Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Debitur Konsumer Untuk Membeli Rumah Melalui Pembiayaan Kepemilikan Rumah (PKR) Murabahah Bank CIMB Niaga Syariah

Pani Akhiruddin Siregar

Abstract


Pada uji F, garis regresi bermakna sebagai penaksir atau variabel bebas secara serentak berpengaruh terhadap variabel terikat pada taraf signifikansi 5%. Hipotesisnya adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor-faktor yang mempengaruhi debitur konsumer untuk membeli rumah melalui PKR Murabahah Bank CIMB Niaga Syariah. Sedangkan pada uji t, hanya variabel pendapatan saja yang berpengaruh terhadap PKR Murabahah. Hipotesisnya adalah hanya variabel pendapatan yang berpengaruh secara signifikan terhadap PKR Murabahah.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh margin terhadap PKR Murabahah, pengaruh pendapatan terhadap PKR Murabahah, pengaruh pelayanan terhadap PKR Murabahah, pengaruh religi terhadap PKR Murabahah serta untuk mengetahui secara bersama-sama seberapa besar pengaruh margin, pendapatan, pelayanan dan religi terhadap PKR Murabahah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Sumber datanya berasal dari data primer dengan cara kuesioner. Adapun populasinya, yakni debitur konsumer PKR Murabahah dari September 2009 sampai Desember 2011 dengan jumlah sampel sebanyak 50 (lima puluh) debitur konsumer. Sampel dengan cara purposive sample.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30829/hf.v1i1.1045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: