Literasi Masyarakat dan Dampaknya terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah
Abstract
Tujuan utama tulisan ini adalah menganalisis pengaruh literasi masyarakat tentang bank syariah terhadap minatnya menjadi nasabah bank syariah. Disamping itu juga mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih bank syariah. Data penelitian primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan wawancara. Kuesioner disi oleh 17 responden secara acak. Data wawancara dikumpulkan melalui wawancara terstruktur dengan masyarakat Pekalongan yang bersedia diwawancarai. Responden yang diwawancari, baik responden dan non nasabah. Data yang diperoleh divalidasi dengan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Pekalongan memiliki minat untuk menjadi nasabah bank syariah, tetapi minatnya tidak dibarengi dengan pemahaman yang komprehensif. Responden memiliki pengetahuan umum tentang bank syariah, namun tidak mengetahui secara detail akad-akad muamalat yang ada pada produk-produk perbankan syariah. Kesesuaian syariah dan alasan pribadi menjadi faktor utama atas peminatannya menjadi nasabah bank syariah. Temuan penelitian menuntut operator bank syariah untuk melakukan promosi secara masif agar masyarakat memiliki pengetahuan yang komprehensif terkait perbankan syariah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abduh, M., & Omar, M. A. (2012). Islamic-bank selection criteria in Malaysia: An AHP Approach. Business Intelligence Journal, 5(2007), 271–281.
Abduh, M., Kassim, S. H., & Dahari, Z. (2013). Factors Influence Switching Behavior of Islamic Bank Customers in Malaysia. Journal of Islamic Finance, Vol. 2 No. 1 (2013) 012 – 019. IIUM Institute of Islamic Banking and Finance ISSN, 2(1), 12–19. https://doi.org/10.12816/0001113.
Adawiyah, W. R. (2015). Pertimbangan, pengetahuan, dan sikap konsumen individu terhadap bank Syariah. Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi dan Pembangunan, 11(2), 191-201.
Alamsyah, H. (2012). Perkembangan dan Prospek Perbankan Syariah Indonesia: Tantangan Dalam Menyongsong MEA 2015. Milad Ke-8 Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI), (April 2012), 1–8.
Amin, H. (2013). Factors influencing Malaysian bank customers to choose Islamic credit cards. Journal of Islamic Marketing, 4(3), 245–263. https://doi.org/10.1108/JIMA-02-2012-0013
Antonio, M. S. (2000). Bank Islam: Teori dan Praktek. Jakarta: Gema Insani Press.
Antonio, M. S. (2009). Dasar-dasar Manajemen Bank Syariah. Tangerang: Azkia Publisher.
Awan, H. M., & Shahzad Bukhari, K. (2011). Customer’s criteria for selecting an Islamic bank: evidence from Pakistan. Journal of Islamic Marketing, 2(1), 14–27. https://doi.org/10.1108/17590831111115213.
Bungin, B. (2006). Penelitian kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Pulik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Butt, I., Saleem, N., Ahmed, H., Altaf, M., Jaffer, K., & Mahmood, J. (2011). Barriers to adoption of Islamic banking in Pakistan. Journal of Islamic Marketing, 2(3), 259-273.
Echchabi, A., & Aziz, H. A. (2012). Empirical Investigation of Customers’ Perception and Adoption Towards Islamic Banking Services in Morocco. Middle-East Journal of Scientific Research, 12(6), 849–858. https://doi.org/10.5829/idosi.mejsr.2012.12.6.1942.
Hamidi, J., Hamidah, S., Sukarmi, Sihabuddin, Hendrawati, L., & Kusumaningrum, A. (2000). Persepsi dan sikap masyarakat santri jawa timur terhadap bank syariah. Bank Indonesia, Jakarta.
Haron, S. (2004). Determinants of Islamic Bank Profitability. Global Journal of Finance and Economics., 1(1), 1–22.
Hegazy, I. A. (1995). An empirical comparative study between islamic and commercial banks'selection criteria in egypt. International Journal of Commerce and Management, 5(3), 46-61.
Hutapea & Kasri (2010). Bank margin determination: a comparison between Islamic and conventional banks in Indonesia. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 3(1), 65–82. https://doi.org/10.1108/17538391011033870.
Khan, M. S. N., Hassan, M. K., & Shahid, A. I. (2007). Banking Behavior of Islamic Bank Customers in Bangladesh. Journal of Islamic Economics, Banking and Finance (Vol. 3). https://doi.org/10.1108/17538390810901131.
Khattak, N. A. (2010). Customer satisfaction and awareness of Islamic banking system in Pakistan. African Journal of Business Management, 4(5), 662.
Kontot, K., Hamali, J., & Abdullah, F. (2016). Determining Factors of Customers’ Preferences: A Case of Deposit Products in Islamic Banking. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 224, 167–175. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.05.435.
Lateh, N., Ismail, S., & Ariffin, N. M. (2009). Customers’ perceptions on the objectives, characteristics and selection criteria of Islamic bank in Thailand. Gadjah Mada International Journal of Business, 11(2), 167–189. Retrieved from http://jurnal.ugm.ac.id/gamaijb/article/view/5525.
Maski, G. (2012). Analisis keputusan nasabah menabung: pendekatan komponen dan model logistik studi pada bank syariah di Malang. Journal of Indonesian Applied Economics, 4(1).
Metwally, M. (1996). Attitudes of Muslims towards Islamic banks in a dual-banking system. American Journal of Islamic Finance, 6(1), 11-17.
Misbach, I., Surachman, S., Hadiwidjojo, D., & Armanu, A. (2013). Islamic Bank Service Quality and Trust: Study on Islamic Bank in Makassar Indonesia. International Journal of Business and Management, 8(5). https://doi.org/10.5539/ijbm.v8n5p48.
Naser, K., Al Salem, A., & Nuseibeh, R. (2013). Customers awareness and satisfaction of Islamic banking products and services: Evidence from the Kuwait finance house. International Journal of Marketing Studies, 5(6), 185.
Pertiwi, D., & Ritonga, H. D. (2012). Analisis Minat Menabung Masyarakat Pada Bank Muamalat di Kota Kisaran. Ekonomi dan Keuangan, 1(1).
Rahmawaty, A. (2014). Pengaruh Persepsi Tentang Bank Syariah Terhadap Minat Menggunakan Produk Di BNI Syariah Semarang. Jurnal ADDIN, 8(1).
Rusdianto, H., & Ibrahim, C. (2016). Pengaruh Produk Bank Syariah Terhadap Minat Menabung dengan Persepsi Masyarakat Sebagai Variabel Moderating di Pati. Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 43–61.
Sayani, H., & Miniaoui, H. (2013). Determinants of bank selection in the United Arab Emirates. International Journal of Bank Marketing, 31(3), 206–228. https://doi.org/10.1108/02652321311315302.
Sumantri, B. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Produk Pembiayaan Terhadap Minat Dan Keputusan Menjadi Nasabah Di Bank Syariah. Jurnal Economia, 10(2), 141-147.
Thambiah, S., Eze, U. C., Santhapparaj, A. J., & Arumugam, K. (2010). Customers’ perception on Islamic retail banking: A comparative analysis between the urban and rural regions of Malaysia. International Journal of Business and Management, 6(1), 187.
Wahab, W. (2016). Pengaruh tingkat bagi hasil terhadap minat menabung di bank syariah. Jebi (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 1(2), 167–184. Retrieved from http://journal.febi.iainimambonjol.ac.id/index.php/JEBI/article/view/41/pdf.
Weill, L. (2011). Do Islamic banks have greater market power?. Comparative Economic Studies, 53(2), 291-306.
Yuniarinto, A., dkk. (2010). Analisis Pengaruh Faktor Bauran Pemasaran terhadap Pertimbangan Nasabah dalam Memilih Bank Syariah di Kota Medan. Wacana, 13(4), 537–551. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/hf.v0i0.1318
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by: