OPTIMALISASI KOMPETENSI MENDESAIAN BAHAN AJAR DENGAN MICROSOFT POWER POINT 2016 BAGI GURU MATA PELAJARAN MELALUI SUPERVISI INTERNAL DI SMA NEGERI 1 SITAHUIS

Jannes Pardede

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yakni : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator kinerja yang ditetapkan adalah bila kompetensi dan nilai evalauasi  guru mendesain bahan ajar dengan menggunakan microsoft power point 2016 mendapat 80.00% dan Nilai rata-rata 75,00 maka dikatakan tindakan yang diterapkan berhasil. Aspek yang diukur dalam observasi adalah kemampuan guru-guru PNS dan Non PNS  merancang bahan ajar dengan Microsoft Power Point 2016 di SMA Negeri 1 Sitahuis, Kabupaten Tapanuli Tengah. Hasil penelitian kondisi  awal diperoleh nilai rata-rata  evaluasi guru menggunakan Microsoft  Power Point 2016 : 56.56  dengan kompetensi guru 45.63%. Hasil Supervisi Internal  Siklus I  nilai rata-rata evaluasi guru menggunakan Micorosoft Power Point adalah 72.97 dimana guru yang mencapai nilai tuntas sebanyak 9 orang  dengan kompetensi  guru sebesar 73.13% . Pada Siklus II memperoleh nilai  rata-rata evaluasi  guru menggunakan Microsoft Power Point 2916 sebesar  84.06  dengan kompetensi guru sebesar : 97.50%. Berdasarkan hasil temuan-temuan penelitian  bahwa terjadi peningkatan kemampuan guru mata pelajaran  dalam merancang bahan ajar dengan menggunakan Microsoft Power Point 2016 dari  kondisi awal, siklus I  dan  siklus II secara signifikan. Ketercapaian indikator kinerja terdapat pada tindakan ke II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa supervisi internal oleh kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensi  guru mata pelajaran  merancang bahan ajar di SMA Negeri 1 Sitahuis  Tahun Pelajaran 2019/2020 semester ganjil.

Keywords


Kompetensi Guru,Supervisi Internal dan Microsoft Power Point 2016.

Full Text:

PDF

References


Daryanto. 2004. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Depdiknas. 2010. Kompetensi Guru Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Madcom. 2017. Micosoft Power Point 2017, Yogyakarta: CV. Andi.

Mukhtar & Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta : Gaung Persada Press

Prasojo, Lantip Diat, & Sudiyono. 2011. Supervisi Pendidikan. Edisi Revisi Yogyakarta:Penerbit Gava Media

Soetriono,Prof.Dr.Ir, dkk. 2007. Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian. Yogyakarta, Andi Ofset.

Soemono, Wasty, & Soetopo. 1988. Hendiyat. Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: PT Bina Aksara

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Wina Sanjaya, H, Prof, Dr. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Bandung : Kencana Prenada Media Group

Zaenal Aqib,dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru SMP SMA SMK, Jakarta, Yrama Widya

Zaenal Aqib,dkk. 2009. Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) untuk Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru. Jakarta :Yrama Widya

http://99swh.blogspot.com/2012/12/pelaksanaan-supervisi-internal-dalam.html




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ijtimaiyah.v4i1.14600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya

 

 Indexed by:  

 

                                            

 

 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371.