IMPLEMENTASI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DISIVION ALTERNATIF MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR TEMA 5 SUBTEMA 1PENGALAMAN MASA KECIL BAGI SISWA DI KELAS I.B SD NEGERI 081228 SIBOLGA

Kaswawaty Sikumbang

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk perbaikan kinerja penulis sebagai guru kelas dan menjelaskan langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif  type Student Teams Achievement Division (STAD) dalam proses belajar mengajar sebagai upaya untuk meningkatkan  motivasi  belajar siswa pada tema 5 subtema 1:Pengalaman Masa Kecil  di kelas I.B SD Negeri 081228 Sibolga   pada tahun pelajaran 2020/2021 semester ganjil. Penelitian ini dilakukan di kelas I.B  yang ditempati oleh 28 orang siswa. Data dikumpulkan melalui observasi terhadap guru, siswa dan catatan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan tingkat motivasi siswa terhadap tema  5 Subtema 1: Pengalaman Masa Kecil pada siklus I: 59.64  %   dan pada siklus II :  92.50 %. Adanya peningkatan Motivasi Belajar Siswa sebesar : 32.86 %. Peningkatan motivasi belajar siswa, memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa secara individu dengan nilai rata-rata mencapai 79,57 dengan ketuntasan belajar sebesar : 92.86 %.

Keywords


Motivasi Belajar, Kooperatif Type STAD

Full Text:

PDF

References


Kemendikbud. 2017. Buku Siswa Buku Tematik Terpadu 2013 Tema 5 Pengalamanku Kelas 1. Jakarta : kemendikbud RI.

Kemendikbud. 2017. Buku Guru Buku Tematik Terpadu 2013 Tema 5 Pengalamanku Kelas 1. Jakarta : kemendikbud RI.

Kemendikbud.2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 21 tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Kemendikbud RI.

Kemendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Kemendikbud RI.

Kemendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Kemendikbud RI.

Aqib Zaenal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Untuk guru SMP/SMA/SMK, Bandung : CV. Yrama Widya.

Ngalimun.2018. Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran, Yogyakarta: Penerbit Parama Ilmu.

Ngalimun.2016. Strategi dan Model Pembelajaran, Yogyakarta: Penerbit Aswaja Presindo.

Sanjaya, Wina, 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Prenada.

Harun Rasyid, Drs, dkk, 2008. Penilaian Hasil Belajar Bandung : Penerbit CV Wacana Prima.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ijtimaiyah.v5i2.16383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya

 

Indexed by:  

 

                                            

 

 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371.