IMPELEMENTASI SAK 45 – LAPORAN KEUANGAN NIRLABA PADA MASJID MUHAMMADIYAH KOTA MEDAN

Riva Ubar Harahap, Januri J, Surya Sanjaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian guna memberikan informasi tentang penerapan akuntansi mesjid di lingkungan mesjid Muhammadiyah di Kota Medan. Selanjutnya akan menyusun rekomendasi aksi kunci/tindakan untuk menyusun laporan keuangan masjid yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) No. 45. Menurut SAK No. 45 laporan keuangan untuk masjid terdiri dari laporan posisi keuangan, laporan aktivitas, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan. Pada umumnya pengurus atau penanggungjawab yang menerima amanat dari masyarakat di sekitar lingkungan masjid, terkait dengan konsep akuntabilitas. Akuntansi sebagai sarana pertanggungjawaban akuntabilitas merupakan bagian yang integral dengan laporan keuangan masjid, sehingga suatu laporan keuangan perlu disajikan oleh masjid sesuai SAK No. 45. Dari hasil pengamatan bahwa umumnya Masjid Muhammadiyah masih menggunakan pendekatan akuntansi berbasis kas. dan belum menerapkan PSAK 45 karena sumberdaya manusia belum mampu menerapkan akuntansi berbasis akrual.


Keywords


SAK 45 dan Laporan Keuangan

Full Text:

PDF

References


Abu Bakar Arif dan Wibowo. (2004). Akuntansi Keuangan Dasar 1. Edisi Ketiga. Cikal Sakti.

Halim, Abdul dan Kusufi, Syam. (2013). Akuntansi Sektor Publik, Dari Anggran Hingga Laporan Keuangan Pemerimtah Hingga Tempat Ibadah. Jakarta. Salemba Empat.

Niswonger. Warren. Reeve and Fees (1999). Accounting. Ed. 19 South-Western College Publishing.

Institut Akuntan Publik Indonesia. (2017). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta;

Munawir S. (2002). Analisa Laporan Keuangan. Edisi Keempat. Yogyakarta : Leiberty.

Desy Andikawati dan Wahyu Agus Winarno. (2014). Laporan Keuangan Lembaga Masjid (Studi Kasus Pada Lembaga Masjid Agung Anaz Mahfudz Dan Masjid Al– Huda Lumajang). Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Jember.

Ronald S. Bayu dan Imran Rosman Hambali. (2014). Studi ethnosains : Dilema Transparansi dan Akuntabilitas Dalam Pelaporan Sumbangan Donatur dan Pengelolaan Keuangan Mesjid (Studi Kasus Di Kabupaten Gorontalo). Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/hf.v8i2.9976

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: