Perspektif Pemustaka terhadap Transformasi Koleksi Digital di Library & Knowledge Center, Binus University: Sebuah Penelitian Awal
Abstract
Koleksi digital sudah menjadi bagian dari Library and Knowledge Center, Universitas Bina Nusantara untuk menjawab perubahan teknologi yang mengakibatkan tingkah laku sivitas akademika lebih sering menggunakan gawai dalam kegiatan sehari-hari. Akan tetapi masih ada koleksi tercetak yang dilayankan. Rencananya akan banyak koleksi yang diubah menjadi digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi pemustaka jika seluruh koleksi di LKC dikonversi menjadi digital. Penelitian ini bersifat awal sehingga tidak bisa digeneralisasikan sebagai jawaban yang empiris. Pendekatan penelitiannya adalah kualitatif dengan metode eksploratoris. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara terhadap pemustaka sebagai informan utama dan pustakawan sebagai informan tambahan. Penulis juga melakukan observasi dan studi dokumentasi untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian yang ditemukan adalah para informan mendukung rencana konversi koleksi cetak menjadi digital. Akan tetapi ada beberapa pertimbangan yang diberikan informan utama terhadap rencana ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Breeding, M. (2014). Balancing the Management of Electronic and Print Resources. Computers in Libraries Complete Coverage of Library Information Technology. https://www.infotoday.com/cilmag/jun14/Breeding--Balancing-the-Management-of-Electronic-and-Print-Resources.shtml
Das, A. K. (2007). Information retrieval features in Indian digital libraries : a critical appraisal. OCLC Systems and Services, 23(1), 92–104. https://doi.org/10.1108/10650750710720793
Hermawan, A. (2008). Penelitian Bisnis pradigma kuantitatif. Penelitian Kuantitatif. https://doi.org/10.1186/1756-0500-5-506
Lewis, D. W. (2013). From Stacj to the Web: The Transformation of Caademic Library Collecting. College & Research Libraries, March, 159-176
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). In PT. Remaja Rosda Karya.
Muglia, C., Kelly, E. J., O’gara, G., Stein, A., Thompson, S., & Wolcott, L. (2019). How we talk about assessment: A new framework for digital libraries. Serials Librarian, 76(1–4), 208–212. https://doi.org/10.1080/0361526X.2019.1586050
O’Gara, G. M., Woolcott, L., Joan Kelly, E., Muglia, C., Stein, A., &
Thompson, S. (2018). Barriers and solutions to assessing digital library reuse: preliminary findings. Performance Measurement and Metrics, 19(3), 130–141. https://doi.org/10.1108/PMM-03-2018-0012
Shuling, W. (2007). Investigation and analysis of current use of electronic resources in university libraries. Library Management, 28(1–2), 72–88. https://doi.org/10.1108/01435120710723563
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian. Jakarta:
Swamy, H.M.C. (2005). Digital Collections in Academic Libraries. 3rd Convention PLANNER -2005, Assam Univ., Silchar, 10-11 Nov
Tammaro, A. M. (2008). User perceptions of digital libraries: A case study in Italy. Performance Measurement and Metrics, 9(2), 130–137. https://doi.org/10.1108/14678040810906835
Zha, X., Wang, W., Yan, Y., Zhang, J., & Zha, D. (2015). Understanding information seeking in digital libraries: antecedents and consequences. Aslib Journal of Information Management, 67(6), 715–734. https://doi.org/10.1108/AJIM-12-2014-0167
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jipi.v5i2.8355
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Erika ., Arif Zakaria, Dede Wahyudiansyah Arafat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.