PROJECT-BASED LEARNING (PjBL) terhadap BERPIKIR KRITIS SISWA : ANALISIS BIBLIOMETRIK

Pia Yuningsih Saragih, Irvan Permana

Abstract


Abstrak

Pembelajaran di abad 21 mengantarkan peserta didik mempunyai kemampuan dalam: berpikir kritis dan berorientasi pada penyelesaian masalah, bekerja secara kolaborasi dan mudah beradaptasi dalam lingkungan social serta, membangun inisiatif dan leadership, menciptakan inovasi baru, dan mengkomunikasikan ide dan pikirannya secara jelas, dan efektif. Keterampilan-keterampilan inilah yang sudah seharusnya menjadi tujuan dari seperangkat sistem pendidikan ketimbang berorientasi pada pencapaian hasil ujian dan tujuan pragmatis serta individual lainnya. Sudah seharusnya, proses pembelajaran di persekolahan berorientasi pada relevansi kehidupan yang fleksibel dengan perkembangan zaman. Metode PBL yang menyediakan sebuah tantangan proyek, merangsang siswa mencari pengetahuan yang didasarkan pada kebutuhannya sendiri daripada didasarkan pada tujuan diluar dirinya seperti bagaimana proses kurikulum selama ini berjalan. PBL merujuk pada keterlibatan siswa dalam menyelesaikan sebuah proyek dalam konteks kehidupan nyata, dimana siswa mengembangkan pengetahuan dan Skill yang berhubungan dengan proyek tersebut (Cavanaugh dalam Chu et al., 2017).

Kata-kata kunci:  PJBL, Berpikir Kritis, Pembelajaran Abad 21, Analisis Bibliometrik.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Mahendra, I. W. E. (2017). Project based learning bermuatan etnomatematika dalam pembelajar matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 106-114.

Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (n.d.). APAKAH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING MAMPU MELATIHKAN KETERAMPILAN ABAD 21? http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.php/JPFK

Patriot, E. A., & Laksono, P. J. (2022, August). ANALISIS BIBLIOMETRIK PADA PENELITIAN LITERASI SAINS SELAMA PANDEMI COVID-19: KONTRIBUSI UNTUK MAHASISWA CALON GURU PENDIDIKAN IPA. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia (Vol. 1, No. 1, pp. 252-261).

Syahputra, E. (2018, December). Pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Humaniora dan Pendidikan (QSinastekmapan) (Vol. 1).

Wayan, I., & Mahendra, E. (2017). PROJECT BASED LEARNING BERMUATAN ETNOMATEMATIKA DALAM PEMBELAJAR MATEMATIKA.

Widiawati, R., Permanasari, A., & Ardianto, D. (2022). Science, Technology, Engineering, dan Mathematics (STEM) terhadap Kreativitas Siswa: Analisis Bibliometrik. Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang, 2(1), 57-69.

Zubaidah, S. (2010, January). Berpikir Kritis: kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran sains. In Makalah Seminar Nasional Sains dengan Tema Optimalisasi Sains untuk memberdayakan Manusia. Pascasarjana Unesa (Vol. 16, No. 1, pp. 1-14).




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/fisitekfisitek.v7i2.14797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Prodi Fisika - Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Website : https://uinsu.ac.id/

 Lisensi Creative Commons
FISITEK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License