KORUPSI MEMPENGARUHI EKONOMI DI INDONESIA

Ahmad Khairuddin, Arthyka Susila Yudhayani, Afriani Harahap, Vivi Wulandari

Abstract


Korupsi merupakan suatu tindakan menyimpang untuk mendapatkan kekayaan dan keuntungan pribadi menggunakan uang rakyat atau negara secara ilegal dengan menyalahgunakan kekuasaan yang diberikan di idnonesia. Korupsi yang terjadi di Indonesia sudah sangat mengkhawatirkan dan berdampak buruk luar biasa pada hampir seluruh sendi kehidupan. Korupsi telah menghancurkan sistem perekonomian, sistem demokrasi, sistem politik, sistem hukum, sistem pemerintahan, dan tatanan sosial kemasyarakatan di negeri ini. Dilain pihak upaya pemberantasan korupsi yang telah dilakukan selama ini belum menunjukkan hasil yang optimal. Korupsi dalam berbagai tingkatan tetap saja banyak terjadi seolah-olah telah menjadi bagian dari kehidupan kita yang bahkan sudah dianggap sebagai hal yang biasa. Jika kondisi ini tetap kita biarkan berlangsung maka cepat atau lambat korupsi akan menghancurkan negeri ini. perubahan pada sebagian besar aspek kehidupan. Hal tersebut tentu membawa dampak baik sekaligus buruk yang harus dihadapi masyarakat.  Tujuan penulisan ini adalah menganalisis penataan korupsi korupsi yang berada di Indonesia yang menjadikan bangsa dan Negara kita menjadi hancur perekonomian pada masyarakat. Korupsi harus dipandang sebagai kejahatan luar biasa (extra ordinary crime) yang oleh karena itu memerlukan upaya luar biasa pula untuk memberantasnya. Upaya pemberantasan korupsi – yang terdiri dari dua bagian besar, yaitu (1) penindakan, dan (2) pencegahan –tidak akan pernah berhasil optimal jika hanya dilakukan oleh pemerintah saja tanpa melibatkan peran serta masyarakat. Oleh karena itu tidaklah berlebihan jika mahasiswa –sebagai salah satu bagian penting dari masyarakat yang merupakan pewaris masa depan– diharapkan dapat terlibat aktif dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.

Kata Kunci: Korupsi mempengaruhi ekonomi di Indonesia


Full Text:

PDF

References


Asriana Issa Sofia, Agus Mulya Karsona, 2011, Pendidikan Anti Korupsi, Jakarta, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Amalia Fadhila Rachmawati , Eksaminasi: Jurnal Hukum, Dampak Korupsi dalam Perkembangan Ekonomi dan Penegakan Hukum, Vol, 1 No. 1, 2021, pp 12-19

Peter Carey, Suhardiyoto Haryadi, & Sri Margana, 2017, Korupsi dalam Silang Sejarah Indonesia: dari Daendels (1808-1811) sampai Era Reformasi, Komunitas Bambu

Septiana Dwiputrianti, MEMAHAMI STRATEGI PEMBERANTASAN KORUPSI DI INDONESI, STIA LAN Bandung, Jl. Cimandiri 34-38 Bandung 40115 E-mail: septiana_dwi@yahoo.com.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ijtimaiyah.v6i2.17146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya

 

Indexed by:  

 

                                            

 

 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371.