Membaca Peta Dakwah Kota Langsa: Upaya Merumuskan Strategi Dakwah yang Kontributif Bagi Masyarakat

Mawardi Siregar

Abstract


Berdasarkan studi kasus di Kota Langsa, tulisan ini membahas tentang peta dakwah dan dinamika kegiatan penyiaran dakwah Islam di Kota Langsa. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dengan beberapa orang pendakwah maupun masyarakat umum yang dipilih secara purvosif. Dengan menggunakan konsep dakwah yang dikemukakan Syekh Ali Mahfuz, tulisan ini mengajukan argumentasi bahwa dakwah bertujuan untuk memotivasi setiap orang untuk melakukan kebaikan, sehingga terjadi perubahan situasi kearah yang lebih baik. Temuan penelitian ini mengungkap, bahwa peta dakwah yang merupakan gambaran dari seluruh potensi yang dapat dijadikan sebagai arah maupun petunjuk untuk menyukseskan kegiatan dakwah di Kota Langsa, belum menjadi perhatian serius bagi para pendakwah. Sebaliknya, dinamika dakwah terasa sangat monoton. Metode dakwah yang dilakukan pendakwah masih berkelindan pada metode konvensional tradisional, seperti ceramah. Demikian juga dengan materi dakwahnya, berkelindan pada persoalan keakhiratan an sich, sehingga kurang kontributif dalam menjawab permasalahan keumatan seperti persoalan kemiskinan, pemberdayaan masyarakat, dan persoalan lingkungan. Akhirnya, penelitian deskriptif ini membantu para pendakwah untuk memahami peta dakwah Kota Langsa, sehingga dinamika dakwah yang dilakukan adaptif dengan kebutuhan masyarakat sasaran dakwah. 


Keywords


Peta dakwah; Strategi dakwah; Kota Langsa

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdullah, A. (2012). Analisis SWOT Dakwah di Indonesia: Upaya Merumuskan Peta Dakwah. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 36(2). https://doi.org/10.30821/miqot.v36i2.125

Achmad, A. (1983). Dakwah Islam dan Perubahan Sosial. Prima Duta.

Anwar, H. (2015). Konteks Sosial Budaya dan Fungsi Dodaidi “Lagu Buaian Anak Aceh”: Analisis Sastra Lisan Finnegan. Tesis Universitas Gadjah Mada, Indonesia.

Arifin, A. (2003). Komunikasi Politik: Paradigma, Teori, Aplikasi, Strategi Komunikasi Politik Indonesia. PT. Balai Pustaka.

Arifin, M. (2004). Psikologi Dakwah Suatu Pengantar. Bumi Aksara.

Aziz, M. A. (2004). Ilmu Dakwah. Prenada Media Group.

Aziz, R. (2015). Urgensi Peta Dakwah. Anida, 14(2). https://doi.org/10.15575/anida.v14i2.845

Badri, M. (2016). Informasi dan komunikasi ( Studi pada Gerakan Desa Membangun ). Jurnal Risalah, 27(2).

Bayanuny, S. M. A. A. F. Al. (2010). Ilmu Dakwah: Prinsip dan Kode Etik Berdakwah Menurut Al Qur’an dan As Sunnah (D. Junaedi (Trans.)). Akademika Pressindo.

Bungin, B. (2003). Analisa Data Penelitian Kualitatif: Pemahaman Filosofis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. PT RajaGrafindo Persada.

Creswell, J. W. (1994). Research Design: Qualitative & Quantitative Approach. Sage Publication.

Effendy, O. U. (1984). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. PT. Remaja Rosdakarya.

Effendy, O. U. (2001). Dinamika Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.

Erickson, F. (2018). The SAGE Handbook of Qualitative Research (N. K. Denzin & Y. S. Lincoln (Eds.); Fifth Edit). Sage Publications.

Geertz, C. (1973). The Interpretation Of Cultures. Basic Books, Inc., Publishers.

Hariyanto, H. (2020). Relasi Kredibiltas Da’i dan Kebutuhan Mad’u Dalam Mencapai Tujuan Dakwah. AL-IDZAAH: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 2(01). https://doi.org/10.24127/al-idzaah.v2i01.249

Hasil Wawancara. (2019).

Hemmerling, S. A., Barra, M., Bienn, H. C., Baustian, M. M., Jung, H., Meselhe, E., Wang, Y., & White, E. (2020). Elevating Local Knowledge Through Participatory Modeling: Active Community Engagement in Restoration Planning in Coastal Louisiana. Journal of Geographical Systems, 22(2). https://doi.org/10.1007/s10109-019-00313-2

Hidayat, K. (1998). Tragedi Raja Midas Moralitas Agama dan Krisis Modernitas. Paramadina.

Holdcroft, B. (2006). What is Religiosity. Catholic Education: A Journal of Inquiry and Practice, 10(1), 89–103.

Huberman, M. B. M. dan A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif (T. R. Rohidi (Trans.)). UI Press.

Karim, A., Adeni, A., Fitri, F., Fitri, A. N., Hilmi, M., Fabriar, S. R., & Rachmawati, F. (2021). Pemetaan untuk Strategi Dakwah di Kota Semarang Menggunakan Pendekatan Data Mining (Mapping for Da’wah Strategy in Semarang City Using Data Mining Approach). Jurnal Dakwah Risalah, 32(1). https://doi.org/10.24014/jdr.v32i1.12549

Katimin, K. (2012). Pertumbuhan dan Perkembangan Parmalim di Sumatera Utara Tahun 1885-Sekarang. Journal Analytica Islamica, 1(2), 196–214.

Kholil, S., Arifinsyah, & Khoiri, N. (2010). Peta Dakwah Sumatera Utara (M. Simanjuntak & H. B. Nasution (Eds.)). Perdana Publishing.

Laila. (2015). Eksistensi Media Tradisional Sebagai Media Informasi Publik. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 19(2). https://doi.org/10.46426/jp2kp.v19i2.28

Langsa, B. P. S. K. (2020). Kota Langsa Dalam Angka. BPS Kota Langsa.

Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic Inquiry. Sage Publications.

Mahfuz, S. A. (1952). Hidayatul Mursyidin Ila Turuqid Dakwah. Libanon.

Moleong, L. J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2004). Metode Penelitian Kualitatif: Paradigma baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Remaja Rosdakarya.

Nihayah, N., & Burhanudin, A. M. (2018). Pemetaan Dakwah Analisis Potensi dan Problematika Dakwah. ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 9(1). https://doi.org/10.24235/orasi.v9i1.2962

Pimay, A., & Savitri, F. M. (2021). Dinamika dakwah Islam di era modern. Jurnal Ilmu Dakwah, 41(1). https://doi.org/10.21580/jid.v41.1.7847

Rachmadi, F. (1990). Perbandingan Sistem Pers; Analisa Deskriptif Sistem Pers di Berbagai Negara. PT. Gramedia.

Roztocki, N., Soja, P., & Weistroffer, H. R. (2019). Information Technology for Development The Role of Information and Communication Technologies in Socioeconomic Development: Towards a Multi-dimensional Framework. Information Technology for Development, 25(2), 171–183. https://doi.org/10.1080/02681102.2019.1596654

Siregar, M. (2015). Menyeru Tanpa Hinaan (Upaya Menyemai Dakwah Humanis Pada Masyarakat Kota Langsa yang Pluralis). Jurnal Dakwah, 16(2), 203–229. https://doi.org/10.14421/jd.2015.16202

Siregar, M. (2019). Perencanaan Komunikasi Pemerintah Kota Langsa Dalam Membangun Kota Yang Islami Dan Ramah Lingkungan. Disertasi UIN SU.

Stark, R., & Glock, C. Y. (1968). American Piety: The Nature of Religious Commitment. University Of California Press.

Sulthon, M. (2003). Menjawab Tantangan Zaman Desain Ilmu Dakwah Kajian Ontologis, Epistimologis, dan Aksiologis. Pustaka Pelajar.

Vavilina, N. D., & Skalaban, I. A. (2015). Social mapping as a tool for public participation. Regional Research of Russia, 5(1). https://doi.org/10.1134/S2079970515010116

Yakin, S. (2020). Peta Dakwah Kecamatan Sawangan Kota Depok. Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah Dan Kemasyarakatan, 24(2). https://doi.org/10.15408/dakwah.v24i2.18341




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jki.v8i2.10724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mawardi Siregar

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.