PELAKSANAAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS NURUL AMAL KUALA KABUPATEN LANGKAT
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah pelaksanaan metode role playing deapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode role playing. Dengan menerapkan metode yang menyenangkan, maka siswa akan lebih tertarik dan memperhatikan ketika belajar. Penelitian ini mengkaji tentang tiga hal, pertama, Pelaksanaan metode role playing pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Nurul Amal Kuala Kab, Langkat; kedua, upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Nurul Amal Kuala Kab, Langkat; ketiga, Pelaksanaan metode role playing untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Nurul Amal Kuala Kab, Langkat. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis data menggunakan deskriptif analis. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, Guru serta Siswa kelas IX-A di MTs Nurul Amal Kuala Kab, Langkat. Prosedur pengempulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan metode role playing pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Nurul Amal Kuala Kab, Langkat dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan siswa yang lebih antusias dan aktif ketika belajar.
Keywords
References
Abdullah Mujid, Implementasi Metode Role Playing Pada Pembelajaran akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Perilaku AkhlakulKarimah Siswa di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya, (Skripsi, S-1, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Sunan Ampel Surabaya, 2013).
Al Jumhuri, M Astoruddin. Belajar Akidah Akhlak; Sebuah Ulasan Ringkas Tentang Asas
Tuhid dan Akhlak Islamiyah. Yogyakarta: Deepublish, 2015
Arisandi, R.Rizki. Upaya Menciptakan Lingkungan sekolah sehat dalam Menumbuhkan
Minat Belajar Siswa Di SMP Swasta Amanah Kwala Begumit Kecamatan binjai Kabupaten Langkat.2016.
Darmadi, H. Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish, 2017.
Hardani, dkk, Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, Cet. 1, Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2020
Istarani dan Intan Pulunga, (eds), Ensiklopedi Pendidikan jilid 1. Medan: Larispa, 2015.
Istarani, 58 Model Pembelajaran Inovatif Jilid 1. Medan: Media Persada, 2016.
Juliati, Nila. Efektivitas Penerapan Metode JoyFull Learning Dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Bolo Kab. Bima. Skripsi S-1 Fakultas tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Alauddin Makasar, 2017.
Karimi, Ahmad Faizin. Think Different: Jejak Pikir Reflektif Seputar Intelektualitas, Humanitas dan Religiusitas. Gresik: Muhi Press, 2012
Khairudin, Ahmad. Peningkatan Hasil belajar Pendidikan Agama Islam Materi Perilaku
Terpuji Menggunakan Metode Role Playng Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Semarang. Skripsi S-1 Fakultas tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut agama Islam Negeri Salatiga 2018.
Khairotun, Umi. Efektifitas Metode Role Playing dalam Pembelajaran PAI pada Anak
Usia Pra- Sekolah di TK ABA Plus Al Firdous Pandowoharjo, Sleman, (UIN Sunan Kalijaga, 2012).
Mariyaningsih, Nining dan Mistina Hidayati. BUKAN KELAS BIASA Teori dan Praktik berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-kelas Inspiratif. Surakarta: CV. Kekata Publisher, 2018.
Rahman, Taufiqur. Aplikasi Model-model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas.
Semarang: CV. Pilar Nusantara, 2018.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ijtimaiyah.v6i1.16577
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya
Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371.