Pojok Baca “LAPAU” Sebagai Upaya Peningkatan Literasi Inklusi Sosial Masyarakat di Nagari Pariangan Kabupaten Tanah Datar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Muri Yusuf. (n.d.). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan (Vol. 148). Fajar Interpratama Mandiri. https://id.book4you.org/book/5686384/1c3491
Adhi, H. S. (n.d.). Peran Pustakawan Dalam Mewujudkan Layanan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Melalui Program Proliterasiku. 123–131.
Afrizal. (n.d.). Mengenal Koleksi Perpustakaan. 148, 148–162. https://journal.pustakauinib.ac.id/index.php/jib/article/download/52/pdf
Anderson, R. (2011). Collections 2021: The future of the library collection is not a collection. Serials, 24(3), 211–215. https://doi.org/10.1629/24211
Anggraeni, E., Damayanti, N., Hidayat, M. T., & Nurpadilah, L. S. (2021). Penguatan Fungsi “ Pojok Baca Abdi ” sebagai Sarana Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Dimasa Pandemi. 2(November).
Anugra, H., Yusup, P. M., & Erwina, W. (2013). Faktor-Faktor Dominan yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 1(2), 137–145.
Dempsey, L., Malpas, C., & Lavoie, B. (2014). Collection directions: The evolution of library collections and collecting. Portal, 14(3), 393–423. https://doi.org/10.1353/pla.2014.0013
Fadilah, R. (2015). Upaya Meningkatkan Minat Baca Sebagai Sarana Untuk Mencerdaskan Bangsa. Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 79–95.
Fauzan, S., Pramesti, W., Dwi, V., & Putra, A. (2021). Menumbuhkan Minat Baca Anak Sebagai Bagian Dari Gerakan Literasi Nasional Melalui Pembuatan Pojok Baca Desa Karangan. ABIDUMASY Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 02(02), 26–32.
Gunawan, A. (2017). Pengembangan Koleksi Pada Perpustakaan Pusat Penelitian Dan Pengembangan Perikanan. Jurnal Pari, 2(1), 31. https://doi.org/10.15578/jp.v2i1.3247
Gunawan, I. (n.d.). Metode Penelitian Kualitatif.
Undang-Undang Republi K Indonesia Nomor 43 Tahun 2oo7.
Junaeti, J., & Arwani, A. (2016). Peranan Perpustakaan dalam Meningkatkan Kualitas Perguruan Tinggi (Konstruksi Pelayanan, Strategi, dan Citra Perpustakaan). LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 4(1), 27. https://doi.org/10.21043/libraria.v4i1.1245
Koltay, T. (2011). The media and the literacies: Media literacy, information literacy, digital literacy. Media, Culture and Society, 33(2), 211–221. https://doi.org/10.1177/0163443710393382
Masfingatin, T., Pamungkas, N. B., & Anggraini, P. (2020). Penataan Ruang Pojok Baca Cendekia di Desa Sundul Kecamatan Parang Magetan. 19, 283–289.
Ningrum, P. P., Sari, M. K., & Lestari, S. (2020). Implementasi pojok baca di sekolah dasar (studi kasus pada siswa kelas IV sekolah dasar). Jurnal Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 21, 307–312. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/1585
Nugrahani, F. (n.d.). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Pendidikan Bahasa.
Nugroho, A., Puspitasari, R., & Puspitasari, E. (2016). Implementasi Gemar Membaca Melalui Program Pojok Baca Dalam Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas VIII Di SMPN 2 Sumber. Edueksos, 5(2), 187–206. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=471297&val=9452&title=Implementasi Gemar Membaca Melalui Program Pojok Baca Dalam Mata Pelajaran Ips Pada Siswa Kelas VIII DI SMPN 2 Sumber.
Nurhayati, A. (2018). Perkembangan Perpustakaan dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Masyarakat. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 9(1), 21–32. https://doi.org/10.20885/unilib.vol9.iss1.art3
Oktavianto, B., & Suliyati, T. (2017). Ketersediaan Koleksi Bagi Kebutuhan Informasi Pemustaka Di Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kabupaten Pekalongan. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(4), 401–410. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23246
Rachman, R. A., Sugiana, D., & Rohanda, H. (2019). Strategi Sukses Transformasi Perpustakaan Desa Berbasis Inklusi Sosial untuk Masyarakat Sejahtera (Studi Pada Perpustakaan Desa Gampingan Gemar Membaca Malang). Seminar Nasional MACOM III Universitas Padjadjaran 2019, 907–918. https://www.researchgate.net/publication/338983808%0AStrategi
Ratmono, D. (2017). Konsep dan Perencanaan Pojok Baca Ombudsman Dalam Meningkatkan Minat Baca dan Pengetahuan Masyarakat di Indonesia Terhadap Ombudsman RI. 30–41.
Sembiring, G. B. B., & Wijayanti. Luki. (2020). Taman Baca Pustaka Sebagai Perluasan Layanan Perpustakaan Khusus Berbasis Inklusi Sosial. Visi Pustaka, 22(3), 227–243.
Setiawati, dan M. E. M. (2020). Studi Analisis Program Pojok Baca Dalam Menstimulasi Minat Baca Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Darul Da’wah Wal Irsyad Tani Aman Tahun Ajaran 2019-2020. I(2), 63–71.
Sihombing, L. (2018). The Implementation Strategy of Reading Interest Through the Creation of “Pojok Baca.” Iccd, 1(1), 350–355. https://doi.org/10.33068/iccd.vol1.iss1.52
Souto Manning, M. (2011). Circles of culture: Literacy as a pro- cess for social inclusion. Colombian Applied Linguistics Journal, 6, 23. https://doi.org/10.14483/22487085.105
Suharti. (2017). Pengembangan Koleksi Untuk Memenuhi Kebutuhan Informasi Di Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia. Buletin Perpustakaan, 57, 55–72. http://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/9101
Suryadin, A., Maulana, S. A., & Amalia, R. A. (2021). Peningkatan Literasi Masyarakat Melalui Pojok Baca Sekaput di Warung Kopi. 9(2), 260–273. https://doi.org/110.18196/berdikari.v9i2.11232
Woro Titi Haryanti. (2019). Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Soci
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jipi.v7i2.10854
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Cut Afrina, Irwan Irwan, Saifuddin Rasyid, Iwin Ardyawin, Ingrit Asisendri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.