ANALISIS PEMBELAJARAN AKTIF READING GUIDE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MIS KESUMA LKMD NAMORAMBE

Icmy Hidayah, Ramadhan Lubis, Lailatun Nur Kamalia Siregar

Abstract


Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Analisis Pembelajaran Aktif Panduan Membaca dalam pembelajaran bahasa Indonesia di LKMD MIS Kesuma” yang dilatarbelakangi oleh siswa kurang tertarik dengan pembelajaran bahasa Indonesia yang monoton dan membosankan karena kurangnya kreativitas guru dalam pembelajaran. sedang belajar. menggunakan panduan membaca pembelajaran aktif atau Reading Guide , bahkan guru kurang memiliki pengetahuan dalam menerapkan strategi pembelajaran panduan membaca yang baik dan benar . Padahal ada banyak cara agar strategi panduan membaca ini bisa diterapkan menggunakan sesuatu yang keren dan tidak membuat siswa bosan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, menggunakan pendekatan deskriptif, merupakan penelitian yang diarahkan sebagai analisis fenomena, peristiwa, kegiatan dari suatu kegiatan tertentu. Penelitian ini menggunakan sumber data sekunder dan sumber data primer. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi langsung, tanya jawab, dan dokumentasi. Dan analisisnya menggunakan metode analisis model interaktif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Secara global, pelaksanaan pembelajaran panduan membeca dalam pembelajaran bahasa Indonesia di LKMD MIS Kesuma dibagi menjadi tiga tahap, yaitu: tahap pembukaan,tahap inti dan tahap penutup. (2) Kreativitas guru dalam menerapkan strategi panduan membaca dalam pembelajaran bahasa Indonesia di LKMD MIS Kesuma masih sangat minim sehingga terkesan membosankan dan monoton. (3) Penerapan pembelajaran panduan membaca dalam pembelajaran bahasa Indonesia di LKMD MIS Kesuma juga memiliki beberapa dampak positif dan negatif. Berdasarkan temuan penelitian di atas, pendekatan pembelajarannya berpusat pada siswa, maka guru harus dapat menerapkan strategi pembelajaran aktif panduan membaca ini dengan cara yang lebih menyenangkan, sehingga strategi ini dapat menciptakan pembelajaran bahasa Indonesia yang tidak membosankan dan dapat menyenangkan, sehingga mampu memperbaiki peningkatan  siswa dalam belajar.

Keywords


Pembelajaran Aktif, Strategi Panduan Membaca, Analisis Interaktif.

Full Text:

PDF

References


Ibrahim, M. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif . Alfabet: Bandung.

Afandi, Anwar , Bahasa dan Sastra dalam Berbagai Perspektif , Yogyakarta: TiaraWacana, 2008

Arikunto, Prosedur Penelitian Suharsimi Pendekatan Praktis, Jakarta : Rineka Cipta : 2010

Badudu .JS . The Tricks of Indonesian Language , Bandung: CS Pusaka Prima, 1996

Basrowi and Suwandi, Understanding Qualitative Research, Jakarta : Rineka Cipta, 2008

Budi Santoso, Kusno . Indonesian Language Problem , Jakarta: Rineka Cipta, 2008

Bungin, Burhan. 2003. Qualitative Research Data Analysis "Philosophical and Methodological Understanding towards Mastery of Application Models" . Jakarta: Raja Grafindo Persada

Dalman. 2012. Writing Skills . Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Djago Tarigan. (1991). Pendidikan Bahasa Indonesia 1. Jakarta: MEPDIKBUD.

Hamalik, U. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran . Jakarta: Literasi Bumi

http://repository.radenintan.ac.id/2073/4/Bab_II.pdf diakses pada 12 Januari 20

http://repository.ump.ac.id/8061/3/DWI%20HASQI%20PURWASIH%20BAB%20II.pdf diakses pada 20 Januari 2022

https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2011/06/12/characteristics-pembelajaran-aktif-di-class/ diakses pada 12 Januari 2022

Maleong, Lexi J. Metodologi Penelitian Kualitatif , Bandung: PT. Pemuda Rosdakarya, 2005

Maslamah, Siti Application of Reading Guide Strategy in Indonesian Language Learning at MI Guppi Jepara Wetan Binagun Cilacap , Sripsi, 2017

Muhibbin, Shah. 2008. Educational Psychology . Bandung: Rosdakarya Youth.

Nana Sudjana, 2002, Fundamentals of the Teaching and Learning Process , Bandung, Sinar Baru Algensindo

Puspayanti, dkk. 2013. “ Pengaruh Pendekatan SAVI Terhadap Keterampilan Menyimak Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Gugus Letkol Wisnu Kabupaten Denpasar Utara ”. Jurnal MIMBAR PGSD Jilid 1 Nomor 1. Singaraja : Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1256/1119. Diunduh 14 Maret 2022

Ramlan, M.dkk. Bahasa Indonesia yang Salah dan Benar , Yogyakarta: Andi Offset, 1997 .

Rusman. (2011). Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Radja Mudyahardjo, Introduction education , Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002,

Saddhono, Kundharu-Slamet, ST. Y. Improving Indonesian Language Skills (Theory and Applications) . Bandung: The work of Putra Darwati.

Salim and Syahrum, Qualitative Research Methodology , Bandung: Cipta Media Pustaka, 2007

Sanjaya, W. 2008. Learning Planning and Design . Jakarta: Kencana.

Suryaman, Mama Metodologi Pembelajaran Bahasa , Yogyakarta: UNY Pers: 2012

Sutari, Es KY, dkk. 1998. Mendengarkan .Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sutomo, Moh Penerapan Panduan Membaca dalam Pembelajaran di Madrasah , jurnal pembelajaran aktif di MI, 2020

Uno, Hamzah B. dan Nurdin Mohammad. Pembelajaran dengan Pendekatan Paikem (Innovative, Effective, Interesting Active Learning) , Bumi Aksara. Jakarta: 2012

Zaini, H. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Rakyat Merdeka.

Zaini, Hisyam dkk, Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: CTSD Institut Agama Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ijtimaiyah.v6i2.14677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya

 

Indexed by:  

 

                                            

 

 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371.