MANAJEMEN DAKWAH MAJELIS ULAMA INDONESIA DALAM PEMBINAAN MASYARAKAT DI KOTA MEDAN
Abstract
Salah satu diantara tugas Majelis Ulama Indonesia adalah untuk
mengayomi dan menuntun umat Islam dalam pengamalan keagamaan
dan sosial kemasyarakatan pada penerapan nya di kehidupan sehari-hari
masyarakat nya, maka daripada itu penelitian ini berfokus untuk melihat
bagaimana manajemen dakwah yang dilakukan oleh Majelis Ulama
Indonesia dalam pembinaan nya terhadap masyarakat di Kota Medan.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif guna
mendapatkan (deskripsi) data secara mendalam. Data diperoleh melalui
wawancara dan studi dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap
pengurus yang terkait dengan penelitian tersebut, seperti dari Majelis
Ulama Indonesia dan tokoh masyarakat yang berkaitan. Sedangkan studi
dokumentasi digunakan untuk menemukan sejarah, visi-misi, struktur
kepengurusan, dan program kerja Majelis Ulama Indonesia yang di teliti.
Penelitian dimulai dari catatan-catatan data hingga dituangkan dalam
catatan-catatan melalui Langkah-langkah : collects, reads, contructs, organizes,
hingga process build up untuk mendapatkan hubungan yang logis (logical
relationships). Hasil penelitian menunjukkan, bahwa manajemen dakwah
Majelis Ulama Indonesia dalam pembinaan masyarakat di Kota Medan
menggunakan unsur-unsur manajemen dakwah, seperti: Takhtith
(perencanaan). (2). Thanzim (pengorganisasian). (3). Tawjih (penggerakan).
Dan mempunyai program nya pada setiap komisi-komisinya
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Mangunhardjana. (1992). Pembinaan: Arti dan Metodenya, Yogyakarta:
Kanisius.
A.Hasjm. (1974). Dustur Dakwah Menurut Alquran, Jakarta: Bulan Bintang.
Amin, Ma’ruf, et.al, 2015. Himpunan Fatwa Majelis Ulama Indonesia Sejak
, Jakarta: Erlangga.
Amin, Ma’ruf, et.al. (2015). Himpunan Fatwa Majelis Ulama Indonesia Sejak
Jakarta: Erlangga.
Arikunto, Suharsimi. (1988). Organisasi dan administrasi pendidikan teknologi
dan kejuruan, Jakarta: P2LPTK.
Arikunto, Suharsimi. (1998). Organisasi dan Administrasi Pendidikan,
Teknologi dan Kejuruan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Azwar, Syaifuddin. (2005). Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka
Belajar. Azwar.
Badan Pengembangan dan
Pembinaan Bahasa, "pengertian pembinaan,"
https://kbbi.lektur.id/pembinaan (diakses pada 01 November 2022).
Baqi, Abdul, dan Muhammad Fuad. (2002) . al-Mu’jam al-Mufahras li alFazh Alquran al-Karim, Al-Qahirah: Dar al-hadis.
Dewan Perwakilan Rakyat, “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor
tahun 2009 dalam pasal 1 ayat 1,”
https://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/UU_2009_40.pdf
(diakses pada 28 November 2022).
Hafiduddin, Didin. (1988). Dakwah Aktual, Jakarta: Gema
Insani Press. Hafiduddin, Didin, 1988. Dakwah Aktual,
Jakarta: Gema Insani Press.
Ilyas, Yunahar. (2005). Prinsip-Prinsip Dakwah yang Tegar di Jalan Allah,Yogyakarta: Izzan Pustaka.
J. Moleong, Lexy. (2003). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Karim, Helmi, 1994. Konsep Ijtihad Majelis Ulama Indonesia dalam Pengembangan Hukum Islam, Pekanbaru: Susqa Press.
Kementerian Agama RI, 2001. Alquran dan Terjemahannya,
Semarang: Dipenogoro.
Kementerian Pendidikan dan budaya, "RUU Sistem Pendidikan
Nasional," https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/02/ruusistem-pendidikan- nasional-masih-tahap-perencanaankemendikbudristek (diakses pada 01 November 2022).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2000. Kamus Besar Bahasa
Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2000. Kamus Besar Bahasa
Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
M. Arifin.(2004). Ilmu Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Majelis Ulama Indonesia, "Sejarah Majelis Ulama Indonesia,"
https://mui.or.id, (diakses pada tanggal 19 April 2022).
Muchtarom, Zaini. (1996). Dasar-Dasar Manajemen Dakwah, Yogyakarta: AlAmin Press.
Muhammad Zen, Signifikasi Manajemen Dakwah Islam dalam Agenda
Perubahan Sosial.
http://muhammadzen.wordpress.com/manajemen/, (diakses pada
April 2022).
Muhammad, Munir. (2006). Manajemen Dakwah, Jakarta: Kencana.
Munir, Muhammad, dan Wahyu Ilaihi. (2015). Manajemen Dakwah, Jakarta:
Kencana.
Muntholi’ah. (2002). Konsep dari Positif Penunjang Prestasi PAI, Semarang:
Gunung Jati.
Mustofa, Ahmad. (1997). Akhlak Tasawuf, Bandung: CV.Pustaka Setia.
Nata, Abuddin. (2000). Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Rumi, H. Fuad, dan Hafid Paronda. (1994). Manajemen Dalam Islam, Ujung pandang: Lembaga Studi Islam UMI.
Ruslan, Rosady. (2008). Metode Penelitian Public Relation dan Komunikasi, Jakarta: Raja Grafindo.
S. Nitisemito, Alex. (1989). Manajemen: Suatu Dasar dan Pengantar, Jakarta: Ghalia Indonesia.
S.P. Hasibuan, Malayu. (2004). Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.
Saifullah. (2006). Dakwah di Era Globalisasi, Yogyakarta: AK Group.
Shaleh, A. Rosyad. (1976). Manajemen Dakwah Islam, Jakarta: Bulan
Bintang. Shaleh, Rosyad, 1997. Manajemen Dakwah Islam, Jakarta:
Bulan Bintang.
Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Allabeta.
Syafaruddin. (2005). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat
Press. Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan
Bahasa, 1989. Kamus
Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Triono Ahmad, Salamat. (2007). Metodologi Penelitian. Medan: Indah Grafik.
DOI: http://dx.doi.org/10.37064/ai.v11i1.18611
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Pradana Ubaidillah, Mailin Mailin, Elfi Yanti Ritonga
Al-Idarah:Jurnal Pengkajian Dakwah dan Manajemen is indexed in the following databases