ANALYSIS OF THE ROLE OF CREATIVE ECONOMY IN PROSPERING THE COMMUNITY'S ECONOMY FROM THE PERSPECTIVE OF ISLAMIC ECONOMICS (CASE STUDY: PERUPUK VILLAGE, LIMA PULUH PESISIR DISTRICT, BATU BARA REGENCY)

Abdil Bar, Zuhrinal M.Nawawi, Ikhsan Harahap, Tri Utami Salsabila, Annisa Rizqiyah

Abstract


This study aims to identify problems related to the implementation of the creative economy in Perupuk Village, with a special focus on its impact on the economic welfare of the people of Batu Bara Regency. 2) Study of the impact of the creative economy on improving the economic welfare of the community, analyzed through the lens of sharia economics, especially in the context of Perupuk village. The research methodology used includes the use of a qualitative approach as a research strategy, which produces descriptive data in the form of written or spoken words obtained from individuals, as well as observations of the behavior shown by the phenomenon. This approach places the focus on data in the form of words and images, rather than numerical data. Field research revealed the diligent efforts of artisans in turning leftover food into precious materials and even recreating classic and historic items. The aim of the creative economy is to encourage community-based economic development, encouraging cleaner and more community-friendly villages. The landscape of Perupuk village has increasingly attracted the attention of visitors after the Covid-19 pandemic. Reducing poverty rates, improving the good name of Perupuk village. Keywords: Creative Economy, Community Economy, Islamic Economy

Full Text:

PDF

References


Andri Priadi, et.al. 2020. Penguatan Ekonomi Kreatif Berbasis Sumber Daya Desa di Kelurahan

Rempoa, Vo. 1, No. 3, Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Lili Marlinah, 2017. Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Nasional Melalui Pengembangan

Ekonomi Kreatif, Vol. 17, No. 2, Cakrawala: Jurnal Humaniora.

Rochmat Aldy Purnomo, 2016. Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia, Cet. 1, Surakarta:

Ziyad Visi Media.

Siti Nur Azizah dan Muhfiatun, 2017. Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal

Pandanus Handicraf dalam Menghadapi Pasar Modern Perspektif Ekonomi Syariah: Studi

Case di Pandanus Nusa Sambisari Yogyakarta, Vol. 7, No. 2, Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu

Agama.

Carunia Mulya Firdausy, 2017. Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia, Cet. 1,

Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Suryana, 2013. Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang,

Jakarta: Salemba Empat.

Ning Malihah dan Siti Achiria, 2019. Peran Ekonomi Kreatif Dalam Pemberdayaan Industri

Kerajinan Bambu, Vol. 4, No. 1, Jurnal Kajian Ekonomi Islam.

Al-Hikmah, 2014. Alquran dan Terjemahnya, Cet. 10, Bandung: Diponegoro. Adi Fahrudin, 2012.

Pengantar Kesejahteraan Sosial, Bandung: Refika Aditama. Undang-Undang Nomor 11

Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial, Pasal 1 Ayat 1. BPS Kabupaten Batu Bara,

Badan Pusat Statistik Dalam Angka 2022, Batu Bara: BPS. Muhammad Abdul

Mannan, 1997. Teori dan Praktik, terj. Tim Ikapi Yogyakarta: Dana Bhakti Prima Yasa.

M.Nejatullah Shiddiq, 1992. Hostory of Islamic Thought, London: Marsell. M.Umar Chapra, 1996.

What is Islamic Economics, Jeddah: Islamic Research and Training Institute Islami

Development.

Dwi Ramdani, 2020. Analisis Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Kesejahteraan

Masyarakat Di Desa Tompobulu Kecamatan Rumbia Kabupaten Jeneponto, Makassar:

Skripsi UMM.

Teguh Romadiyanti, 2020. Analisis Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Kesejahteraan

Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam, Lampung: Skripsi UIN Raden Intan. Rida

Septiana, 2022. Analisis Persepsi Masyarakat Terhadap Peran Kebijakan Ekonomi Kreatif

Dalam Rangka Mensejahterakan Perekonomian Masyarakat Perspektif Ekonomi Islam,

Lampung: UIN Reden Intan.

Wahyu Saputro, 2018. Analisis Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Pendapatan

Pengrajin: Studi Kasus Pada Pusat Oleh-Oleh Jambi Jakoz Kota Jambi, Jambi: Skripsi UIN

Sulthan Thaha Saifuddin.

Refius Pradipta Setyanto, 2022. Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Kabupaten Banjar

Negara, Jurnal Call for Paper and National Conference.

Pratiwi Esti Palupi, dkk. 2021. Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Pendapatan

Pedagang, Vol. 2, No. 1, Lampung: Jurnal Akuntansi Aktiva.

Suryana, 2013. Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang,

Jakarta: Salemba Empat.

Rahmani, N.A.B. 2021, Metodologi Penelitian Ekonomi, t.tp: t.p, t.th.

Ghony, D. dan Almanshur,F. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif, ed. III, Ar Ruzz Media. Salim

dan Syahrum, 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Citapustaka Media.

Moleong,L.J.2004. Metodologi Penelitian Kualitatif, ed.Revisi, Remaja Rosdakarya.

Nasution, Rohana Pauliza. 2023, Analisis Persepsi Nasabah Dalam Mengakses Layanan

Digital

PT.Bank Syariah Indonesia: Studi Kasus Pada Bank Syariah Indonesia KepTanjung Balai., Skripsi

UIN SU.

Zuhrinal M.Nawawi, 2022. Strategi Menumbuhkan Jiwa Kreatif dan Inovatif Dalam

Kewirausahaan, Vol.6, No.1, UIN SU: Jurnal Sosial PendidikanAndri Priadi, et.al. 2020. Penguatan Ekonomi Kreatif Berbasis Sumber Daya Desa di Kelurahan

Rempoa, Vo. 1, No. 3, Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Lili Marlinah, 2017. Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Nasional Melalui Pengembangan

Ekonomi Kreatif, Vol. 17, No. 2, Cakrawala: Jurnal Humaniora.

Rochmat Aldy Purnomo, 2016. Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia, Cet. 1, Surakarta:

Ziyad Visi Media.

Siti Nur Azizah dan Muhfiatun, 2017. Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal

Pandanus Handicraf dalam Menghadapi Pasar Modern Perspektif Ekonomi Syariah: Studi

Case di Pandanus Nusa Sambisari Yogyakarta, Vol. 7, No. 2, Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu

Agama.

Carunia Mulya Firdausy, 2017. Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia, Cet. 1,

Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Suryana, 2013. Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang,

Jakarta: Salemba Empat.

Ning Malihah dan Siti Achiria, 2019. Peran Ekonomi Kreatif Dalam Pemberdayaan Industri

Kerajinan Bambu, Vol. 4, No. 1, Jurnal Kajian Ekonomi Islam.

Al-Hikmah, 2014. Alquran dan Terjemahnya, Cet. 10, Bandung: Diponegoro. Adi Fahrudin, 2012.

Pengantar Kesejahteraan Sosial, Bandung: Refika Aditama. Undang-Undang Nomor 11

Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial, Pasal 1 Ayat 1. BPS Kabupaten Batu Bara,

Badan Pusat Statistik Dalam Angka 2022, Batu Bara: BPS. Muhammad Abdul

Mannan, 1997. Teori dan Praktik, terj. Tim Ikapi Yogyakarta: Dana Bhakti Prima Yasa.

M.Nejatullah Shiddiq, 1992. Hostory of Islamic Thought, London: Marsell. M.Umar Chapra, 1996.

What is Islamic Economics, Jeddah: Islamic Research and Training Institute Islami

Development.

Dwi Ramdani, 2020. Analisis Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Kesejahteraan

Masyarakat Di Desa Tompobulu Kecamatan Rumbia Kabupaten Jeneponto, Makassar:

Skripsi UMM.

Teguh Romadiyanti, 2020. Analisis Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Kesejahteraan

Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam, Lampung: Skripsi UIN Raden Intan. Rida

Septiana, 2022. Analisis Persepsi Masyarakat Terhadap Peran Kebijakan Ekonomi Kreatif

Dalam Rangka Mensejahterakan Perekonomian Masyarakat Perspektif Ekonomi Islam,

Lampung: UIN Reden Intan.

Wahyu Saputro, 2018. Analisis Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Pendapatan

Pengrajin: Studi Kasus Pada Pusat Oleh-Oleh Jambi Jakoz Kota Jambi, Jambi: Skripsi UIN

Sulthan Thaha Saifuddin.

Refius Pradipta Setyanto, 2022. Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Kabupaten Banjar

Negara, Jurnal Call for Paper and National Conference.

Pratiwi Esti Palupi, dkk. 2021. Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Pendapatan

Pedagang, Vol. 2, No. 1, Lampung: Jurnal Akuntansi Aktiva.

Suryana, 2013. Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang,

Jakarta: Salemba Empat.

Rahmani, N.A.B. 2021, Metodologi Penelitian Ekonomi, t.tp: t.p, t.th.

Ghony, D. dan Almanshur,F. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif, ed. III, Ar Ruzz Media. Salim

dan Syahrum, 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Citapustaka Media.

Moleong,L.J.2004. Metodologi Penelitian Kualitatif, ed.Revisi, Remaja Rosdakarya.

Nasution, Rohana Pauliza. 2023, Analisis Persepsi Nasabah Dalam Mengakses Layanan

Digital

PT.Bank Syariah Indonesia: Studi Kasus Pada Bank Syariah Indonesia KepTanjung Balai., Skripsi

UIN SU.

Zuhrinal M.Nawawi, 2022. Strategi Menumbuhkan Jiwa Kreatif dan Inovatif Dalam

Kewirausahaan, Vol.6, No.1, UIN SU: Jurnal Sosial PendidikanAndri Priadi, et.al. 2020. Penguatan Ekonomi Kreatif Berbasis Sumber Daya Desa di Kelurahan

Rempoa, Vo. 1, No. 3, Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Lili Marlinah, 2017. Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Nasional Melalui Pengembangan

Ekonomi Kreatif, Vol. 17, No. 2, Cakrawala: Jurnal Humaniora.

Rochmat Aldy Purnomo, 2016. Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia, Cet. 1, Surakarta:

Ziyad Visi Media.

Siti Nur Azizah dan Muhfiatun, 2017. Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal

Pandanus Handicraf dalam Menghadapi Pasar Modern Perspektif Ekonomi Syariah: Studi

Case di Pandanus Nusa Sambisari Yogyakarta, Vol. 7, No. 2, Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu

Agama.

Carunia Mulya Firdausy, 2017. Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia, Cet. 1,

Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Suryana, 2013. Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang,

Jakarta: Salemba Empat.

Ning Malihah dan Siti Achiria, 2019. Peran Ekonomi Kreatif Dalam Pemberdayaan Industri

Kerajinan Bambu, Vol. 4, No. 1, Jurnal Kajian Ekonomi Islam.

Al-Hikmah, 2014. Alquran dan Terjemahnya, Cet. 10, Bandung: Diponegoro. Adi Fahrudin, 2012.

Pengantar Kesejahteraan Sosial, Bandung: Refika Aditama. Undang-Undang Nomor 11

Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial, Pasal 1 Ayat 1. BPS Kabupaten Batu Bara,

Badan Pusat Statistik Dalam Angka 2022, Batu Bara: BPS. Muhammad Abdul

Mannan, 1997. Teori dan Praktik, terj. Tim Ikapi Yogyakarta: Dana Bhakti Prima Yasa.

M.Nejatullah Shiddiq, 1992. Hostory of Islamic Thought, London: Marsell. M.Umar Chapra, 1996.

What is Islamic Economics, Jeddah: Islamic Research and Training Institute Islami

Development.

Dwi Ramdani, 2020. Analisis Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Kesejahteraan

Masyarakat Di Desa Tompobulu Kecamatan Rumbia Kabupaten Jeneponto, Makassar:

Skripsi UMM.

Teguh Romadiyanti, 2020. Analisis Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Kesejahteraan

Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam, Lampung: Skripsi UIN Raden Intan. Rida

Septiana, 2022. Analisis Persepsi Masyarakat Terhadap Peran Kebijakan Ekonomi Kreatif

Dalam Rangka Mensejahterakan Perekonomian Masyarakat Perspektif Ekonomi Islam,

Lampung: UIN Reden Intan.

Wahyu Saputro, 2018. Analisis Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Pendapatan

Pengrajin: Studi Kasus Pada Pusat Oleh-Oleh Jambi Jakoz Kota Jambi, Jambi: Skripsi UIN

Sulthan Thaha Saifuddin.

Refius Pradipta Setyanto, 2022. Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Kabupaten Banjar

Negara, Jurnal Call for Paper and National Conference.

Pratiwi Esti Palupi, dkk. 2021. Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Pendapatan

Pedagang, Vol. 2, No. 1, Lampung: Jurnal Akuntansi Aktiva.

Suryana, 2013. Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang,

Jakarta: Salemba Empat.

Rahmani, N.A.B. 2021, Metodologi Penelitian Ekonomi, t.tp: t.p, t.th.

Ghony, D. dan Almanshur,F. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif, ed. III, Ar Ruzz Media. Salim

dan Syahrum, 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Citapustaka Media.

Moleong,L.J.2004. Metodologi Penelitian Kualitatif, ed.Revisi, Remaja Rosdakarya.

Nasution, Rohana Pauliza. 2023, Analisis Persepsi Nasabah Dalam Mengakses Layanan

Digital

PT.Bank Syariah Indonesia: Studi Kasus Pada Bank Syariah Indonesia KepTanjung Balai., Skripsi

UIN SU.

Zuhrinal M.Nawawi, 2022. Strategi Menumbuhkan Jiwa Kreatif dan Inovatif Dalam

Kewirausahaan, Vol.6, No.1, UIN SU: Jurnal Sosial PendidikanAndri Priadi, et.al. 2020. Penguatan Ekonomi Kreatif Berbasis Sumber Daya Desa di Kelurahan

Rempoa, Vo. 1, No. 3, Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Lili Marlinah, 2017. Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Nasional Melalui Pengembangan

Ekonomi Kreatif, Vol. 17, No. 2, Cakrawala: Jurnal Humaniora.

Rochmat Aldy Purnomo, 2016. Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia, Cet. 1, Surakarta:

Ziyad Visi Media.

Siti Nur Azizah dan Muhfiatun, 2017. Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal

Pandanus Handicraf dalam Menghadapi Pasar Modern Perspektif Ekonomi Syariah: Studi

Case di Pandanus Nusa Sambisari Yogyakarta, Vol. 7, No. 2, Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu

Agama.

Carunia Mulya Firdausy, 2017. Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia, Cet. 1,

Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Suryana, 2013. Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang,

Jakarta: Salemba Empat.

Ning Malihah dan Siti Achiria, 2019. Peran Ekonomi Kreatif Dalam Pemberdayaan Industri

Kerajinan Bambu, Vol. 4, No. 1, Jurnal Kajian Ekonomi Islam.

Al-Hikmah, 2014. Alquran dan Terjemahnya, Cet. 10, Bandung: Diponegoro. Adi Fahrudin, 2012.

Pengantar Kesejahteraan Sosial, Bandung: Refika Aditama. Undang-Undang Nomor 11

Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial, Pasal 1 Ayat 1. BPS Kabupaten Batu Bara,

Badan Pusat Statistik Dalam Angka 2022, Batu Bara: BPS. Muhammad Abdul

Mannan, 1997. Teori dan Praktik, terj. Tim Ikapi Yogyakarta: Dana Bhakti Prima Yasa.

M.Nejatullah Shiddiq, 1992. Hostory of Islamic Thought, London: Marsell. M.Umar Chapra, 1996.

What is Islamic Economics, Jeddah: Islamic Research and Training Institute Islami

Development.

Dwi Ramdani, 2020. Analisis Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Kesejahteraan

Masyarakat Di Desa Tompobulu Kecamatan Rumbia Kabupaten Jeneponto, Makassar:

Skripsi UMM.

Teguh Romadiyanti, 2020. Analisis Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Kesejahteraan

Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam, Lampung: Skripsi UIN Raden Intan. Rida

Septiana, 2022. Analisis Persepsi Masyarakat Terhadap Peran Kebijakan Ekonomi Kreatif

Dalam Rangka Mensejahterakan Perekonomian Masyarakat Perspektif Ekonomi Islam,

Lampung: UIN Reden Intan.

Wahyu Saputro, 2018. Analisis Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Pendapatan

Pengrajin: Studi Kasus Pada Pusat Oleh-Oleh Jambi Jakoz Kota Jambi, Jambi: Skripsi UIN

Sulthan Thaha Saifuddin.

Refius Pradipta Setyanto, 2022. Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Kabupaten Banjar

Negara, Jurnal Call for Paper and National Conference.

Pratiwi Esti Palupi, dkk. 2021. Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Pendapatan

Pedagang, Vol. 2, No. 1, Lampung: Jurnal Akuntansi Aktiva.

Suryana, 2013. Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang,

Jakarta: Salemba Empat.

Rahmani, N.A.B. 2021, Metodologi Penelitian Ekonomi, t.tp: t.p, t.th.

Ghony, D. dan Almanshur,F. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif, ed. III, Ar Ruzz Media. Salim

dan Syahrum, 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Citapustaka Media.

Moleong,L.J.2004. Metodologi Penelitian Kualitatif, ed.Revisi, Remaja Rosdakarya.

Nasution, Rohana Pauliza. 2023, Analisis Persepsi Nasabah Dalam Mengakses Layanan

Digital

PT.Bank Syariah Indonesia: Studi Kasus Pada Bank Syariah Indonesia KepTanjung Balai., Skripsi

UIN SU.

Zuhrinal M.Nawawi, 2022. Strategi Menumbuhkan Jiwa Kreatif dan Inovatif Dalam

Kewirausahaan, Vol.6, No.1, UIN SU: Jurnal Sosial PendidikanAndri Priadi, et.al. 2020. Penguatan Ekonomi Kreatif Berbasis Sumber Daya Desa di Kelurahan

Rempoa, Vo. 1, No. 3, Abdi Laksana: Jurnal Pengabdian Masyarakat.

Lili Marlinah, 2017. Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Nasional Melalui Pengembangan

Ekonomi Kreatif, Vol. 17, No. 2, Cakrawala: Jurnal Humaniora.

Rochmat Aldy Purnomo, 2016. Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia, Cet. 1, Surakarta:

Ziyad Visi Media.

Siti Nur Azizah dan Muhfiatun, 2017. Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal

Pandanus Handicraf dalam Menghadapi Pasar Modern Perspektif Ekonomi Syariah: Studi

Case di Pandanus Nusa Sambisari Yogyakarta, Vol. 7, No. 2, Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu

Agama.

Carunia Mulya Firdausy, 2017. Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia, Cet. 1,

Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Suryana, 2013. Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang,

Jakarta: Salemba Empat.

Ning Malihah dan Siti Achiria, 2019. Peran Ekonomi Kreatif Dalam Pemberdayaan Industri

Kerajinan Bambu, Vol. 4, No. 1, Jurnal Kajian Ekonomi Islam.

Al-Hikmah, 2014. Alquran dan Terjemahnya, Cet. 10, Bandung: Diponegoro. Adi Fahrudin, 2012.

Pengantar Kesejahteraan Sosial, Bandung: Refika Aditama. Undang-Undang Nomor 11

Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial, Pasal 1 Ayat 1. BPS Kabupaten Batu Bara,

Badan Pusat Statistik Dalam Angka 2022, Batu Bara: BPS. Muhammad Abdul

Mannan, 1997. Teori dan Praktik, terj. Tim Ikapi Yogyakarta: Dana Bhakti Prima Yasa.

M.Nejatullah Shiddiq, 1992. Hostory of Islamic Thought, London: Marsell. M.Umar Chapra, 1996.

What is Islamic Economics, Jeddah: Islamic Research and Training Institute Islami

Development.

Dwi Ramdani, 2020. Analisis Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Kesejahteraan

Masyarakat Di Desa Tompobulu Kecamatan Rumbia Kabupaten Jeneponto, Makassar:

Skripsi UMM.

Teguh Romadiyanti, 2020. Analisis Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Kesejahteraan

Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam, Lampung: Skripsi UIN Raden Intan. Rida

Septiana, 2022. Analisis Persepsi Masyarakat Terhadap Peran Kebijakan Ekonomi Kreatif

Dalam Rangka Mensejahterakan Perekonomian Masyarakat Perspektif Ekonomi Islam,

Lampung: UIN Reden Intan.

Wahyu Saputro, 2018. Analisis Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Pendapatan

Pengrajin: Studi Kasus Pada Pusat Oleh-Oleh Jambi Jakoz Kota Jambi, Jambi: Skripsi UIN

Sulthan Thaha Saifuddin.

Refius Pradipta Setyanto, 2022. Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif Kabupaten Banjar

Negara, Jurnal Call for Paper and National Conference.

Pratiwi Esti Palupi, dkk. 2021. Peran Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Pendapatan

Pedagang, Vol. 2, No. 1, Lampung: Jurnal Akuntansi Aktiva.

Suryana, 2013. Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang,

Jakarta: Salemba Empat.

Rahmani, N.A.B. 2021, Metodologi Penelitian Ekonomi, t.tp: t.p, t.th.

Ghony, D. dan Almanshur,F. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif, ed. III, Ar Ruzz Media. Salim

dan Syahrum, 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif, Citapustaka Media.

Moleong,L.J.2004. Metodologi Penelitian Kualitatif, ed.Revisi, Remaja Rosdakarya.

Nasution, Rohana Pauliza. 2023, Analisis Persepsi Nasabah Dalam Mengakses Layanan

Digital

PT.Bank Syariah Indonesia: Studi Kasus Pada Bank Syariah Indonesia KepTanjung Balai., Skripsi

UIN SU.

Zuhrinal M.Nawawi, 2022. Strategi Menumbuhkan Jiwa Kreatif dan Inovatif Dalam

Kewirausahaan, Vol.6, No.1, UIN SU: Jurnal Sosial Pendidikan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


International Conference of Islamic Economics, Business, Social and Tourism Development (ICONIBUST) by Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam