersonal. Graha Ilmu.

Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah. (2003). Tanya Jawab tentang Rukun Islam. IAIN Sumatra Utara.

Warner J. Severin dan James W. Tankard, J. (2009). Teori Komunikasi : Sejarah Metode Dan Terapan Di Dalam Media Massa. Kencana.

Wiryanto. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Grasindo.

Zain, N. L. (2017). Strategi Komunikasi Persuasif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Nomosleca, 3(2). https://doi.org/10.26905/nomosleca.v3i2.2034




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jki.v8i2.10726

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Masriadi Masriadi, Kamaruddin Hasan, Cut Andyna, Rinjani Bahri

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.