PERAN GURU DALAM KEMANDIRIAN AKTIVITAS KESEHARIAN PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA

Putri Rahmawati, Muthiara Nur Aisah, Rafa Azzahra Fathinah, Suparmi Suparmi

Abstract


Pendidikan inklusi bertujuan untuk memastikan semua peserta didik, termasuk anak-anak tunagrahita harus mendapatkan akses pendidikan berkualitas tanpa diskriminasi. Kemandirian dalam aktivitas sehari-hari menjadi fokus utama bagi peserta didik tunagrahita untuk meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi ketergantungan pada orang lain. Tujuan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui peran guru dalam membantu peserta didik tunagrahita mencapai kemandirian terutama dalam aktivitas sehari-hari di lingkungan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan berupa kualitatif dengan studi literatur berdasarkan pencarian di Google Scholar menggunakan kata kunci “tunagrahita, kemandirian, guru” pada rentan waktu 2019 sampai 2024 diperoleh sekitar 3.080 hasil dan digunakan 33 literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran penting dalam mengajarkan kemandirian aktivitas sehari-hari kepada peserta didik tunagrahita, seperti memakai baju, menyikat gigi, dan berinteraksi sosial. Melalui strategi pembelajaran yang terstruktur dan konsisten, guru dapat meningkatkan kemampuan peserta didik tunagrahita dalam melakukan kegiatan sehari-hari secara mandiri. Guru juga berperan sebagai pembimbing dan motivator, membantu peserta didik mengembangkan keterampilan praktis yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari.

Keywords


Tunagrahita, Kemandirian Aktivitas Keseharian, Peran Guru

Full Text:

PDF

References


Amiruddin, & Zulfan Fahmi. (2022). Peran Guru Sebagai Motivator dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Al-Fikrah, 11(1), 29–44. https://doi.org/10.54621/jiaf.v11i1.259

Angreni, S., & Sari, R. T. (2022). Analisis Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Inklusi Kota Padang. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 94–102. https://unma.ac.id/jurnal/index.php/CP/article/view/3487

Azizah, R., Nurfadillah, N., Selvy, S., Nurfadillah, N., & Amelia, A. R. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemandirian ADL Anak Tunagrahita Tingkat SMP Kelas VII di SLB Jenetallasa. Jurnal PENA : Penelitian Dan Penalaran, 9(1), 46–55. https://doi.org/10.26618/jp.v9i1.8008

Dhanalakshmi, R., Muthukumar, B., & Canessane, R. A. (2022). Analysis of Special Children Education Using Data Mining Approach. International Journal of Uncertainty, Fuzziness and Knowledge-Based Systems, 30(Supp01), 125–140. https://doi.org/10.1142/S0218488522400074

Dujo, U. (2022). Meningkatkan Kemampuan Melipat Pakaian Melalui Metode Analisis Tugas Anak Tunagrahita di SLB Kristen Emmanuel Manado. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(5), 415–421. https://doi.org/10.5281/zenodo.7902418

Erna Juherna, Ronita Sari, I., Indirawati, D., & Nurhalimah, S. (2020). Meningkatkan Kemampuan Bina Diri Makan Bagi Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 261–268. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.866

Fajri, Y. A., & Efendi, J. (2023). Efektivitas Project Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menganyam bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 11(1), 33–39. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/119613

Hafid, Abd., Fajrotuz Zahro, , Indah, & Anjar Kasih, D. (2023). Penerapan Pendekatan Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Tunagrahita SDLB Negeri Sumbang Bojonegoro. Attanwir : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 14(1), 103–117. https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v14i1.341

Hsb, S. P., & Yusniah. (2024). Analisis Pola Komunikasi Interpersonal Guru dengan Siswa dalam Membentuk Kemandirian Siswa Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa (SLB C Karya Tulus). Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 5(2), 1879–1892. https://doi.org/10.35870/jimik.v5i2.826

Hutabarat, J., Siallagan, M. T., Sianipar, N., Kabeakan, N., & Widiastuty, M. (2022). Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat dan Kelambanan Berpikir pada Siswa Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita Kelas C ) di SLB N. Siborongborong. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 1(4). 200-213 https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/81

Indriarti, T., Indriyani, R. A., Herbanu, R., Saputra, I., & Aziz, F. A. (2022). Peran Sekolah Luar Biasa (SLB) dalam Layanan Pendidikan Agama Islam bagi Anak Tuna Grahita Studi Kasus di SLB 1 Kulonprogo. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 1(4), 176-185. https://journal.unimar-amni.ac.id/index.php/insdun/article/view/448

Jaleha, S., Hufad, A., Aprilia, I. D., & Sunardi, S. (2023). Home-Based Learning for Children with Moderate Intellectual Disabilities: Collaboration Between Teacher and Family. Pegem Journal of Education and Instruction, 13(4), 106–112. https://doi.org/10.47750/pegegog.13.04.13

Kholiliyah, A. J., Fauzani, A. N., Amjad, N. L., Gamal, A. A., Maharani, K. S. B., Pristianto, A., & Naufal, A. F. (2022). Edukasi Pemasangan Tali Sepatu untuk Melatih Kemandirian pada Siswa Kelas 4-6 SDLB Tuna Grahita Surakarta. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 67–75. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i1.128

Kusumadewi, F. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Penggunaan Uang Peserta Didik Tunagrahita Kategori Ringan Melalui Pembelajaran Berbelanja di Kantin pada Kelas IV Sekolah Dasar Luar Biasa di Sekolah Luar Biasa Tunas Bhakti Pleret Bantul. Jurnal Widia Ortodidaktika, 5(11), 1110–1121. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/plb/article/view/6422

Lapp, E., & Shipilova, E. (2022). Problems and Opportunities for Training Specialists for Working with Children with Mental Retardation in the Higher Education System. Education and Self Development, 17(4), 199–217. https://doi.org/10.26907/esd.17.4.15

Malida, S. (2020). Pendidikan Inklusif Berbasis Kearifal Lokal dalam Menghadapi Era Society 5.0: Kajian Literatur dan Sitematika Review di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(2), 131–143. https://doi.org/10.17509/jpis.v29i2.29501

Meilinda, M., Wardany, O. F., & Utami, R. T. (2024). Efektivitas Penggunaan Kartu Gambar Berseri untuk Meningkatkan Kemandirian Memakai Kaos Kaki pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas II. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 549–557. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3073

Melinda, V., & Suwardi, S. (2021). Upaya Guru Menanamkan Kemandirian Anak dalam Pembelajaran di Sentra Seni. Jurnal AUDHI : Anak Usia Dini Holistik Integratif, 3(2). 75-86. http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v3i2.596

Moniru, S., Wondal, R., Samad, R., & Mahmud, N. (2021). Tinjauan Tentang Kemampuan Motorik Halus dengan Kegiatan Kolase sebagai Persiapan Menulis Anak Tuna Grahita Ringan. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 3(1), 62–76. https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/cahayapd/article/view/2135

Nasution, F., Anggraini, L. Y., & Putri, K. (2022). Pengertian Pendidikan, Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa, dan Jenis-Jenis Sekolah Luar Biasa. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(2), 422–427. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5245

Nurjannah, N. (2019). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Kemandirian Shalat pada Siswa Tunagrahita di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri 1 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Institut Agama Islam Negeri. http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1766

Oktaviani, R. (2019). Layanan Bimbingan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Melalui Pendekatan Behavioral. Jurnal Al Isyraq, 2(2), 159–180. https://etheses.uinsgd.ac.id/28388/

Puspandari, K., & Sinaga, Y. (2023). Tanggung Jawab Negara dalam Pemenuhan Hak Pendidikan Inklusif di Indonesia. Jurnal Ilmiah Publika, 11(1), 305. https://doi.org/10.33603/publika.v11i1.8269

Sabirova, E. G., Zaripova, Z. F., Mikhaylovsky, M. N., Serebrennikova, Y. V., Serebrennikova, Y. V., Torkunova, J. V., & Buslaev, S. I. (2020). Recreating Imagination and Self-Regulation as Means of Mathematical Thinking Development in Inclusive Education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(10), em1890. https://doi.org/10.29333/ejmste/8501

Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. (2019). Peran Orang Tua pada Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.441

Shofiyyah, N. A., Nursobah, A., & Tarsono, T. (2020). Penggunaan Media Animasi pada Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Tunagrahita. Psychosophia: Journal of Psychology, Religion, and Humanity, 1(2), 120–135. https://doi.org/10.32923/psc.v1i2.1157

Soleha, S., Ningsih, E. S., & Paramitha, S. D. (2020). Strategi Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita Sedang) Di SDLB Negeri Pangkalpinang. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 79–87. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v7i1.1207

Suranti, S., Utami, R. T., & Novtasari, R. (2023). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus dengan Teknik Menggunting pada Anak Tunagrahita Sedang di SLB Pelita Kasih. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 8919–8927. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2763

Tibo, P., Tobing, O. S. L., & Brutu, Y. T. (2022). Peran Guru Mengembangkan Interaksi Sosial Anak Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa C. KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 3(3), 151–157. https://doi.org/10.37010/kangmas.v3i3.903

Viktor, P., Vladyslav, R., Andrii, Y., Yelena, P., Yaroslav, K., & Svetlana, P. (2022). Special Coordination Exercises in The Track and Field Athletics Training Program for Pupils with Special Needs. Journal of Physical Education and Sport, 22(3), 645–651. https://doi.org/10.7752/jpes.2022.03081

Wiyatini, T., Fatmasari, D., & Shobirun, S. (2021). Increasing Teeth Brushing Skills for Mentally Retarded Children with Application of “Educational Media Modification Puzzle” 3D Gosgi. European Journal of Molecular & Clinical Medicine, 8(3), 2588–2594. https://www.academia.edu/download/77764564/article_10680_84bc1c911c1158ddd17f9e1a576aa233.pdf

Yulanda, E., & Murni, I. (2019). Meningkatkan Keterampilan Memakai Baju Berkancing Melalui Media Model Bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(1), 122–127. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu/article/view/103188

Yuwono, I., Mirnawati, Kusumastuti, D. E., & Rahmah, N. (2020). Pembelajaran Keterampilan Menjahit dalam Mengembangkan Kemandirian Siswa Tunagrahita Ringan. SPECIAL : Special and Inclusive Education Journal, 1(2), 154–161. https://doi.org/10.36456/special.vol1.no2.a2852




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ijtimaiyah.v8i1.20539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya

 

Indexed by:  

 

                                            

 

 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371.