PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X Di SMA INS KAYU TANAM
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Penggunaan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Ekonomi kelas X di SMA INS Kayu Tanam. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment. Populasi Penelitian ini adalah seluruh Kelas X di SMA INS Kayu Tanam. Sampel ditentukan melalui Teknik Total Sampling, berdasarkan teknik tersebut diperoleh Kelas X1 sebagai Kelas Eksperimen (dengan Model Mind Mapping )dan Kelas X2 sebagai Kelas Kontrol (dengan Pembelajaran Konvensial). Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil belajar Ekonomi yang dikumpulkan melalui tes objektif pilihan berganda. Data analisis dengan menggunakan statistic deskriptif dan statistic inferensial (uji t)
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi kelas X1 di SMA INS Kayu Tanam pada kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaranMind Mapping memperoleh niai rata- rata post test 87.50 dan sementara dikelas kontrol memperoleh nilai rata- rata post test 77.12, 3). Berdasarkan hasil uji t dengan taraf signifikansi 5% diperleh thit > ttab . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Mind Mapping berpengaruh positif terhadap hasil belajar Ekonomi sisw kelas X di SMA INS Kayu Tanam
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anita, Sri. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajara. Bandung: penerbit Alfabet
Buzan, Tony. 2007. Buku Pintar Mind Mapping Untuk Anak Agar Anak Pintar di Sekolah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka
Backhman. 2014. Buzan Mind Mapping: An Efficient Technique For Note-Taking, https//www.researchchgate.net/publication/260244896
Bachman, Ednand. 2005. Metode Belajar Berpikir Kritis dan Inovatif. Jakarta: Prestasi Pustakaraya
Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Depag RI
Deporter, Bobbi. 2007. Quantum Teaching: Mempraktikan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Mizan Pustaka
Faturrahman, DKK. 2012. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Prestassi Pustaka Publisher
Hasbullah. 2005. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja grafindo Persada
Hidayat, Ara, DKK. 2012. Pengelolaan Pendidikan. Bandung : Kaukaba
Hasan, Chadijah. 1994. Dimensi-Dimensi Psikologi Pendidikan. Surabaya: Al-Ikhlas
Hamalik, Oemar. 2006, Perencanaan Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan, Jakarta: PT Bumi Aksara
Istarani dan Intan Pulungan. 2015. Ensiklopedia Pendidikan. Medan: Media Persada
Imran, Ali. 2000. Belajar dan pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta
Mardianto. 2012. Psikologi Pendidiakan. Medan: Perdana Publishing
Munjin Nasih. Ahmad. dkk. 2009. Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Aditama
Novianti. 2013. Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Peta Konsep. Jakarta: Perdana Publishing
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Purwanto, Ngalim. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rienaka Cipta
Riduan. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta
Syahrum dan Salim. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung : Citapustaka Media. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeth
Soemartono. 2012. Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Rosda Offset
Solahitin, Etin DKK. 2007. Cooperative Learning Analisi Model Pembelajaran IPS. Jakarta: PT Bumi Aksara
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rieneka Cipta
Sudjana, Nana. 2008. Metode dan tekhnik Pembelajajaran Partisipasif. Jakarta: Falah Production
Suorijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sudirman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2016. Statistisk untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Shoimin, Aris. 2004. Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-rezz Media
Syafaruddin DKK. 2012. Inovasi Pendidikan. Medan : Perdana Publishing
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Yuasnto, Ismail. dkk. 2004. Menggagas Pendidikan Isalm. Bogor: AL-Azhar press
Yani, Ahmad. 2009. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosil. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ijtimaiyah.v4i2.16249
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya
Indexed by:
View My Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371.