PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X Di SMA INS KAYU TANAM

Ripho Delzy Perkasa

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Penggunaan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Ekonomi kelas X di SMA INS Kayu Tanam. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment. Populasi Penelitian ini adalah seluruh Kelas X di SMA INS Kayu Tanam. Sampel ditentukan melalui Teknik Total Sampling, berdasarkan teknik tersebut diperoleh Kelas X1 sebagai Kelas Eksperimen (dengan Model Mind Mapping )dan Kelas X2 sebagai Kelas Kontrol (dengan Pembelajaran Konvensial). Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil belajar Ekonomi yang dikumpulkan melalui tes objektif pilihan berganda. Data analisis dengan menggunakan statistic deskriptif dan statistic inferensial (uji t)

Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar pada  mata pelajaran Ekonomi  kelas X1 di SMA INS Kayu Tanam pada kelas eksperimen  yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaranMind Mapping memperoleh niai rata- rata post test 87.50 dan sementara dikelas kontrol memperoleh nilai rata- rata post test 77.12, 3). Berdasarkan hasil uji t dengan taraf signifikansi 5% diperleh thit > ttab . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Mind Mapping berpengaruh positif terhadap hasil belajar Ekonomi sisw kelas X di SMA INS Kayu Tanam


Keywords


Hasil Belajar, Mind Mapping, Ekonomi, SMA

Full Text:

PDF

References


Anita, Sri. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajara. Bandung: penerbit Alfabet

Buzan, Tony. 2007. Buku Pintar Mind Mapping Untuk Anak Agar Anak Pintar di Sekolah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Backhman. 2014. Buzan Mind Mapping: An Efficient Technique For Note-Taking, https//www.researchchgate.net/publication/260244896

Bachman, Ednand. 2005. Metode Belajar Berpikir Kritis dan Inovatif. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Depag RI

Deporter, Bobbi. 2007. Quantum Teaching: Mempraktikan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Mizan Pustaka

Faturrahman, DKK. 2012. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Prestassi Pustaka Publisher

Hasbullah. 2005. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja grafindo Persada

Hidayat, Ara, DKK. 2012. Pengelolaan Pendidikan. Bandung : Kaukaba

Hasan, Chadijah. 1994. Dimensi-Dimensi Psikologi Pendidikan. Surabaya: Al-Ikhlas

Hamalik, Oemar. 2006, Perencanaan Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan, Jakarta: PT Bumi Aksara

Istarani dan Intan Pulungan. 2015. Ensiklopedia Pendidikan. Medan: Media Persada

Imran, Ali. 2000. Belajar dan pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Mardianto. 2012. Psikologi Pendidiakan. Medan: Perdana Publishing

Munjin Nasih. Ahmad. dkk. 2009. Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Aditama

Novianti. 2013. Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Peta Konsep. Jakarta: Perdana Publishing

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Purwanto, Ngalim. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rienaka Cipta

Riduan. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta

Syahrum dan Salim. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung : Citapustaka Media. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeth

Soemartono. 2012. Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Rosda Offset

Solahitin, Etin DKK. 2007. Cooperative Learning Analisi Model Pembelajaran IPS. Jakarta: PT Bumi Aksara

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rieneka Cipta

Sudjana, Nana. 2008. Metode dan tekhnik Pembelajajaran Partisipasif. Jakarta: Falah Production

Suorijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sudirman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2016. Statistisk untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Shoimin, Aris. 2004. Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-rezz Media

Syafaruddin DKK. 2012. Inovasi Pendidikan. Medan : Perdana Publishing

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Yuasnto, Ismail. dkk. 2004. Menggagas Pendidikan Isalm. Bogor: AL-Azhar press

Yani, Ahmad. 2009. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosil. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ijtimaiyah.v4i2.16249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya

 

Indexed by:  

 

                                            

 

 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371.