PENGELOLAAN MEDIA DAKWAH DALAM SYIAR ISLAM MELALUI KANAL YOUTUBE YAYASAN HAJI ANIF KOTA MEDAN

Romaulina Purba, Fachran Haikal

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian yang menjabarkan tentang penggunaan kanal

Youtube dalam syiar Islam sebagai tren media komunikasi. Tujuan penelitian ini

yaitu: (1) Untuk mengetahui perencanaan dalam pengelolaan media dakwah dalam

syiar Islam melalui kanal Youtube Yayasan Haji Anif, (2) Untuk mengetahui

pelaksanaan media dakwah dalam syiar Islam melalui kanal Youtube Yayasan Haji

Anif, (3) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam pengelolaan

kanal Youtube yang dilakukan Yayasan Haji Anif. Metode penelitian yang

digunakan adalah metode kualitatif jenis deskriptif dengan pendekatan komunikasi

massa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan

dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: reduksi data,

penyajian data, dan verifikasi. Hasil Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa

kanal Youtube dimanfaatkan sebagai media sosial untuk mengunggah kegiatan-

kegiatan yang dilakukan oleh Yayasan Haji Anif sebagai bentuk syiar Islam. Di

dalam syiar Islam yang dilakukan tersebut sudah ada jadwal. Tim media sosial sudah

berkoordinasi dengan pengurus masjid al-mussanif yang melakukan kegiatan-

kegiatan tersebut. tidak hanya mengunggah video syiar Islam tersebut, tetapi tim

media juga menyiapkan Live streaming di akun mereka pada saat kegiatan, yang

bertujuan agar masyarakat lainnya dapat melihat kegiatan yang dilakukan


Keywords


Pengelolaan; Media; Sosialisasi; Dakwah

Full Text:

PDF

References


priyadi Tamburaka. (2013). Literasi Media. Jakarta: PT Raja Grafindo

Ahmad Pakhri M. (2017). Penggunaan Fitur Vidgram Sebagai Tren Media

Dakwah (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @Yufid.TV Di Instagram),

Skripsi (Makassar: UIN Alauddin Makassar

Arditya Pratama Yuswantoro. (2020). Manajemen Penyiaran dalam Pengelolaan

Radio Masyarakat Dakwah (MASDA FM)

Ahmad Fatkhul Mubin. (2023). Arti Syiar. (Diakses pada 18 Juni 2023)

Cik Hasan Basri, Penuntun Penyusunan Rencana Penelitian dan Penulisan

SkripsiJakarta: Raja Grafindo Persada, 2001)

Evi Novitasari. (2020). Dakwah melalui media sosial Youtube (analisis media siberr

dalam etnografi vvirtual pada Channel Youtube transformasi Iswahyudi. Skripsi.

Ponoroggo: IAIN

Fatty Faiqah, Muh. Nadjib, dan Andi Subhan Amir. (2016). Youtube Sebagai

Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makassarvidgram. Jurnal

Komunikasi KAREBA, Vol. 5 No.2

Hamzah Yaqub. (1981). Menuju Keberhasilan dan Kepemimpinan. Bandung:

Diponegoro

H. Melayu Hasibuan. (2011). Dasar Pengertian dan Masalah. Jakarta: PT. Bumi

Aksara

AL-IDARAH, Volume 12, No.2, 2024 69

Hani Handoko. (1988). Manajemen. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA

Irzum Farihah. (2013). Media Dakwah. AT-TABSYIR, Jurnal Komunikasi

Penyiaran Islam, Vol 1, No. 2

Ismail Faisal. (2017). Sejarah & kebuddayaan Islam periode klasik (Abad VII-

XIII M). Cet. I: Yogyakarta: IRRCiSoD

Ismail Jeffrit Kalprianus et al. (2022). Pengantar Manajemen. Bandung: CV.

MEDIA SAINS INDONESIA

Jusuf Soewadji. (2012). Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra

Wawancara Media

Muhammad Samih Rozin, Fatmawati. (2018). Manajemen Dakwah Program

Kisah Menawan Sang Teladan Di Radio Rodja 75,6 FM. Bogor

M. Burhan Bungi. (2007). Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan

Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenada Media Group

Morissan M.A. (2008). Manajemen Media Penyiaran Strategi Mengelola Radio dan

Televisi. Jakarta: Kencana

Moh Ali Aziz. (2004). Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana

M. Munir. (2003). Metode Dakwah. Jakarta: Kencana

Muhammad Munir dan Wahyu Ilaihi. (2006). Manajemen Dakwah. Jakarta:

Kencana

Nusyamsudin. (2010). Fiqih. Jakarta: Departemen Agama Repblik Indonesia

Nurul Hilyatul Aulia. (2021). “Manajemen media penyiaran radio komunitas santri

pada UQI radio streaming di kota Bogor”

. Jakarta

Panglakim dan Hazil. (1986). Manajemen Suatu Pengantar. Jakarta: Satya

Wacana

Richard L. Daft. (2010). Era Baru Manajemen. Jakarta: Salemba Empat

Ropingi el Ishaq. (2013). Dakwah di Tengah Industrialisasi Media,

Jurnal:Komunikasi Islam Volume 03, Nomor 01

Rosady Ruslan. (1998). Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi (Konsepsi

dan Aplikasi). Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada

Siswanto. (2011). Pengantar Management. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Samsul Munir Amin. (2009). Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah

S. Sumarsono. (2001). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT. Gramedia

Pustaka Utama

Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tjetjep Rohendi Rohidi. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit UI

Wahyu Ilaihi. (2010). Komunikasi Dakwah. Bandung; Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/ai.v12i2.23557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Romaulina Purba, Fachran Haikal

Al-Idarah:Jurnal Pengkajian Dakwah dan Manajemen is indexed in the following databases

     Dimensions logo