Analisis Penerapan Teknologi Informasi Oleh Mahasiswa Program Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Perpustakaan SMA Muhammadiyah Mataram
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan teknologi informasi oleh mahasiswa program praktek kerja lapangan (PKL) di perpustakaan SMA Muhammadiyah Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu jenis penelitian yang menggambarkan mengenai obyek yang dibicarakan sesuai kenyataan yang terjadi di perpustakaan SMA Muhammadiyah Mataram. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Adapun metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan metode dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah dilakukan penelitian maka diperoleh, Teknologi informasi merupakan kemampuan teknis yang berlandaskan ilmu pengetahuan, ilmu eksakta yang berdasarkan proses teksnis. Teknologi informasi banyak digunakan dalam membantu pekerjaan karena dianggap lebih memudahkan, seperti halnya di perpustakaan SMA Muhammadiyah Mataram. Adapun teknologi yang diterapkan oleh mahasiswa program PKL di perpustakaan SMA Muhammadiyah Mataram adalah Senayan Library Management System (SLIMS) Versi 9 Bulian. Beberapa fitur-fitur yang tersedia di dalam Aplikasi Senayan Library Management System (SLIMS) yang diterapkan oleh mahasiswa program PKL di SMA Muhammadiyah Mataram, yaitu: 1) Online Public Access Catalog (OPAC); 2) Sirkulasi; 3) Manajemen Keanggotaan; 4) Manajemen Bibliograf; 5) Statistik dan Pelaporan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta.
Bustari, M. (2015). Mengembangkan Perpustakaan Sekolah melalui Otomasi
Perpustakaan. Jurnal Manajemen Pendidikan UNY, 113971.
Griadhi, M. H. (2017). Peningkatan Layanan Berbasis Teknologi Informasi (TI) pada
Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. ACARYA PUSTAKA: Jurnal Ilmiah Perpustakaan
dan Informasi, 1(2).
Kurniawan, T., Suyitno, I., & Fawzi, A. (2020). PENINGKATAN LAYANAN
PERPUSTAKAAN SEKOLAH MENENGAH ATAS BERBASIS TEKNOLOGI
INFORMASI. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 4(2), 238-
Perpustakaan Nasional RI. (2011). Standar Nasional Perpustakaan (SNP) Bidang
Perpustakaan Sekolah dan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta: Perpustakaan
Nasional RI.
Ridwan, R., & Susanto, S. (2019). Penerapan Aplikasi Slims Akasia Dalam Pelayanan
Informasi Pemustaka Di Upt Perpustakaan Universitas Mataram Periode
JURNAL ILMU PERPUSTAKAAN (JIPER), 1(1).
Ridwan, R., & Rohana, R. (2021). PENINGKATAN TATA KELOLA LAYANAN DI
PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MATARAM. JOURNAL OF
PROGRESSIVE INNOVATION LIBRARY SERVICE, 1(1).
Rosmini, R. (2013). Kinerja Pustakawan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di
Perpustakaan Sekolah (MA) Aisyiyah Sungguminasa Kabupaten Gowa (Doctoral
dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suratman. (2012). Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Susanti, N. (2019). Upaya Peningkatan dan Pengembangan Layanan di Perpustakaan
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nobel Indonesia (Doctoral dissertation, Universitas
Islam Negeri Alauddin Makassar).
Sutabri, Tata. (2013). Komputer dan Masyarakat. Yogyakarta: Andi.
Widodo, W. (2018). Pelayanan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi (TI). Buletin
Perpustakaan, 1(1), 83-97.
Zulfiqar. 2014. Manajemen Riset Dengan Pendekatan Komputasi Statistika.
Yogyakarta: Deepublish.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jipi.v7i2.12657
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ridwan Ridwan, Lubis Lubis, Widiastuti Furbani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.