STRATEGI MENJADI WIRAUSAHA MUDA: STUDI KASUS SMAN 1 STABAT

Edy Syahputra, Saidun Hutasuhut, Hasyim Hasyim

Abstract


Sekolah berperan penting dalam membekali siswa dengan kreativitas dan kecakapan hidup yang dibutuhkan dalam hidup. Tidak semua lulusan SMA melanjutkan ke perguruan tinggi, dan di SMA N 1 Sumberlawang persentase siswa yang melanjutkan ke perguruan tinggi kurang dari 20% per tahun. Oleh karena itu, penting untuk melatih siswa dalam kecakapan hidup dan menanamkan jiwa kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran bagaimana pendidikan kewirausahaan dilaksanakan di SMAN 1 Stabat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan kepala sekolah, guru, dan koordinator proyek di SMAN 1 Stabat, analisis dokumen perencanaan proyek, dan tinjauan literatur. Validitas data diperkuat melalui triangulasi sumber dan metode. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan di SMAN 1 Stabat dilaksanakan melalui kegiatan kokurikuler dalam bentuk proyek yang fokus pada pengembangan kearifan lokal. Tema proyek kewirausahaan adalah kewirausahaan berbasis kearifan lokal. Proyek kewirausahaan melibatkan siswa dalam mengidentifikasi permasalahan dunia nyata, berkolaborasi untuk menciptakan solusi, serta merancang, membuat dan memamerkan produk yang bermanfaat bagi masyarakat. Strategi ini membantu siswa mengembangkan kreativitas, keterampilan dalam menciptakan produk fisik serta ide, dan jiwa kewirausahaan.


Keywords


Entrepreneur, Entrepreneurship, Interest, Skills, P5

Full Text:

PDF

References


Trianto, Agus. Djuhan, Muhammad Widda. 2020. Upaya Menumbuhkan Jiwa Intrapreneur Siswa Melalui Materi Kewirausahaan Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di MTS Sabilul Huda Ponorogo. Jurnal Pendidikan Islam: Mu’Alimin. Vol.1 No. 2. DOI: https://doi.org/10.21154/maalim.v1i02.2627

Alma, Buchari. 2010. Kewirausahaan (edisi revisi). Bandung: CV Alfabeta.

Anggraeni, Harnanik. 2015. Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Islam Nusantara Comal Kabupaten Pemalang. Vol. X No. 1. JPE DP.

Atmo, Patria. (2018). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Kinerja Terhadap Sikap Kewirausahaan Pada Siswa IPS Kelas XII SMA Negeri 2 Kandangan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial: 7(1). https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/JS.

Geoffrey, G. Meredith, et. Al. 1996. Kewirausahaan Teori Dan Praktek. Jakarta: PT. Pustaka Binaman Presindo.

Khairani, Makmun. 2014. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Noviani, Leny. Strategi Implementasi Proyek Kewirausahaan di SMA Negeri 1 Sumberlawang. Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis: Vol.27 No.1 Juni 2022. DOI: 10.20961/jkb.v27i1.58934.

Rahmadi, Afif Nur. Heryanto, Budi. (2016). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri. Jurnal Ekonika: Vol.1 No.2. 153-169. DOI: https://doi.org/10.30737/ekonika.v1i2.13

Redhana, Wayan. 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 13, No 1, 2019, halaman 2239 – 2253

Sawiji, H., Zulianto, M., Santoso, S. 2014. Pengaruh Efikasi Diri dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Tahun 2013. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri: Vol. 03 No. 01.

Sukirman. 2017. Jiwa Kewirausahaan dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Kemandirian Usaha melalui Perilaku Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis: Vol.20 No.1. DOI:10.24914/jeb.v20i1.318

Wijaya, T., Nurhadi, & Kuncoro, A.M. 2015. Intensi Berwirausaha Mahasiswa: Perspektif Pengambilan Risiko. Jurnal Siasat Bisnis Vol.19 No.2 (109-123). https://doi.org/10.20885/jsb.vol19.iss2.art2.

Widodo, Sigit & Rahayu, Agus. (2018). Pengembangan Sikap Ecopreneurship Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPS Melalui Project-Based Learning (Penelitian Eksperimen Semu di Kelas VII SMPN 2 Wado Kabupaten Sumedang). Social Science Education Journal, 5(2).

Kasmir. 2007. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hakim, Lukman. 2012. Prinsip-Prinsip Ekonom Islami. Surakarta: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/hf.v2i10.17923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: