INOVASI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana inovasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SD/MI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menelaah jurnal hasil penelitian atau artikel ilmiah, buku, dokumen, atau informasi lain yang berhubungan dengan judul penelitian. Setelah data terkumpul selanjutnya dilakukan analisis data. Analisis data dalam penelitian ini adalah menganalisis dan mensintesis dokumen tersebut untuk dikaji dan menjadi gagasan baru dalam menunjang hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran IPS merupaksan salat satu mata pelajaran yang penting di SD/MI. Inovasi pembelajaran merupakan unggulan untuk mengatasi kesenjangan antara tuntutan ideal kurikulum dan kebutuhan masyarakat dengan kualitas pendidikan. Untuk itu, perlu dilakukan secara terus-menerus dengan dukungan kebijakan nasional untuk membudayakan penelitian dalam bidang pembelajaran, sebagai prasyarat bagi efektivitas inovasi pembelajaran. Keterlibatan guru sebagai pendidik dan subyek penelitian pembelajaran adalah mutlak, dengan dukungan kemampuan profesional dan sumber daya pendidikan, dalam peran sebagai subyek dalam inovasi pembelajaran. Dalam prose inovasi pembelajaran pasti akan ada kendala dan hambatan yang dihapadapi, oleh karena itu dalam mengidentifikasikan hambatan inovasi pembelajaran, antara lain apakah kebiasaan yang dilakukan selama ini oleh para guru dan siswa menjadi hambatan, bagaimana kemungkinan hambatan orientasi dalam pengembangan model pembelajaran, bagaimana kemungkinan guru diperankan sebagai aktor inovator, bagaimana dukungan hasil masyarakat dan lain-lain sebagai upaya dalam meminimalisir terjadinya kendala dalam inovasi pembelajaran.
Kata Kunci: Inovasi, Pembelajaran, IPS
Full Text:
PDFReferences
Ella Yulaelawati. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Pakar Raya
Euis Puspitasari. 2014. Inovasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Edueksos. Vol III. No.1
Haryanto, (2005). Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Hasan, M.I. 2013. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Melamed, Connie. (2016). “The Elearning Coach: 10 Defined of learning”.[Online] di akses pada 16 April 2017. Tersedia : http://theelearningcoach.com/learning/10-definitions-learning/
Nur Lailatus Zahroh. 2015. E-Learning Sebagai Inovasi Dalam Pembelajaran Ips Tantangan Dan Peluang. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan UM
Riyana, Cepi. (2011). “Komponen-Komponen Pembelajaran”. Jakarta: Tim Pengembangan MKDP, Rajawali Pers.
Rizal, dkk.2022. Inovasi Guru Dalam Pembelajaran Ips Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas V Sd Integral Hidayatullah Tondo. Jurnal EduTech Vol. 8 No.1
Sanjaya, Wina. (2008) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sumiati, dan Asra. (2009). Metode pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Tiwan, Tutuk Ningsih. 2022. Inovasi Pembelajaran Ips Melalui Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack). Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 8 No. 4
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ijtimaiyah.v8i1.20551
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya
Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371.