IMPLEMENTASI MODEL SURVEY QUESTION READ RECITE AND REVIEW (SQ3R) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA BANGSA INDONESIA DALAM MENGAHADAPI ARUS GLOBALISASI DI KELAS IX.G SMP NEGERI 2 SIBOLGA

Parasian Banjarnahor

Abstract


Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sebagian besar dilaksankan dengan  menggunakan pendekatan konvensional dengan menggunakan ceramah sebagai metode utama yang digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran. Dengan pendekatan ini proses pembelajaran berjalan dengan satu arah, sehingga siswa aktivitas belajar siswa hanya mendengarkan dan mencatat (siswa pasif). Penulis memilih pendekatan Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R)  agar pembelajaran menjadi aktif dan melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran. Sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan mudah tercapai. Penelitian tindakan kelas ini menjelaskan Model SQ3R untuk meningkatkan aktivitas  belajar siswa Perubahan Sosial Budaya Bangsa Indonesia Dalam mengahadapi Arus Globalisasi di kelas IX.G SMP Negeri 2 Sibolga  Semester ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam empat  kelompok kegiatan yang meliputi  : Kegiatan perencanaan tindakan, Pelaksanaan  tindakan, Observasi dan Refleksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Model SQ3R terjadi adanya peningkatan aktivitas belajar 43.66 %, yang memberikan dampak terhadap peningkatan hasil belajar hingga mencapai rata-rata kelas :  80.37 yang semula 59.67. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah 75. Dari hasil isian angket yang diberikan kepada 30 siswa menyatakan bahwa  proses belajar mengajar menggunakan Model SQ3R, 100% responden menyatakan bahwa  lebih jelas dan menyenangkan.Kesimpulan  penulis  bahwa Model SQ3R merupakan  model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan aktivitas belajar  siswa materi Perubahan Sosial Budaya Bangsa Indonesia Dalam mengahadapi Arus Globalisasi  di kelas IX.G SMP Negeri 2 Sibolga T.P. 2021/2022


Keywords


Aktivitas belajar, Model SQ3R.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Bina Aksara

B. Suryosubroto, Drs , 2009, Proses Belajar Mengajar di Sekolah , Jakarta : Rineka Cipta.

Harun Rasyid, Drs, dkk,2008, Penilaian Hasil Belajar Bandung : Penerbit CV Wacana Prima.

Kemendikbud,2016, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta : Kemendikbud.

Kemendikbud, 2016, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta : Kemendikbud.

Kemendikbud, 2016, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta : Kemendikbud.

Kemendikbud, 2016, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta : Kemendikbud.

Kemendikbud RI, 2016, Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IX SMP/MTs , Jakarta : Kemendikbud RI.

Wina Sanjaya, H, Prof, Dr, 2006, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Bandung : Kencana Prenada Media Group

Wijaya Kusumah, dkk, 2010, Mengenal Penelitian tindakan kelas Edisi Kedua Jakarta : PT Indeks,

Zainal Aqib, dkk,2009, Penelitian tindakan kelas (PTK), Bandung :Yrama Widya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ijtimaiyah.v5i2.16384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya

 

Indexed by:  

 

                                            

 

 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371.