MANAJEMEN MEDIA DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT PELAKSANAAN KEGIATAN KEAGAMAAN MAHASISWA

Syahru Ramadhan, Kamalia Kamalia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen dakwah dalam meningkatkan semangat pelaksanaan kegiatan keagamaan mahasiswa di organisasi himpunan mahasiswa binjai uinsu.

Metode penelitian menggunakan analisis deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Himpunan Mahasiswa Binjai Uinsu sudah menggunakan media dengan baik dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan di himpunan mahasiswa binjai uinsu, ada beberapa hambatan berupa, kurangnya sumber daya manusia yang bertugas menjalankan mengelola media di himpunan mahasiswa binjai uinsu, kurangnya pengetahuan terhadap media, dan kurangnya mahasiswa dalam mengakses informasi. Namun walaupun ada beberapa faktor hambatan teknis yang terjadi, manajemen media dalam meningkatkan semangat pelaksanaan kegiatan keagamaan mahasiswa di organisasi himpunan mahasiswa binjai uinsu medan dapat dikatakan berhasil, dilihat dari laporan kegiatan yang sudah dilaksanakan dan di upload ke media sosial himpunan mahasiswa Binjai UINSU.


Keywords


Manajemen; Media; Pelaksanaan dan Kegiatan

References


Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

D. Siswoyo, Sriyono. (2020). Manajemen Teknik, (Yogyakarta : CV Budi Utama) Departemen agama RI. 2004. Alquran terjemah, (Bandung: CV Penerbi J-Art)

Daradjat, Zakiah. (1996). Ilmu Jiwa Agama, (Jakarta: Bulan Bintang)

Hartono. (1996). Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Rineka Cipta)

Jauhari Ritonga, Hasnun. (2015). Manajemen Organisasi Pengantar Teori dan Praktek, (Medan: Perdana Publishing)

Jalaluddin. (2001).Teologi Pendidikan, (Jakarta: PT. Grafindo Persada)

Kayo, Khatib Pahlawan. (2007). Manajemen Dakwah : dari Dakwah Konvensional Menuju Dakwah Kontemporer, (jakarta : Amzah)

Moleong, Lexy J. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Muktar, Maksum. (2000). Madrasah Aliyah dan Perkembangan, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu)

Muhaimin. (1989). Problematika Agama Dalam Kehidupan Manusia, (Jakarta: Kalam Mulia)

Manulang, M. (1990). Dasar‐Dasar Manajemen, (Jakarta : Ghalia Indonesia)

Nasution,Harun. (1979). Islam di Tinjau Dari Berbagai Aspek Jilid I, (Jakarta: UI Press)

Quraish Shihab, M. (2000). Tafsir Al-Mishbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur;an, (Ciputat: Lentera Hati)

Soiman & Jauhari Ritonga, Hasnun. (2015). Manajemen Prinsip dan Aplikasinya, (Medan : Perdana Publishing)

Sule,Ernie Tisnawati & Saefullah,Kurniawan. (2009). pengantar manajemen, (Jakarta : Kencana Perdana Media Group)

Soekarno, K M. (1985). Dasar-Dasar Manajemen.Jakarta : Sinar Grafika.

Susanto G. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta :Gramedia

Suwadi dan Basrowi. (2008). Memahami Penelitian kualitatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Saeful, Asep dkk. (2003). Metode Penelitian Dakwah. Bandung: Pustaka Setia.

Tanri, Abeng. (2006). Profesi Manajemen, (Jakarta: Gramedia Putaka Utama)




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/ai.v10i2.21406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Syahru Ramadhan, Kamalia Kamalia

Al-Idarah:Jurnal Pengkajian Dakwah dan Manajemen is indexed in the following databases

     Dimensions logo