Layanan Perpustakaan di Era Pandemi Sebagai Implementasi Industri 4.0 : Studi Kasus PDDI LIPI
Nur Rizzal Rosiyan, Rahmadani Ningsih Maha
Abstract
Perpustakaan sebagai salah satu sektor publik juga terkena dampak dari pandemik yang terjadi. Namun hal ini tidak menyurutkan gerak pustakawan untuk dapat terus memberikan layanan prima kepada pemustaka. Implementasi revolusi industri 4.0 semakin cepat berkembang seiring dengan kebiasaan baru yang harus dijalani oleh lapisan masyarakat dunia. Tulisan ini membahas inovasi layanan perpustakaan dimasa pandemik dengan studi kasus di Pusat Data dan Dokumentasi Ilmiah LIPI yang memberikan layanan baik internal ataupun publik. Artikel ini juga meyajikan daftar layanan yang diberikan secara gratis oleh penyedia jurnal, penerbit, institusi dan beberapa perpustakaan yang memberikan layanan secara daring. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah dengan melakukan literatur review dan observasi dari kegiatan perpustakaan yang selama ini berlangsung.
Keywords
Library services, Pandemis, COVID 19, Information technology, Electronic publications, Research libraries