IMPLEMENTASI MANAJEMEN DAKWAH MASJID TAQWA KAMPUNG DADAP DALAM MENGELOLA AKTIVITAS KEAGAMAAN

Citra Aisyah, Efi Brata Madya, Fachran Haikal

Abstract


Manajemen pada awalnya, muncul dan berkembang di kalangan bisnis, industri dan militer.

Dalam perkembangan selanjutnya manajemen masjid sangat bermanfaat dan amat

dibutuhkan, dalam menjalankan pengelolaan masjid dibutuhkan manajemen untuk

mencapai tujuan yang diinginkannya dalam organisasi tersebut, sehingga masjid dapat

berkembang dan maju dari segi pelayanan sesuai dengan keinginan jama’ahnya. Penelitian

ini memfokuskan kajiannya pada imarah masjid yaitu tentang pengelolaan kegiatan dakwah

di masjid Taqwa Kampung Dadap. Masjid Taqwa merupakan masjid yang aktif dalam

melakukan kegiatan dakwah dibandingkan dengan masjid lainnya yang memperhatikan dari

segi kualitas maupun kuantitas. Adapun kegiatan dakwah masjid ini meliputi: Pertama,

Majelis Taklim Ibu-ibu. Kegiatan ini dilakukan satu kali seminggu tepatnya pada hari Rabu

Ba’da Maghrib. Kedua, Pengajian Bapak-bapak. Kegiatan ini dilakukan satu kali seminggu

tepatnya pada hari Jum’at Ba’da Maghrib. Ketiga, Tabligh Akbar dalam rangka

memperingati hari besar Islam. Keempat, Qiro’ah yang dilaksanakan setiap pagi subuh.

Kelima, Liqo’ kegiatan ini dilakukan setiap Ba’da Ashar. Program-program dakwah yang

telah dilaksanakan di Masjid Taqwa sudah melalui tahap perencanaan terlebih dahulu,

dimana BKM Masjid Taqwa membuat program dengan melihat dan mengikuti proses

perencanaan sesuai dengan teori manajemen yaitu menetapkan tujuan, merumuskan

keadaan saat ini, mengidenifikasi segala kemudahan dan hambatan, serta mengembangkan

rencana atau serangkaian kegiatan untuk pencapaian tujuan.


Keywords


Manajemen; Dakwah; Keagamaan

Full Text:

PDF

References


AT, Andi Mappie. (2009). Dasar-Dasar Metodologi Riset Kualitatif Untuk Ilmu

Profesi. Malang: Jenggala Utama.

Ali, Zasri. (2014). Etika Manajemen Masjid. Solo: Pustaka Iltizam.

Anggito, Albi dkk. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Arifin, Muhammad. (1991). Psikologi Dakwah: Suatu Pengantar Studi. Jakarta:

Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. (1997). Kamus Indonesia Lengkap. Surabaya: Apollo.

Harahap, Sofyan Syafri. (1996). Manajemen Masjid. Yogyakarta: PT Dana

Bhakti Prima Yasa.

Hasibuan, Melayu SP. (1986). Manajemen Dasar: Pengertian dan Masalah.

Jakarta: PT Gunung Agung.

Hasjmy, A. (1974). Dustur Dakwah Menurut Al-Qur’an. Jakarta: Bulan Bintang.

Hermawan, Iwan. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif,

dan Mixed Method. Kuningan: Hidayatul Qur’an Kuningan.

Kahatib. (2007). Manajemen Dakwah Dari Dakwah Konvensional Menuju Dakwah

Kontemporer. Jakarta: Amzah.

Mahfizh, Ali. (1952). Hidayatul Al-Mursyidin. Al-Qahirah: Dar al-Kitabah.

Mulkan, Abdul Munir. (1993). Paradigma Intelektual Muslim. Yogyakarta:

Sipress.

Munir, Wahyu Ilahi. (2009). Manajemen Dakwah. Jakarta: Prenada Media

Group.

Pahlawan, RB Khatib. (2007). Manajemen Dakwah dari Dakwah Konvensional

menuju Dakwah Profesional Edisi I. Jakarta: Amzah.

Perdamaian, dkk. (2014). Etika Manajamen Masjid. Solo: Pustaka Iltizam.

Samsul, Munir. (2013). Ilmu Dakwah. Jakarta: AMZAH.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Wahyu, Muhammad Munir. (2009). Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana.

Wibowo, Susatyo Budi. 99 Jalan Menuju Surga Menurut Al-Qur’an dan Al-

Hadis. Yogyakarta: Gava Media.

Yasmadi. (2002). Modernisasi Pesantren. Jakarta: Ciputat Press.

Yunus, Mahmud. (1965). Pedoman Dakwah Islamiyah. Jakarta: Hidakarya

Agung.




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/ai.v12i1.23546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Citra Aisyah, Efi Brata Madya, Fachran Haikal

Al-Idarah:Jurnal Pengkajian Dakwah dan Manajemen is indexed in the following databases

     Dimensions logo