Implementation the "Merdeka Curriculum" in History Education
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arisanti, D. A. K. (2022). ANALISIS KURIKULUM MERDEKA DAN PLATFORM MERDEKA BELAJAR UNTUK MEWUJUDKAN PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 243–250. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386
Ayundasari, L. (2022). IMPLEMENTASI PENDEKATAN MULTIDIMENSIONAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KURIKULUM MERDEKA. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 16(1), 225. https://doi.org/10.17977/um020v16i12022p225-234
Fikri, M., Faizah, N., Elian, S. ., Rahmani, R., Ananda, M. ., & Suryanda, A. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education And Development, 9(1). https://doi.org/Https://Doi.Org/10.37081/Ed.V9i1.2290
Kamarga, H. (2000). Belajar Sejarah Melalui Pemahaman Kesejarahan Dan Keterampilan Berpikir Kesejarahan. Retrieved from Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Pendidikan Indonesia website: http://sejarah.upi.edu/artikel/dosen/belajar-sejarah-melalui-pemahaman-kesejarahan-dan-keterampilan-berpikir-kesejarahan-2/
Masyarakat, Biro Kerja Sama dan Hubungan Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan T. (2022). Kurikulum Merdeka Jadi Jawaban untuk Atasi Krisis Pembelajaran. Retrieved from Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi website: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/02/kurikulum-merdeka-jadi-jawaban-untuk-atasi-krisis-pembelajaran
Megandarisari, M. (2021). Adaptasi Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Inovasi Kurikulum, 18(1), 1–9. https://doi.org/10.17509/jik.v18i1.35868
Mulyana, A. (2019). Mengembangkan Keterampilan Penelitian Dalam Pembelajaran Sejarah. Retrieved from Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Pendidikan Indonesia website: http://sejarah.upi.edu/artikel/dosen/mengembangkan-keterampilan-penelitian-dalam-pembelajaran-sejarah/
Mulyasa, E. (2010). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru Dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurdin, S., & Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Oemar, H. (2003). Kurikulum dan Pembelajara. Jakarta: Bumi Aksara.
Patilima, S. (2021). Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rouf, M., Said, A., & HS, D. E. R. (2020). Pengembangan Kurikulum Sekolah: Konsep, Model Dan Implementasi. AL - IBRAH, 5(2).
Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2021). Merdeka Belajar: Kajian Literatur. Konferensi Nasional Pendidikan I. Banjarmasin: Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.
Sibagariang, D., Sihotang, H., & Murniarti, E. (2021). Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 88–99. https://doi.org/Https://Doi.Org/10.51212/Jdp.V14i2.53
Sulaiman, S. (2012). Pendekatan Konsep Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Sejarah Lontar, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21009/LONTAR.091.2
Widiadi, A. N., Aji Saputra, M. R., & Handoyo, I. C. (2022). MERDEKA BERPIKIR SEJARAH: ALTERNATIF STRATEGI IMPLEMENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR SEJARAH DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 16(1), 235. https://doi.org/10.17977/um020v16i12022p235-247
Yanti, A. A., & Fernandes, R. (2021). Adaptasi Guru Terhadap Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus Guru MAN 2 Kota Padang Panjang). Jurnal Perspektif, 4(3), 459. https://doi.org/10.24036/perspektif.v4i3.479
Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “Merdeka Belajar” dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 120–133. https://doi.org/10.53627/jam.v7i2.3996
Zed, M. (2018). Tentang Konsep Berfikir Sejarah. Lensa Budaya: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Budaya, 13(1). https://doi.org/https://doi.org/10.34050/jlb.v13i1.4147
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/juspi.v7i1.15660
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Widia Munira, Nina Suryana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam)
Published by Department of History of Islamic Civilization,
Sumatera Utara State Islamic University, Medan, Indonesia
Email: jurnal.juspi@uinsu.ac.id
JUSPI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License