PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP KINERJA PERAWAT PELAKSANA DI RUMAH SAKIT TK. IV PEMATANG SIANTAR

Muchti Yuda Pratama

Abstract


ABSTRACT

 

Service quality was assessed based on five dimensions: reliability, tangibles, assurance, and empathy. Decreased performance of nurses who took place at the Hospital Tk. IV Pematang Siantar due to decreased intrinsic motivation such as achievement, recognition, responsibility, opportunity to advance and the work itself that affect the performance of nurse executor.

         This study aimed to analyze the influence of intrinsic motivation on the performance of nurses in Hospital Tk. IV Pematang Siantar in 2017. This type of research used analytic survey research method. The population was all implementing nurses who number 97 nurses. The number of samples were 61 nurses who were obtained by purposive sampling. Data analysis was done by using linear regression test.

         The results showed that there was an effect of intrinsic motivation on the performance of nurse executor (p <0,05). The most dominant variable to the performance of the nurse was the work itself which has the greatest coefficient value. The conclusion of this research that there was a significant influence of intrinsic motivation on the performance of nurse executor at Hospital Tk. IV Pematang Siantar.

         Recommended to Head of Hospital Tk. IV Pematang Siantar in order to motivate their employees, especially the implementing nurses to improve performance for the improvement of the work.

 

Keywords: intrinsic motivation, performance, nurses


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aditama, Tjandra Yoga, 2003. Manajemen Administrasi Rumah Sakit. Edisi Kedua. Universitas Indonesia (UI-Press), Jakarta.

Andriyani, R., 2003. Analisis Pengaruh Intensif terhadap Kualitas Pelayanan dengan Motivasi sebagai variable Moderating di Ruang Rawat Inap RSU PTP II Tanjung Merawa. Medan.

Antoni, Feri, 2006. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Oriental Tugas dan Oriental Hubungan terhadap Motivasi Kerja dan Dampaknya pada Prestasi Kerja Pegwai Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Surbaya. Tesis : Universitas 17 Agustus, Surabaya.

Asmawi, Sahlan. 2002. Teori Motivasi, Pendekatan Psikiologi Industri. Studi Ekspres, Jakarta.

Depkes RI, 2005. Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta.

Gibson, L., 1996. Organisasi Perilaku, Struktur, Proses. Edisi ke-8. Kincaid Profesor.

Handoko, T Tani, 2003. Manajemen. Edisi Ke-2, Yogyakarta.

Hasan, M., 2003, Analisis Motivasi Kerja Perawat pelaksana Dengan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kota Banda Aceh, Medan : Tesis Program Pasca Sarjana Universitas Sumatera Utara.

Hasibuan, Melayu, 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta.

, 2003. Organisasi dan Motivasi, Dasar Peningkatan Produktivitas. Bumi Aksara, Jakarta.

Juliani, 2007, Pengaruh Motivasi Intrinsik Terhadap Kinerja Perawat pelaksana Pelaksana di Instansi Rawat Inap RSU Dr. Pringadi Medan Tahun 2007. Tesis Sekolah Pasca Sarjana Reka Cipta, Bandung.

Kirom, Bahrul, 2010. Mengukur Kinerja Pelayanan dan Kepuasan Kosumen. Pusaka Reka Cipta, Bandung.

Lupioadi, R., 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat, Jakarta.

, 2010. Profil RSUD Dr. R.M. Djoelham Kota Binjai. Binjai.

Mengkunegara, Probo, Anwar, 2001. Manajemen Personalia. Jakarta.

Moenir, 1998. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Bumi Aksara, Jakarta

Notoatmodjo, Soekidjo, 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Rineka Cipta, Jakarta.

, 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Edisi Revisi Rineka Cipta, Jakarta.

Nursalam, 2002. Manajemen Keperawat pelaksanaan : Aplikasi dan Praktik Keperawat pelaksanaan Profesional. Salemba Medika, Jakarta

, 2007. Manajemen Keperawat pelaksanaan: Aplikasi dalam Praktik Keperawat pelaksanaan Profesional. Edisi Ke-2. Salemba Medika. Jakarta.

, 2011. Manajemen Keperawat pelaksanaan: Aplikasi dalam Praktik Keperawat pelaksanaan Profesional. Edisi Ke-3. Salemba Medika. Jakarta.

Purwanto, E.A., 2007. Metode Penelitian Kuantitatif untuk Administrasi Publik dan Masalah-masalah Sosial. Edisi Pertama, Cetakan Pertama. Gaya Media, Yogyakarta.

Rohayati, 2003. Hubungan Motivasi Kerja Pegawai terhadap Sikap Pelayanan kepada Pasien di RSU Pringadi Medan. Medan : Skripsi FKM Universitas Sumatera Utara.

Saydam, Gouzali, 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resources Managemen Jilid 2). Toko Gunung Agung, Jakarta.

Sadarmayanti, 2001. Riset Sumber Daya Manusia. Gramedia Pusaka Utama, Jakarta.

Suarli, S, dan Bahtir, Yahya, 2002. Manajemen Keperawat pelaksanaan dengan Pendekatan Praktis, Erlangga, Jakarta.

Sugiarto, 2002. Strategi Menaklukkan Pasar : Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sugiyono, 2002. Metode Penelitian Bisnis. Alfabet, Bandung.

Supriani, 2008, Pengaruh Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Perawat pelaksana di Rumah Sakit Umum Permata Bunda Medan Tahun 2008. Skripsi Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat STIKes Helvetia, Medan.

Timpe, A.D., 1999. Seni Ilmu dan Seni Motivasi Pegawai. Media Komputindo, Jakarta.

Tjiptono, Fandy, 2006. Pemasaran Jasa. Bayumedia, Malang.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

Waginem, 2008, Pengaruh Motivasi Kerja Perawat pelaksana Terhadap Kualias Pelayanan Keperawat pelaksanaan di Rumah Sakit Tembakau Deli Medan Tahun 2008. Skripsi Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat STIKes Helvetia, Medan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jumantik.v2i1.964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JUMANTIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan)