UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN MULTIKULTURAL
Abstract
Bangsa kita sangat kaya dengan suku, adat istiadat, budaya, bahasa dan khazanah yang lain ini. Apakah hal tersebut menjadi sebuah kekuatan bangsa ataukah justru berbalik menjadi faktor pemicu timbulnya disintegrasi bangsa? Seperti yang telah diramalkan Huntington, keanekaragaman di Indonesia ini harus diwaspadai. Hal itu disebabkan telah banyak kejadian yang menyulut pada perpecahan yang disebabkan adanya paham sempit tentang keunggulan suku tertentu. Oleh sebab itu, upaya meningkatkan kesadaran multikultural sangat penting, agar perbedaan yang ada pada masyarakat Indonesia tidak menimbulkan perpecahan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Gunawan, Rudy. 2013. Pendidikan IPS: Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: ALFABETA.
Mahfud, Chairul. 2006. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Penerbit.
Mardianto. 2018. Pembelajaran Pendidikan Multikultural Berbasis Penelitian. Yogyakarta: Publishing.
Naim, Ngainun dan Ahmad Syauqi. 2010. Pendidikan Multikultural. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Group.
Suryana, Yana dan Rusdiana. 2015. Pendidikan Multikultural: Suatu Upaya Penguatan Jati Diri Bangsa Konsep, Prinsip dan Implementasi. Bandung: Pustaka Setia.
Sulalah. 2011. Pendidikan Multikultural: Didaktik Nilai-nikai Universitas Kebangsaan. Malang: UIN Maliki Press.
Susanti, Eka. 2015. Implementasi Model Pembelajaran IPS Berbasis Multikultural di Sekolah menengah Pertama. Medan: UIN SU.
Tilaar.2002. Pendidikan dan Perubahan Sosial: Pengantar Pedagogik Transformatof untuk Indonesia. Jakarta: IKAPI.
Zamroni. 2013. Pendidikan Demokrasi pada Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: IKAPI
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ijtimaiyah.v4i2.5791
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya
Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371.