MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR TEMA 6 SUBTEMA 2 : PERUBAHAN ENERGI MELALUI METODE HERBART DI KELAS III.A SEKOLAH DASAR

Khaifannur Khaifannur

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini menjelaskan peningkatan motivasi belajar siswa dalam memahami tema 6 subtema 2 : Perubahan Energi  di Kelas III.A  SD Negeri 084086  Sibolga  Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian Tndakan Kelas ini  dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilaksanakan  tiga  kali  pertemuan (tiga hari).  Setiap Siklus terdiri dari 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, obsevasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan   adalah lembar observasi motivasi siswa dan aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran berlangsung serta hasil belajar  melalui uji kompetensi setiap akhir siklus. Hasil pengamatan penulis sebelum  penelitian dilaksanakan (kondisi  awal) motivasi belajar siswa  sebesar : 40.00%, nilai rata-rata 62.14  dimana nilai siswa yang mencapai nilai tuntas sebanyak 11  orang siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 17  siswa dari 28  siswa. Hasil uji kompetensi I (Siklus I) diperoleh rata-rata 69,89  dimana siswa yang mencapai nilai tuntas sebanyak 17 orang  siswa dan tidak tuntas 11 orang. Motivasi siswa dalam pembelajaran mencapai 57,50%. Pada Siklus II memperoleh nilai  rata-rata  80.00 dimana siswa yang tuntas sebanyak 26 siswa dan tidak tuntas sebanyak 2 orang siswa dengan tingkat Motivasi belajar siswa : 82.50%. Dari hasil pengamatan penulis menyimpulkan bahwa penerapan metode Herbart di kelas III.A SD Negeri 084086 Sibolga T.P. 2020/2021 dapat meningkatkan motivasi belajar

Kata Kunci : Motivasi Belajar, Metode Herbart


Full Text:

PDF

References


Aqib Zaenal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas Untuk guru SMPSMA/SMK. Bandung : CV. Yrama Widya.

Dirj Pembinaan SMA. Kemendikbud. 2017. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Kemendikbud RI.

Harun Rasyid, Drs, dkk. 2008. Penilaian Hasil Belajar. Bandung : Penerbit CV Wacana Prima.

Kemendikbud. 2018. Buku Tematik Terpadu Tema 6 : Energi dan Perubahannuya untuk SD/ MI Kelas III, Jakarta : kemendikbud RI.

Kemendikbud.2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 21 tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Kemendikbud RI.

Kemendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Kemendikbud RI.

Kemendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Kemendikbud RI.

Ngalimun. 2018. Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Parama Ilmu.

Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran, Yogyakarta: Penerbit Aswaja Presindo.

Parwati Nyoman, Dr, dkk 2018, Belajar dan Pembelajaran, Depok : PT. Rajagrafindo Persada.

Purwanto, 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ijtimaiyah.v4i1.14598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya

 

Indexed by:  

 

                                            

 

 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371.