MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR TEMA 6 SUBTEMA 2 : PERUBAHAN ENERGI MELALUI METODE HERBART DI KELAS III.A SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini menjelaskan peningkatan motivasi belajar siswa dalam memahami tema 6 subtema 2 : Perubahan Energi di Kelas III.A SD Negeri 084086 Sibolga Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian Tndakan Kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan (tiga hari). Setiap Siklus terdiri dari 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, obsevasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi motivasi siswa dan aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran berlangsung serta hasil belajar melalui uji kompetensi setiap akhir siklus. Hasil pengamatan penulis sebelum penelitian dilaksanakan (kondisi awal) motivasi belajar siswa sebesar : 40.00%, nilai rata-rata 62.14 dimana nilai siswa yang mencapai nilai tuntas sebanyak 11 orang siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 17 siswa dari 28 siswa. Hasil uji kompetensi I (Siklus I) diperoleh rata-rata 69,89 dimana siswa yang mencapai nilai tuntas sebanyak 17 orang siswa dan tidak tuntas 11 orang. Motivasi siswa dalam pembelajaran mencapai 57,50%. Pada Siklus II memperoleh nilai rata-rata 80.00 dimana siswa yang tuntas sebanyak 26 siswa dan tidak tuntas sebanyak 2 orang siswa dengan tingkat Motivasi belajar siswa : 82.50%. Dari hasil pengamatan penulis menyimpulkan bahwa penerapan metode Herbart di kelas III.A SD Negeri 084086 Sibolga T.P. 2020/2021 dapat meningkatkan motivasi belajar
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Metode Herbart
Full Text:
PDFReferences
Aqib Zaenal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Untuk guru SMPSMA/SMK. Bandung : CV. Yrama Widya.
Dirj Pembinaan SMA. Kemendikbud. 2017. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Kemendikbud RI.
Harun Rasyid, Drs, dkk. 2008. Penilaian Hasil Belajar. Bandung : Penerbit CV Wacana Prima.
Kemendikbud. 2018. Buku Tematik Terpadu Tema 6 : Energi dan Perubahannuya untuk SD/ MI Kelas III, Jakarta : kemendikbud RI.
Kemendikbud.2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 21 tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Kemendikbud RI.
Kemendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Kemendikbud RI.
Kemendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Kemendikbud RI.
Ngalimun. 2018. Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Parama Ilmu.
Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran, Yogyakarta: Penerbit Aswaja Presindo.
Parwati Nyoman, Dr, dkk 2018, Belajar dan Pembelajaran, Depok : PT. Rajagrafindo Persada.
Purwanto, 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ijtimaiyah.v4i1.14598
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya
Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371.