Generasi Rabbani: Kearifan Al-Qur’an dan Kebangkitan Kepemimpinan Moral Melawan Fenomena Public Enemy

Angger Sulistyarini

Abstract


Generasi rabbani adalah kelompok individu yang muncul sebagai respons terhadap berbagai fenomena "public enemy" yang mengancam ketertiban sosial dan moral dalam masyarakat. Mereka memandang al-Qur’an sebagai sumber utama panduan dalam membangun kepemimpinan moral yang kuat. Dalam menghadapi tantangan zaman, generasi rabbani menggali kearifan al-Qur’an untuk mengembangkan strategi pemimpin moral yang efektif. Penelitian ini akan mengulas peran penting al-Qur’an dalam membentuk karakter dan kepemimpinan moral generasi rabbani. Selain itu, akan dibahas upaya mereka dalam menghadapi berbagai fenomena "public enemy," seperti korupsi, kekerasan, dan degradasi moral, melalui penerapan nilai-nilai al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Melalui pendekatan ini, generasi rabbani berusaha memperkuat fondasi moral masyarakat, menginspirasi perubahan positif, dan merintis jalan menuju kebangkitan kepemimpinan moral yang berkelanjutan.

Kata Kunci: Generasi rabbani, kepemimpinan moral, public enemy


Full Text:

PDF

References


Adawiyah, N. A. (2018). Pengaruh penggunaan media flashcard terhadap prestasi belajar kognitif mata pelajaran Al-Qur’an Hadis siswa kelas III MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang.

Amir, A. N. (2022). Kepentingan Pengajian Al-Quran dalam Membangunkan Peradaban: Kajian Kes dalam Kelas Pengajian Al-Qur’an, Tajwid & Bahasa Arab untuk Awam di Pusat Bahasa (CELPAD), UIAM.

Amiruddin, M. (2021). Takdir Dalam Al-Qur’an. Al-Kauniyah, 2(2), 1–12.

Ansari, P., & Abdillah, M. T. (2022). SOLUSI AL-QUR’AN DALAM MENGATASI BAHAYA HOAKS PADA ERA DIGITAL (PERSPEKTIF TAFSIR AL-MISBAH). Muẚṣarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 4(2), 79–85.

Bahrianoor, B., & Juwita, D. R. (2021). Kepemimpinan Lokal dan Modal Sosial Dalam Pembangunan Desa Pada Masyarakat Eks Transmigrasi Desa Garantung Kecamatan Maliku Kabupaten Pulang Pisau: Local Leadership and Social Capital in Rural Development in Ex-Transmigration Village of Garantung, Sub-District Maliku, Pulang Pisau Regency. Journal of Government Science (GovSci): Jurnal Ilmu Pemerintahan, 2(1), 17–27.

Darmalaksana, W., Alawiah, N., Thoyib, E. H., Sadi’ah, S., & Ismail, E. (2019). Analisis Perkembangan Penelitian Living Al-Qur’an dan Hadis. Jurnal Perspektif, 3(2), 134–144.

Handayani, S. (2021). STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DESA. Sawala: Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, 2(2), 61–73.

Harahap, H. S., & Armanila, A. (2023). Prinsip Kepemimpinan Moral Spiritual Sekolah Dalam Pembangunan Karakter PAUD di TK Nurul Hidayah Kabupaten Serdang Bedagai: Principles of School Spiritual Moral Leadership in PAUD Character Building in Kindergarten Nurul Hidayah, Serdang Bedagai District. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), 435–446.

Hidayatullah, A. S., & Saputra, B. D. (2022). Integrasi Ajaran Tamansiswa dengan Ayat Ayat Pendidikan dalam Al-Quran. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 8(1), 104–119.

Ismail, A. S. B., & bin Mohd Poad, M. I. F. (2021). PEMBENTUKAN GENERASI AL-FATEH BERTERASKAN AL-QURAN DAN AL-SUNNAH. Zulfaqar Journal of Defence Management, Social Science & Humanities, 4(2).

Kaukab, M. E. (2021). Al-Qur’an dalam Pemahaman Muslim Kontemporer. Syariati: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hukum, 7(1), 33–42.

Maliki, N. (2018). Generasi Rabbani: Dakwah Melalui Televisi. Tasamuh: Jurnal Studi Islam, 10(1), 189–214.

Miskahuddin, M. (2022). Filosofi Pembinaan Anak Shalih dalam Konsep Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah Al-Mu ashirah: Media Kajian Al-Qur’an dan Al-Hadits Multi Perspektif, 19(1), 84–101.

Mollah, M. K. (2017). Pendidikan Kebahasaan dalam Penafsiran al-Quran Model al-Farā’. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 7(1), 166–181.

Munir, M. (2016). Implementasi Integrasi Al-Quran dan Hadits: Analisis Tematik Terhadap Konsep Uang dalam Islam.

Nalita, F., & Adnan, A. (2022). PENGARUH KOMITMEN ANGGARAN DAN INTENSITAS MORAL TERHADAP KECENDERUNGAN MENJADI WHISTLEBLOWER DENGAN GAYA KEPEMIMPINAN SEBAGAI PEMODERASI (STUDI PADA PEMERINTAHAN KABUPATEN ACEH JAYA). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, 7(2), 229–242.

Novialdi, R., Fauzi, F., Rahmad, R., Ernalis, F., & Diah, M. (2021). Kegiatan Sosial Hi-Dayah: Learn QurAn And English With Fun. RAMBIDEUN: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 78–83.

Nurjanah, I. (2018). Implementasi Integrasi Keilmuan Umum Dan Agama Di Sma Islam Al-Azhar 9 Yogyakarta.

Rahmat, A., & Karomah, F. F. (2020). Strategi Menanamkan Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Al-Qur’an:(Telaah Terhadap Ayat Qashash al-Qur’an). Kariman: Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 8(02), 243–260.

Ramlan, R., Erwinsyahbana, T., & Hakim, N. (2016). The Concept of Jihad In Islam. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 21, 35–42. https://doi.org/10.9790/0837-2109073542

Ritonga, A. W. (2021). Konsep Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Bagi Generasi Milenial Berbasis Al-Qur’an. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 72–82.

Rizaldi, N. I. N., Putri, A. S., Fajriansyah, M. A., & Luthfiah, Z. (2022). Adopsi Teknologi pada Pesantren Menuju Generasi Rabbani. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 125–138.

Saif. (2013, September 12). ali-Imran:79-80: JADILAH GENERASI RABBANI. Munkaha. http://munkaha.com/ali-imran79-80-jadilah-generasi-rabbani/

Saputro, F. E. (2020). Upaya Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Agama Pada Siswa Taman Pendidikan Al Qur’an Al-Hikmah Salatiga. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 19(1), 195–208.

Seleman, S., Pramono, J., & Suhita, D. (2019). Hubungan Kepemimpinan Kepala Desa Dan Komunikasi Dengan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Di Desa Botok, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar. Solidaritas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1).

Setyawan, A. (2020). Dakwah Yang Menyelamatkan: Memaknai Ulang Hakikat Dan Tujuan Da’wah Islamiyah. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(02), 189–199.

Soehadha, M. (2020). Integrasi Islam dan Sains Teknologi dalam Pengabdian Masyarakat; Transformasi Islam dalam Wilayah Praksis Keseharian Masyarakat. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, 19(2), 153–162.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (I). Alfabeta.

Wafi, M. B. F., Ilhami, N., & Taufiqurohman, T. (2022). Transformasi Perilaku Beragama Masyarakat Muslim Kontemporer: Fenomena Al-Qur’an di Era Digital. IN RIGHT: Jurnal Agama dan Hak Azazi Manusia, 11(1), 39–54.

Zabidi, A. (2020). METODE AMINA WADUD DALAM PENAFSIRAN ALQURAN. Jurnal Alwatzikhoebillah: Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora, 6(2), 1–9.

Zahra, S. T. (2019, Desember 11). STRATEGI MENGHAFAL AL-QUR’AN BAGI SANTRI DI MAAHAD TAHFIZ INTEGRASI MADINATUL HUFFAZ MALAYSIA.




DOI: http://dx.doi.org/10.51900/ias.v6i1.19755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information
  • For Readers
  • For Authors
  • Journal History

Ibn Abbas: Jurnal Ilmu Alquran & Tafsir
e-ISSN: 2620-7885
Website: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ibnabbas
Email: s2iat@uinsu.ac.id
Published by: UIN SU Medan
Office: UIN Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pancing Medan, Pasar V Medan Estate» Tel /fax : 0616622925 /