KONSUMSI SINERGISTIK PADA KOMUNITAS STAY DI KOTA MAKASSAR

Sopian Tamrin, Salsabila Shafwan, Arisnawawi Arisnawawi

Abstract


Gelombang Korea, atau Korean waves telah merambah ke berbagai Negara termasuk Indoensia. Reaksi dari fenomena tersebut ditandai dengan maraknya komunitas. Sala satunya adalah komunitas STAY yang ada di Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk memotret perilaku konsumtif komunitas STAY di kota Makassar. Metode dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fenomena komunitas STAY di Kota Makassar menunjukkan satu bentuk konsumsi sinergistik. Artinya konsumsi tidak hanya dipahami sebagai tindakan individual, tetapi juga sebagai aktivitas sosial yang melibatkan berbagai bentuk interaksi dan hubungan antarindividu atau kelompok.  Komunitas STAY menunjukkan bentuk kegiatan konsumtif dengan membeli barang yang dipromosikan idolanya, album, photocard, perintilan K-Pop, juga marchendise official berupa boneka karakter idolanya. Yang menjadi faktor pendorong mereka melakukan kegiatan konsumtif dengan melakukan pembelian dengan total banyak ialah kepuasan pribadi yang dirasakan dan juga sebagai investasi di masa mendatang. Pengeluaran selama tiga bulan terakhir dari anggota komunitas, pengeluaran terbesar ialah sejumlah tiga belas juta rupiah dan terkecil adalah nol rupiah. Rata rata pengeluaran keseluruhan anggota untuk menikmati K-Pop ialah merata di bawah tiga ratus ribu rupiah.


Keywords


Perilaku Konsumtif, Konsumsi Sinergistik, Budaya K-Pop

Full Text:

PDF

References


Alviyah, K., Pranawa, S., & Rahman, A. (2020). Perilaku Konsumsi Budaya Masyarakat dalam Tradisi Labuhan Ageng di Pantai Sembukan. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 2(2), 138–146.

Anwar, A. F., Parakkasi, I., & Rusydi, B. U. (2018). Tinjauan Sosiologi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumsi Masyarakat Kota Makassar Pada Pasar Virtual. AL- FALAH : Journal of Islamic Economics, 3(1), 96–97.

Astuti, E. D. (2013). Perilaku Konsumtif dalam Membeli Barang Pada Ibu Rumah Tangga di Kota Samarinda. Psikoborneo, 1(2).

Bakti, I. S., Nirzalin, N., & Alwi, A. (2019). Konsumerisme dalam Perspektif Jean Baudrillard. Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi), 13(2).

Baudrillard, J. (1981). Simulacra and Simulation. University of Michigan Press.

Fajriyah, L. (2019). Sosiologi Ekonomi Masyarakat Konsumen. Fakultas Ekonomi. Universitas Bojonegoro. Pdfcoffee.Com. https://pdfcoffee.com/qdownload/masyarakat-konsumen-pdf-free.html

Fitriyani, N., Widodo, P. B., & Fauziah, N. (2013). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa di Genuk Indah Semarang. Jurnal Psikologi, 12(1), 1–14.

Jenkins, H. (2006). Convergence Culture: Where Old and New Media Collide. New York University Press.

Kim, E. S. (2017). The Korean Wave: Evolution, Fandom, and Transnationality. Routledge.

Ko, Y. (2008). Toward theorizing transnational fandom: The case of “rain’s” global fans. Critical Studies in Media Communication. Critical Studies in Media Communication, 25(4), 415–439.

Lee, S. Y. (2009). Hallyu in Singapore: Korean Cosmopolitanism in the Little Red Dot. Cross-Currents: East Asian History and Culture Review, 1(1), 112–135.

Miller, T. (2011). Cultural Citizenship: Cosmopolitanism, Consumerism, and Television in a Neoliberal Age. Temple University Press.

Murni, A. (2006). Ekonomi Makro. Refika Aditama.

Pasti, S. H. (2019). Indonesian Youth’s Engagement with South Korean Popular Culture. Southeast Asian Studies, 8(1), 27–49.

Putri, K. A. (2019). Gaya hidup generasi Z sebagai penggemar fanatik Korean Wave. Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Budaya.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sumartono. (2002). Terperangkap dalam iklan: meneropong imbas pesan iklan televisi. Alfabeta.

Suyanto, B. (2013). Sosiologi Ekonomi: Kapitalisme dan Konsumsi di Era Masyarakat Post- Modernisme. Kencana.

Thompson, J. B. (1995). The Media and Modernity: A Social Theory of the Media. Stanford University Press.

Zaman, S. (2017). Pola Konsumtif Masyarakat Urban Dalam Perspektif Semiotik Dan Budaya. Paradigma, Jurnal Kajian Budaya, 7(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ijtimaiyah.v7i2.17174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya

 

Indexed by:  

 

                                            

 

 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371.