Efektivitas Penerapan Sanksi Administratif Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Pemustaka di Perpustakaan Universitas Negeri Padang
Abstract
Penelitian ini bertujuan menggambarkan kegiatan penerapan sanksi administratif keterlambatan pengembalian bahan pustaka, faktor-faktor penyebab keterlambatan pengembalian bahan pustaka, dampak penerapan sanksi administratif dan juga cara mengatasi keterlambatan pengembalian bahan pustaka di Perpustakaan Universitas Negeri Padang. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan sumber data beberapa informan sesuai kriteria tertentu melalui observasi, hasil wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sanksi administratif telah berjalan dengan baik karena pegawai perpustakaan dan mahasiswa UNP telah bekerja sama dengan baik menjalankan penerapan sanksi administratif sesuai dengan prosedur yang berlaku. Perpustakaan UNP belum melaksanakan kegiatan sosialisasi dengan optimal karena masih banyak mahasiswa yang belum mengetahui keseluruhan tata tertib dan ketentuan sanksi administratif yang berlaku. Perpustakaan UNP hanya menerapkan kegiatan sosialisasi dengan meletakkan banner dan membuat website. Mahasiswa UNP belum merubah perilaku mereka untuk tidak terlambat mengembalikan buku. Masih banyak mahasiswa UNP yang terlambat dalam mengembalikan buku. Faktor penyebab keterlambat pengembalian buku yang dilakukan oleh mahasiswa UNP yaitu 1) lupa tanggal jatuh tempo pengembalian buku, 2) buku masih diperlukan, 3) pulang kampung 4) jadwal kuliah yang padat, 5) meminjamkan KTM ke teman dan teman lupa mengembalikan buku tersebut, 6) buku dipinjam teman dan 7) banyak tugas. Adanya sanksi administratif belum menimbulkan efek jera kepada mahasiswa UNP. Cara mengatasi keterlambatan pengembalian buku perlu kerjasama antar perpustakaan UNP dengan mahasiswa UNP.
This study aims to describe the activities of administrative sanctions implementation of the delay in returning library materials, factors that cause delays in returning library materials, the impact of implementing administrative sanctions and also how to overcome delays in returning library materials at Library of Padang State University. This research method is descriptive qualitative, with data sources some informants fit certain criteria through observation, interviews and documentation. Based on the information from the informants of this study, it can be explained that the application of administrative sanctions has gone well because Library employees and UNP students have cooperated well in implementing administrative sanctions in accordance with the applicable procedures. The Library of UNP has not carried out the socialization activities optimally because there are still many students who do not know the entire rules and the provisions of the administrative sanctions that apply. The library of UNP only applies socialization activities by placing banners and creating websites. Students of UNP have not changed their behavior to not late returning books. There are still many UNP students who are late in returning books. Factors that cause delays in returning books made by UNP students are 1) forgetting the return date of the book, 2) books still needed, 3) returning home 4) busy lecture schedule, 5) lending KTM to friends and friends forgetting to return the book, 6) books borrowed by friends and 7) many tasks. The existence ofadministrative sanctions has not caused a deterrent effect on UNP students. How to overcome delays in returning books needs collaboration between UNP’s Library and UNP’s students.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, Jum. 2012. Hukum Administrasi Negara. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hasibuan, Malayu. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia, edisi revisi cetakan ketujuh. Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayat, Puji Dwi Utami. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keterlambatan Pengembalian Koleksi Pada Layanan Sirkulasi Perpustakaan SMAN 5 Magelang. Jurnal Ilmu Perpustakaan Undip.
Maryatun. 2016. Evaluasi Peraturan Pelayanan Perpustakaan di Perpustakaan Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi UGM.
Pratama, Ratno. 2014. Persepsi Pemustaka Terhadap Kinerja Pelayanan Pengguna Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kendari. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Halu Oleo Kendari.
Rahayu, Lisda. 2014. Materi Pokok Layanan Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Rahayuningsih, F. 2007. Pengelolaan Perpustakaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sinungan, Muchdarsyah. 2008. Produktivitas Apa dan Bagaimana. Jakarta: Bumi Aksara.
Supriyadi. 2015. Penegakan Hukum Disiplin Dalam Pengelolaan Perpustakaan. Jurnal Perpustakaan STAIN Kudus
Suriptianti, Dyah ayu. 2016. Analisis Sanksi Denda Terhadap Kedisiplinan Pengembalian Buku Di Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro. Jurnal Ilmu Perpustakaan Undip
Sutarno, NS. 2006. Manajemen Perpustakaan (Suatu Pendekatan Praktis). Jakarta: CV Sagung Seto.
Suwarno, Wiji. 2010. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Wismanawati, Riski Tri. 2013. Efektivitas Sanksi Administratif Keterlambatan Pengembalian Bahan Pustaka Terhadap Kedisiplinan Pemustaka Di Kantor Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kabupaten Banyumas. Jurnal Ilmu Perpustakaan Volume 2, Nomor 2.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jipi.v4i1.3838
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Armiati ., Komala Zuha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.