PENGARUH KREDIT PERBANKAN KONVENSIONAL DAN PEMBIAYAAN PERBANKAN SYARIAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI INDONESIA

Danil Syahputra, Supiah Ningsih

Abstract


Penyaluran dana di perbankan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan ekonomi masyarakat. Dengan adanya penyaluran dana ke masyarakat baik dari perbankan konvensional maupun perbankan syariah, masyarakat dapat menggunakan dana tersebut untuk kegiatan usahanya baik mikro maupun makro yang berdampak terhadap tumbuhnya perekonomian Indonesia. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menganalisis pengaruh kredit perbankan konvensional dan pembiayaan perbankan syariah terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia selama 10 tahun dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2018. Tahapan metode yang akan dipakai dalam penelitian ini adalah diagram alir penelitian, pengumpulan data, studi pustaka, identifikasi masalah, praproses, analisis data (analisis data yang digunakan yaitu regresi linier berganda, uji normalitas, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas dan uji autokorelasi), uji statistik (koefisien determinasi (R2), uji F statistik, dan uji t statistik), hasil analisis data, evaluasi akhir, dan pendekatan penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu variabel kredit perbankan konvensional berpengaruh signifikan terhadap variabel Produk Domestik Bruto (PDB) dan variabel pembiayaan perbankan syariah tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Produk Domestik Bruto (PDB). Kemudian variabel kredit perbankan konvensional dan variabel pembiayaan perbankan syariah secara simultan signifikan mempengaruhi variabel Produk Domestik Bruto (PDB).     


Keywords


Kredit Perbankan Konvensional, Pembiayaan Perbankan Syariah, Pertumbuhan Ekonomi

Full Text:

PDF

References


Abduh, Muhamad dan Omar, Mohd Azmi. 2012. Islamic Banking and Economic Growth: The Indonesian Experience. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management. Vol. 5 (1): 35-47.

Bank Indonesia (BI). Statistik Ekonomi dan Keuangan Indonesia (SEKI) Dari Tahun 2009 Sampai Dengan Tahun 2018. Online: www.bi.go.id. Diakses: tanggal 18 Juli 2019. Jakarta: Bank Indonesia (BI).

Jahja, Adi Susilo & Muhammad Iqbal. 2012. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perbankan Syariah Dengan Perbankan Konvensional. Jurnal Episteme. Vol. 7 (2): 337-360.

Kasmir. 2014. Dasar-Dasar Perbankan Edisi Revisi 2014. Jakarta: Rajawali Pers.

Muhammad. 2018. Manajemen Bank Syariah Edisi Revisi Kedua. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Statistik Perbankan Syariah (SPS) Dari Tahun 2009 Sampai Dengan Tahun 2018. Online: www.ojk.go.id. Diakses: tanggal 18 Juli 2019. Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Panorama, Maya. 2017. Effect of Monetary Aspects on The Performance of Islamic Banks in Indonesia. International Journal of Economics and Financial Issues. Vol. 7 (4): 76-85.

Purwanggono, Cahya Hendra. 2015. Skripsi: Pengaruh Ekspor Neto, Tenaga Kerja dan Investasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Rahmawati, Teti dan Martika, Lia Dwi. 2018. Analisis Kontribusi Kinerja Keuangan dan Kinerja Etis Perbankan Syariah Terhadap Pertumbuhan Perekonomian Indonesia. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen. Vol. 2 (2): 177-190.

Sukirno, Sadono. 2013. Makroekonomi Teori Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/hf.v7i1.6806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: