PENGELOLAAN MEDIA DAKWAH DALAM SYIAR ISLAM MELALUI KANAL YOUTUBE YAYASAN HAJI ANIF KOTA MEDAN
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang menjabarkan tentang penggunaan kanal
Youtube dalam syiar Islam sebagai tren media komunikasi. Tujuan penelitian ini
yaitu: (1) Untuk mengetahui perencanaan dalam pengelolaan media dakwah dalam
syiar Islam melalui kanal Youtube Yayasan Haji Anif, (2) Untuk mengetahui
pelaksanaan media dakwah dalam syiar Islam melalui kanal Youtube Yayasan Haji
Anif, (3) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam pengelolaan
kanal Youtube yang dilakukan Yayasan Haji Anif. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode kualitatif jenis deskriptif dengan pendekatan komunikasi
massa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: reduksi data,
penyajian data, dan verifikasi. Hasil Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa
kanal Youtube dimanfaatkan sebagai media sosial untuk mengunggah kegiatan-
kegiatan yang dilakukan oleh Yayasan Haji Anif sebagai bentuk syiar Islam. Di
dalam syiar Islam yang dilakukan tersebut sudah ada jadwal. Tim media sosial sudah
berkoordinasi dengan pengurus masjid al-mussanif yang melakukan kegiatan-
kegiatan tersebut. tidak hanya mengunggah video syiar Islam tersebut, tetapi tim
media juga menyiapkan Live streaming di akun mereka pada saat kegiatan, yang
bertujuan agar masyarakat lainnya dapat melihat kegiatan yang dilakukan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
priyadi Tamburaka. (2013). Literasi Media. Jakarta: PT Raja Grafindo
Ahmad Pakhri M. (2017). Penggunaan Fitur Vidgram Sebagai Tren Media
Dakwah (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @Yufid.TV Di Instagram),
Skripsi (Makassar: UIN Alauddin Makassar
Arditya Pratama Yuswantoro. (2020). Manajemen Penyiaran dalam Pengelolaan
Radio Masyarakat Dakwah (MASDA FM)
Ahmad Fatkhul Mubin. (2023). Arti Syiar. (Diakses pada 18 Juni 2023)
Cik Hasan Basri, Penuntun Penyusunan Rencana Penelitian dan Penulisan
SkripsiJakarta: Raja Grafindo Persada, 2001)
Evi Novitasari. (2020). Dakwah melalui media sosial Youtube (analisis media siberr
dalam etnografi vvirtual pada Channel Youtube transformasi Iswahyudi. Skripsi.
Ponoroggo: IAIN
Fatty Faiqah, Muh. Nadjib, dan Andi Subhan Amir. (2016). Youtube Sebagai
Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makassarvidgram. Jurnal
Komunikasi KAREBA, Vol. 5 No.2
Hamzah Yaqub. (1981). Menuju Keberhasilan dan Kepemimpinan. Bandung:
Diponegoro
H. Melayu Hasibuan. (2011). Dasar Pengertian dan Masalah. Jakarta: PT. Bumi
Aksara
AL-IDARAH, Volume 12, No.2, 2024 69
Hani Handoko. (1988). Manajemen. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA
Irzum Farihah. (2013). Media Dakwah. AT-TABSYIR, Jurnal Komunikasi
Penyiaran Islam, Vol 1, No. 2
Ismail Faisal. (2017). Sejarah & kebuddayaan Islam periode klasik (Abad VII-
XIII M). Cet. I: Yogyakarta: IRRCiSoD
Ismail Jeffrit Kalprianus et al. (2022). Pengantar Manajemen. Bandung: CV.
MEDIA SAINS INDONESIA
Jusuf Soewadji. (2012). Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Mitra
Wawancara Media
Muhammad Samih Rozin, Fatmawati. (2018). Manajemen Dakwah Program
Kisah Menawan Sang Teladan Di Radio Rodja 75,6 FM. Bogor
M. Burhan Bungi. (2007). Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan
Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenada Media Group
Morissan M.A. (2008). Manajemen Media Penyiaran Strategi Mengelola Radio dan
Televisi. Jakarta: Kencana
Moh Ali Aziz. (2004). Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana
M. Munir. (2003). Metode Dakwah. Jakarta: Kencana
Muhammad Munir dan Wahyu Ilaihi. (2006). Manajemen Dakwah. Jakarta:
Kencana
Nusyamsudin. (2010). Fiqih. Jakarta: Departemen Agama Repblik Indonesia
Nurul Hilyatul Aulia. (2021). “Manajemen media penyiaran radio komunitas santri
pada UQI radio streaming di kota Bogor”
. Jakarta
Panglakim dan Hazil. (1986). Manajemen Suatu Pengantar. Jakarta: Satya
Wacana
Richard L. Daft. (2010). Era Baru Manajemen. Jakarta: Salemba Empat
Ropingi el Ishaq. (2013). Dakwah di Tengah Industrialisasi Media,
Jurnal:Komunikasi Islam Volume 03, Nomor 01
Rosady Ruslan. (1998). Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi (Konsepsi
dan Aplikasi). Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada
Siswanto. (2011). Pengantar Management. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Samsul Munir Amin. (2009). Ilmu Dakwah. Jakarta: Amzah
S. Sumarsono. (2001). Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT. Gramedia
Pustaka Utama
Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tjetjep Rohendi Rohidi. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit UI
Wahyu Ilaihi. (2010). Komunikasi Dakwah. Bandung; Remaja Rosdakarya
DOI: http://dx.doi.org/10.37064/ai.v12i2.23557
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Romaulina Purba, Fachran Haikal
Al-Idarah:Jurnal Pengkajian Dakwah dan Manajemen is indexed in the following databases