IMPACT OF E-PAYMENT AND DIGITAL LITERATION ON THE RIGHTING OF THE PROVISIONS OF UMKM IN THE CASHLESS SOCIETY ERA (A CASE STUDY OF A BAZAR PRINCE AND A QRIS USER IN THE CITY OF MEDAN)
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, S., Andriani, N., Rahmadyah, N., Novriansyah, D., Putri, A., & Mayori, E. (2023). Implementasi
Teknologi Financial Dalam QRIS Sebagai Sistem Pembayaran Digital Pada Sektor UMKM Di Kota Binjai.
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 3(1), 12–18.
https://doi.org/10.55606/jpkmi.v3i1.925
Artianto, D. E. (2010). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Gladag Langen Bogan
Surakarta. Fakultas Ekonomi Sebelas Maret Surakarta.
Asisa, W., Aulia, P., Dalianti, N., & Handa, Y. R. (2022). Pengaruh Pemahaman Literasi Keuangan dan
Kemudahan Digital Payment terhadap Kinerja UMKM di Kota Makassar. Jurnal Dinamika, 3(1), 23–50.
Asmadi, E. (2018). Aspek Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Dalam Penggunaan Aplikasi Pembayaran
Elektronik (Electronic Payment). Doktrina: Journal of Law, 1(2), 90–103.
https://doi.org/10.31289/doktrina.v1i2.1923
Fitrianova Andriani, B., Rosmanidar, E., & Diniah, Z. (2023). Pengaruh Digital Payment ShopeePay dan Locus
of Control Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Journal of Student Research (JSR), 1(5), 192–212.
Gosal, M. A., & Linawati, N. (2008). Pengaruh Intensitas Penggunaan Layanan Mobile Payment terhadap
Spending Behavior. Petra Christian University.
Imsar, I., Arif, M., & Puspa, M. (2022). Pengaruh Modal Dan Tenaga Kerja Terhadap Upah Kerja Pengrajin Rotan
Di Kecamatan Medan Petisah Kota Medan Sumatera Utara. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat,
(2), 151–165.
Imsar, I., Nurhayati, N., & Harahap, I. (2023). Analysis Of Digital Economic Interactions, Economic Openness,
Islamic Human Development Index (I-HDI) And Investment On Indonesia's GDP Growth. Edukasi Islami:
Jurnal Pendidikan Islam, 12(01). https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.4265
Kementrian Agama. (2019). Terjemahan.
Kolanus, L. T. O., Rumate, V. A., & Engka, D. S. M. (2020). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan
Usaha Mikro Kecil (UMK) Di Kota Manado. Jurnal Pembanguan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 21(4),
–62.
Namira, L. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat UMKM di Kota Padang Menggunakan e-Payment
sebagai Metode Pembayaran. Owner, 6(1), 212–224. https://doi.org/10.33395/owner.v6i1.553
Nasution, S. A., Yafiz, M., & Nasution, M. L. I. (2023). Dampak Penerapan Sistem Pembayaran Non tunai
(Cashless) Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM di Sipirok Pada Masa Covid-19. Cakrawala
Repositori IMWI, 6(4), 1325–1340.
Natalina, S. A., Zunaidi, A., & Rahmah, R. (2021). Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) Sebagai
Strategi Survive Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) di Masa Pandemi di Kota Kediri. Istithmar:
Jurnal Studi Ekonomi Syariah, 5(2), 43–62. https://doi.org/10.30762/istithmar.v5i2.85
Naufal, H. A. (2021). Literasi digital. Perspektif, 1(2), 195–202.
Nurbaiti, N., Asmuni, A., Soemitra, A., Imsar, I., & Aisyah, S. (2023). Behavior Analysis of MSMES in Indonesia
Using Fintech Lending Comparative Study Between Sharia Fintech Lending and Conventional Fintech
Lending. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(4), 92–99.
Putri, E. W., Isnaini, R. A., & Tristiana, S. P. (2022). Peran Sistem Digital Payment Sebagai Strategi Peningkatan
Pendapatan Pada Usaha. In Prosiding National Seminar On Accounting, Finance, and Economics (NSAFE),
(2), 17–30.
Putri, M. C., & Haris Muizzudin, A. (2022). Pengaruh Cashless Transaction terhadap penggunaan Digital Payment
pada Mahasiswa IAIN Metro. Jurnal Syariah Dan Hukum Islam, 1(1), 42–53.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Sutrisna, I. P. G. (2020). Gerakan Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid – 19. Stilistika: Jurnal Pendidikan
Bahasa Dan Seni, 8(2), 269–283.
Syaripudin, A., Ahmad, D., Ningrum, D. W., Banyumurti, I., & Magdalena, M. (2017). Kerangka Literasi Digital
Indonesia. erkumpulan Mitra Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia.
Tawas, Y., & Rahel W. Kimbal. (2021). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil
Menengah di Kec. Passi Timur, Bolaang Mongondow Sulawesi Utara. Jurnal Equilibrium, 2(3), 45–57.
Tiffani, I. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Literasi Digital Terhadap Preferensi Bank Digital. MBIA,
(1), 152–167. https://doi.org/10.33557/mbia.v22i1.2039
Widyayanti, E. R. (2020). Analisis Pengaruh Kecenderungan Pergeseran Sistem Pembayaran Dari Tunai Ke NonTunai/Online Payment Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha (Studi Pada UMKM di Yogyakarta).
Paradigma Pengembangan Ekonomi Kreatif Di Era 4.0, 187–200.
Wulandari, S. I. (2023). Implementasi Akad Khiyar Majlis Menggunakan QRIS Dalam Meningkatkan Loyalitas
Pelanggan di Ceuceu Coffee Cirebon. Inkubis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 67–88.
https://doi.org/10.59261/inkubis.v3i1.39
Zahro, E. K. (2019). Kemampuan Literasi Digital Untuk Meningkatkan Keuntungan Usaha Pada Kalangan
Pelaku Usaha Skala Kecil Di Kota Surabaya. Universitas Airlangga
Refbacks
- There are currently no refbacks.