Kebutuhan Akan Penasehat Akademik Di Perguruan Tinggi

Khairuddin Tambusai

Abstract


Sungguh status sebagai mahasiswa selalu menyenangkan, terhormat dan penuh harapan. Dipundak mereka digantungkan begitu banyak beban masa kini terlebih masa depan. Sebegitu besar dan beratnya beban dan harapan itu mestinya dijawab mahasiswa dengan belajar sungguhsungguh dan menampilkan sosok yang memang benar-benar menjanjikan. Penuh prestasi, berdedikasi tinggi, menunjukkan tanggung jawab dan akhlaq terpuji dalam kehidupannya. Namun tidak jarang ditemukan mahasiswa sudah terlebih dahulu gagal sebelum mereka mengemban tugas mulia yang diangankan orang tua, masyarakat bangsa dan negara. Tidak sedikit dari mereka justru menunjukkan sikap dan prilaku yang jauh dari harapan. Hasil belajarnya rendah, kepribadiannya goyah bahkan ada yang terjerumus ke dunia yang sebenarnya tidak perlu terjadi di kalangan mereka. Misalnya terlibat penyalah gunaan narkoba, tindak criminal,
tindakan asusila dan sebagainya. Sebenarnya di usia remaja mereka terdapat berbagai potensi yang sungguh akan mendorongm mereka sukses mencapai tujuan, terutama dalam belajar di perguruan tinggi. Namun diakibatkan factor yang bersumber dari dalam diri mereka sendiri dan lingkungan di mana mereka bertempat tinggal ditemukan mahasiswa yang gagal mewujudkan cita-cita mulia itu. Sebenarnya di sinilah kehadiran penasehat akademik dibutuhkan, yaitu
sosok yang siap memberikan pendampingan agar mahasisawa dapat berkembang secara optimal, dapat merumuskan dan merencanakan karier masa depan serta mampu menyesuaikan diri secara positif dan dinamis dalam lingkungannya. Bahkan dipundak penasehat akademik digantungkan tugas membantu mahasiswa mengatasi setiap masalah yang dihadapinya. Disinilah peran penasehat akademik menjadi kebutuhan bagi mahasiswa yang sedang belajar di perguruan tinggi.


Keywords


Bimbingan akademik, pengembangan optimal dan sukses belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S, 2006, Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. 1988. Sikap manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Liberty Buku Pedoman Fakultas Tarbiyah UII, 1990/1991

Darmadji, A. 1999. Pengajaran Sikap. Makalah (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia.

Dirjen Pendidikan Tinggi. 1982/1983. Materi Dasar Pendidikan Program Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi (Buku III. A Dasar-dasar Bimbingan &Konseling). Jakarta: Proyek Normalisasi Kehidupan Kampus.

Djamarah, S, 2008, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Dosen Wali, Sulaiman, 2008, www.kesling.web.id, diperoleh tanggal 23 Oktober 2008

Engel, J.R., Balckwell, R.D., & Miniard, P.W. 1990. Consumer Behavior, 6th Edition. Chicago:The Dryden Press.

Ganda, 2004, Petujuk Praktis Cara Mahasiswa Belajar di Perguruan Tinggi, Jakarta: Grasindo.

Ginting C, 2003, Kiat Belajar di Perguruan Tinggi, Jakarta: Grasindo.

Gunarsah, S.D. 1998. Psikoterapi Anak dan Remaja. Bahan Kuliah (tidak diterbitkan).Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Gerungan. 1978. Psikologi Sosial. Bandung: Eresco

Hadi, S., dan Yuni Pamardiningsih. 1996. Panduan SPS Paket MIDI. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Holahan, C.J. 1982. Enviromental Psychology. New York: Random House, Inc.

Martaniah, 1998. Psikologi Konseling. Bahan Kuliah S2 (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Moos, R.H. 1976. The Human Context: Enviromental Determinants of Behavior. Toronto: John Wiley & Son.

Mulyani, A. N. 1983. Peranan Dosen Wali di Perguruan Tinggi dengan SKS. Yogyakarta: Cakrawala Pendidikan

Newcomb, T. 1978. Social Psychology (terj.) Ny. Joesoef Noesjirwan, dkk. Bandung: CV. Diponegoro.

Prayitno, 2004, Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Rineka Cipta.

Salam, 2004, Cara Belajar yang Sukses di Perguruan Tinggi, Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto, 2003, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Soepomo, S. 1981. Pelaksanaan SKS pada Fakultas yang Masih Muda dan Masalahnya. Jakarta: Dirjen Perguruan Tinggi.

Suracmad, W. 1979. Metodologi Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars.

Suryabrata, S, 2002, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada,

Suryabrata, S. 1989. Psikologi Kepribadian. Jakarta: CV. Rajawali.

Suyono, A. 1980. Psikologi Perkembangan. Bandung: Ganaco

Syah, M, 2006, Psikologi Belajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tim Penyusun Pusat Bahasa, 2005, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Ed.3, Cet.3, Jakarta: Balai Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/ai.v7i2.7588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Khairuddin Tambusai

Al-Idarah : Jurnal Pengkajian Dakwah dan Manajemen is indexing by: