UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MENERAPKAN MODEL SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW MELALUI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH

Oklin Marina Silalahi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses  guru-guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan model SQ3R  di  SMP Negeri 1 Sibabangun pada Tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan oleh penulis melalui kegiatan supervisi akademik terhadap guru mata pelajaran. Subjek penelitian ini adalah  19  orang guru  di SMP Negeri 1 Sibabangun tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah yang berlangsung dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yakni (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi dan (4) refleksi. Instrumen  yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, penilaian produk dan dokumentasi. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  supervisi kepala sekolah memberikan  dampak  adanya peningkatan  keterampilan proses guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Kompetensi guru pada  kondisi awal yang melaksanakan pembelajaran dengan baik sebanyak 6 orang  dari 19 orang guru. Nilai rata-rata ulangan harian siswa  rendah : 66,32.  Penulis memandang perlu diadakan tindakan siklus I dengan pengarahan konsep model SQ3R, pada siklus 1 kompetensi  guru menggunakan konsep model SQ3R  mengalami peningkatan menjadi 14 orang (73.68%). Nilai rata-rata ulangan harian siswa : 72.11.  Namun supervisi kepala sekolah  pada siklus I belum mencapai keberhasilan yang ditetapkan, sehingga perlu dilaksanakan perbaikan di siklus II. Keterampilan proses  guru  mengalami peningkatan menjadi 94.74%, dan berdampak terhadap peningkatan hasil belajar siswa hingga mencapai 77.63 Hasil yang diperoleh pada siklus II telah mencapai kriteria keberhasilan dalam penelitian ini, sehingga penelitian dihentikan hingga siklus II.


Keywords


Supervisi Kepala Sekolah, Model SQ3R dan Kompetensi Guru

Full Text:

PDF

References


Suryosubroto B, Drs. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta

Soetriono, Prof.Dr.Ir, dkk. 2007. Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Andi Ofset.

Mukhtar & Iskandar. 2009:Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta : Gaung Persada Press.

Permendiknas. 2007. Permendiknas Nomor 12 Tahun 2007 Tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah. Jakarta : Kemendiknas.

Kemendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta : Kemendikbud RI.

Kemendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta : Kemendikbud RI.

Ngalimun. 2017. Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta : Pratama Ilmu.

Prasojo, Lantip Diat, & Sudiyono. 2011. Supervisi Pendidikan. Edisi Revisi Yogyakarta : Penerbit Gava Media.

Soemono, Wasty, & Soetopo, Hendiyat. 1988. Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Jakarta : PT Bina Aksara.

Zaenal Aqib, dkk, 2009. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru SMP SMA SMK. Jakarta : Yrama Widya

Zaenal Aqib,dkk, 2009. Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) untuk Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru. Jakarta : Yrama Widya.

https/www......./uu-nomor-14-tahun-2005-ttg-guru-dan-dosen.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ijtimaiyah.v6i1.16578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya

 

Indexed by:  

 

                                            

 

 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371.