IMPLEMENTASI ICE BREAKING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MTS DARUL ULUM BUDI AGUNG MEDAN

Rahma Sinta, Robie Fanreza

Abstract


 Kejenuhan para peserta didik kerap sangat sering terjadi saat proses belajar mengajar berlangsung. Hal ini disebabkan karena peserta didik kelas 7 dalam tahap usia bermain. Oleh sebab itu, guru harus lebih kreatif untuk membuat kondisi kelas menjadi lebih menyenangkan sepertimempelajari metode Ice breaking. Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui implementasi dari penerapan Ice breaking, manfaat dari penerapan Ice breaking, serta hubungan antara penerapan Ice breaking dengan menarik minat peserta didik. Penelitian kualitatif merupakan model penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan dengan teknik analisis melalui dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis beberapa artikel jurnal atau karya tulis seseorang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ice breaking dapat diterapkan pada semua mata pelajaran, termasuk pendidikan nonformal. (2) Dengan diterapkannya Ice breaking dapat menarik minat belajar siswa, motivasi belajar, daya serap, hasil belajar serta kemampuan komunikasi matematis. (3) manfaat yang didapat dari diterapkannya Ice breaking ini adalah untuk menghilangkan kejenuhan, kebosanan, serta rasa mengantuk dengan hal sederhana yang dapat dilakukan oleh setiap orang tanpa perlu keterampilan yang mumpuni. 

Full Text:

PDF

References


Journal, E., & Khoerunisa, T. (2020).

Edubase : Journal Of Basic Education Pengaruh Ice breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas I Sekolah Dasar Islam Terpadu Nurshidiq Kedawung Cirebon. 1, 64–70.

Kurniasari, W., & Setiawan, D. (2021).

Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Blended Learning Berbasis Pada Google Classroom. 7(1), 141–148. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V7i1.891

Luh, N., Dewi, F., Wiarta, I. W., & Suniasih, N. W. (2017).

Pengaruh Model Pembelajaran Realistik Setting Kooperatif ( Resik ) Dipadukan Dengan Ice breaking Terhadap Hasil Belajar Matematika Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Fip Universitas Pendidikan Ganesha.

Marzatifa, L., & Agustina, M. (2021).

Ice breaking : Implementasi , Manfaat Dan Kendalanya Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. 6(2), 162–171. Https://Doi.Org/10.32505/AlAzkiya.V6i2.3309

Mi, D. I., & Baten, A. S. (2020).

Perbandingan Antara Metode Ice breaking Dengan Comparasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Iii Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah ( Pgmi ) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah ( Stit ) Tahun Pelajaran 2019 / 2020 Perbandingan Antara Metode Ice breaking Dengan Comparasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Iii Di Mi Al-Khairiyah Sinar Baten Talangpadang. 1.

Nisa, A., Studi, P., & Konseling, B. (2015).

Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Ii(1), 1–9.

Maulia Rahmawati, dkk (2023)

Implementasi dan manfaat ice breaking dalam meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik SDN Blok I Cilegon. Jurnal: Trirahayu. Vol. 10. No. 1

Harianja, May Muna and Sapri, Sapri (2022)

Implementasi Dan Manfaat Ice Breaking Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (1).

Puspita, Y. (2023).

Implementasi Ice Breaking untuk Menciptakan Kesiapan Belajar dan Pembelajaran Yang Menyenangkan pada Anak Usia Dini. Journal on Education, 5(4)

Siti Fatimatus Surur, 17205153099 (2019)

Implementasi Ice Breaking Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Mi Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung. [ Skripsi ]

Noviyanti, S. ., Puspita Sari, D. E. ., & Tanti, R. . (2022).

Implementasi Teknik Ice Breaking Pada Pembelajaran Di Sd 64/I Muara Bulian. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 501–510. Vol. 4. No. 3.

Mai Sri Lena, Sahrun Nisa, Tiara Utari, & Hafsah Anas. (2023).

Efektivitas Implementasi Ice Breaking untuk Meningkatkan Minat dan Semangat Belajar Siswa Sekolah Dasar. PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(3), Vol. 3. No. 3.

Indrawati dan Wawan setiawan. (2019).

Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan Guru SD (P4TK. (ed.)).

James. (2018).

Pengaruh Teknik Pembelajaran Ice Brekerterhadapkemampuan Menulis Pantun Lama Olehsiswa Kelas Viismp Negeri 1 Lawe Sigala-Gala. Jurnal Bahasa Dan Sastra, Vol.3 No.2.

Komang. (2017).

Pengaruh Penggunaan Ice Breaker Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol: 5 No:




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ijtimaiyah.v7i2.17747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya

 

Indexed by:  

 

                                            

 

 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371.