PERAN GURU DALAM KEMANDIRIAN AKTIVITAS KESEHARIAN PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amiruddin, & Zulfan Fahmi. (2022). Peran Guru Sebagai Motivator dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Al-Fikrah, 11(1), 29–44. https://doi.org/10.54621/jiaf.v11i1.259
Angreni, S., & Sari, R. T. (2022). Analisis Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Inklusi Kota Padang. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 94–102. https://unma.ac.id/jurnal/index.php/CP/article/view/3487
Azizah, R., Nurfadillah, N., Selvy, S., Nurfadillah, N., & Amelia, A. R. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemandirian ADL Anak Tunagrahita Tingkat SMP Kelas VII di SLB Jenetallasa. Jurnal PENA : Penelitian Dan Penalaran, 9(1), 46–55. https://doi.org/10.26618/jp.v9i1.8008
Dhanalakshmi, R., Muthukumar, B., & Canessane, R. A. (2022). Analysis of Special Children Education Using Data Mining Approach. International Journal of Uncertainty, Fuzziness and Knowledge-Based Systems, 30(Supp01), 125–140. https://doi.org/10.1142/S0218488522400074
Dujo, U. (2022). Meningkatkan Kemampuan Melipat Pakaian Melalui Metode Analisis Tugas Anak Tunagrahita di SLB Kristen Emmanuel Manado. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(5), 415–421. https://doi.org/10.5281/zenodo.7902418
Erna Juherna, Ronita Sari, I., Indirawati, D., & Nurhalimah, S. (2020). Meningkatkan Kemampuan Bina Diri Makan Bagi Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 261–268. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.866
Fajri, Y. A., & Efendi, J. (2023). Efektivitas Project Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menganyam bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 11(1), 33–39. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/119613
Hafid, Abd., Fajrotuz Zahro, , Indah, & Anjar Kasih, D. (2023). Penerapan Pendekatan Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Tunagrahita SDLB Negeri Sumbang Bojonegoro. Attanwir : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 14(1), 103–117. https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v14i1.341
Hsb, S. P., & Yusniah. (2024). Analisis Pola Komunikasi Interpersonal Guru dengan Siswa dalam Membentuk Kemandirian Siswa Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa (SLB C Karya Tulus). Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 5(2), 1879–1892. https://doi.org/10.35870/jimik.v5i2.826
Hutabarat, J., Siallagan, M. T., Sianipar, N., Kabeakan, N., & Widiastuty, M. (2022). Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat dan Kelambanan Berpikir pada Siswa Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita Kelas C ) di SLB N. Siborongborong. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 1(4). 200-213 https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/81
Indriarti, T., Indriyani, R. A., Herbanu, R., Saputra, I., & Aziz, F. A. (2022). Peran Sekolah Luar Biasa (SLB) dalam Layanan Pendidikan Agama Islam bagi Anak Tuna Grahita Studi Kasus di SLB 1 Kulonprogo. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 1(4), 176-185. https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/insdun/article/view/448
Jaleha, S., Hufad, A., Aprilia, I. D., & Sunardi, S. (2023). Home-Based Learning for Children with Moderate Intellectual Disabilities: Collaboration Between Teacher and Family. Pegem Journal of Education and Instruction, 13(4), 106–112. https://doi.org/10.47750/pegegog.13.04.13
Kholiliyah, A. J., Fauzani, A. N., Amjad, N. L., Gamal, A. A., Maharani, K. S. B., Pristianto, A., & Naufal, A. F. (2022). Edukasi Pemasangan Tali Sepatu untuk Melatih Kemandirian pada Siswa Kelas 4-6 SDLB Tuna Grahita Surakarta. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 67–75. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i1.128
Kusumadewi, F. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Penggunaan Uang Peserta Didik Tunagrahita Kategori Ringan Melalui Pembelajaran Berbelanja di Kantin pada Kelas IV Sekolah Dasar Luar Biasa di Sekolah Luar Biasa Tunas Bhakti Pleret Bantul. Jurnal Widia Ortodidaktika, 5(11), 1110–1121. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/plb/article/view/6422
Lapp, E., & Shipilova, E. (2022). Problems and Opportunities for Training Specialists for Working with Children with Mental Retardation in the Higher Education System. Education and Self Development, 17(4), 199–217. https://doi.org/10.26907/esd.17.4.15
Malida, S. (2020). Pendidikan Inklusif Berbasis Kearifal Lokal dalam Menghadapi Era Society 5.0: Kajian Literatur dan Sitematika Review di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 131–143. https://doi.org/10.17509/jpis.v29i2.29501
Meilinda, M., Wardany, O. F., & Utami, R. T. (2024). Efektivitas Penggunaan Kartu Gambar Berseri untuk Meningkatkan Kemandirian Memakai Kaos Kaki pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas II. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 549–557. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3073
Melinda, V., & Suwardi, S. (2021). Upaya Guru Menanamkan Kemandirian Anak dalam Pembelajaran di Sentra Seni. Jurnal AUDHI : Anak Usia Dini Holistik Integratif, 3(2). 75-86. http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v3i2.596
Moniru, S., Wondal, R., Samad, R., & Mahmud, N. (2021). Tinjauan Tentang Kemampuan Motorik Halus dengan Kegiatan Kolase sebagai Persiapan Menulis Anak Tuna Grahita Ringan. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 3(1), 62–76. https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/cahayapd/article/view/2135
Nasution, F., Anggraini, L. Y., & Putri, K. (2022). Pengertian Pendidikan, Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa, dan Jenis-Jenis Sekolah Luar Biasa. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(2), 422–427. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5245
Nurjannah, N. (2019). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kemandirian Shalat pada Siswa Tunagrahita di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri 1 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Institut Agama Islam Negeri. http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1766
Oktaviani, R. (2019). Layanan Bimbingan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Melalui Pendekatan Behavioral. Jurnal Al Isyraq, 2(2), 159–180. https://etheses.uinsgd.ac.id/28388/
Puspandari, K., & Sinaga, Y. (2023). Tanggung Jawab Negara dalam Pemenuhan Hak Pendidikan Inklusif di Indonesia. Jurnal Ilmiah Publika, 11(1), 305. https://doi.org/10.33603/publika.v11i1.8269
Sabirova, E. G., Zaripova, Z. F., Mikhaylovsky, M. N., Serebrennikova, Y. V., Serebrennikova, Y. V., Torkunova, J. V., & Buslaev, S. I. (2020). Recreating Imagination and Self-Regulation as Means of Mathematical Thinking Development in Inclusive Education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(10), em1890. https://doi.org/10.29333/ejmste/8501
Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. (2019). Peran Orang Tua pada Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.441
Shofiyyah, N. A., Nursobah, A., & Tarsono, T. (2020). Penggunaan Media Animasi pada Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Tunagrahita. Psychosophia: Journal of Psychology, Religion, and Humanity, 1(2), 120–135. https://doi.org/10.32923/psc.v1i2.1157
Soleha, S., Ningsih, E. S., & Paramitha, S. D. (2020). Strategi Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita Sedang) Di SDLB Negeri Pangkalpinang. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 79–87. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v7i1.1207
Suranti, S., Utami, R. T., & Novtasari, R. (2023). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus dengan Teknik Menggunting pada Anak Tunagrahita Sedang di SLB Pelita Kasih. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8919–8927. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2763
Tibo, P., Tobing, O. S. L., & Brutu, Y. T. (2022). Peran Guru Mengembangkan Interaksi Sosial Anak Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa C. KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 3(3), 151–157. https://doi.org/10.37010/kangmas.v3i3.903
Viktor, P., Vladyslav, R., Andrii, Y., Yelena, P., Yaroslav, K., & Svetlana, P. (2022). Special Coordination Exercises in The Track and Field Athletics Training Program for Pupils with Special Needs. Journal of Physical Education and Sport, 22(3), 645–651. https://doi.org/10.7752/jpes.2022.03081
Wiyatini, T., Fatmasari, D., & Shobirun, S. (2021). Increasing Teeth Brushing Skills for Mentally Retarded Children with Application of “Educational Media Modification Puzzle” 3D Gosgi. European Journal of Molecular & Clinical Medicine, 8(3), 2588–2594. https://www.academia.edu/download/77764564/article_10680_84bc1c911c1158ddd17f9e1a576aa233.pdf
Yulanda, E., & Murni, I. (2019). Meningkatkan Keterampilan Memakai Baju Berkancing Melalui Media Model Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(1), 122–127. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/103188
Yuwono, I., Mirnawati, Kusumastuti, D. E., & Rahmah, N. (2020). Pembelajaran Keterampilan Menjahit dalam Mengembangkan Kemandirian Siswa Tunagrahita Ringan. SPECIAL : Special and Inclusive Education Journal, 1(2), 154–161. https://doi.org/10.36456/special.vol1.no2.a2852
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ijtimaiyah.v8i1.20539
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya
Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371.