KEPUASAN TERHADAP KOMPENSASI DAN KOMITMEN DOKTER DI RUMAH SAKIT

Mulyana Mulyana

Abstract


Abstrak

 

Setiap orang akan meminta kompensasi yang layak sesuai dengan pekerjaan yang dilakukannya maka semakin baik kinerja yang diberikan akan membuat mereka semakin layak mendapatkan kompensasi yang baik. Kompensasi gaji, kompensasi jasa medis dan kepuasan terhadap kompensasi menjadi salah satu hal yang dapat berdampak terhadap komitmen tenaga kesehatan terhadap rumah sakit. Komitmen dalam memberikan pelayanan merupakan hal yang perlu diperhatikan agar terciptanya mutu pelayanan yang baik di rumah sakit.

Jenis penelitian adalah penelitian observasional dengan design crossectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua dokter umum di Rumah Sakit Umum yang berjumlah 59 dokter. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total Sampling. Penelitian dilakukan pada Januari 2018 hingga Maret 2019 menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan responden menggunakan kuesioner.

Hasil penelitian menunjukkan mayoritas dokter umum memiliki kepuasan dalam kategori kurang puas terhadap gaji yang diberikan sebanyak 31 orang (52,5%) dan dokter dalam kategori sangat puas terhadap gaji yang diberikan sebanyak 28 orang (47,5%). Dokter umum menyatakan tidak puas terhadap pemberian insentif yang diberikan Rumah Sakit Umum sebanyak 59 orang (100%) dan tidak puas terhadap fasilitas pribadi sebanyak 59 orang (100%). Komitmen dokter terhadap pekerjaan di rumah sakit dalam kategori sedang yaitu sebanyak 40 orang (67,8%) sedangkan komitmen dokter dalam kategori tinggi sebanyak 19 orang (22%).

Dari hasil penelitian ini diharapkan pihak manjemen Rumah Sakit Umum untuk memberikan kompensasi yang lebih baik sesuai dengan harapan. Pihak dokter diharapkan mau menyampaikan harapan terkait kompensasi yang diinginkan agar keinginan dokter dapat dipenuhi oleh Rumah Sakit Umum Daerah terutama terkait kompensasi pemberian insentif dan fasilitas pribadi yang diasumsikan akan berdampak terhadap komitmen dokter terhadap rumah sakit.

 

Kata Kunci : Dokter, Komitmen, Kompensasi, Rumah Sakit


Full Text:

PDF

References


Amalia, S. (2019). Pengaruh Kompensasi Finansial dan Nonfinansial terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Tenaga Keperawatan RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung). Universitas Lampung.

Ardi. (2017). Pengaruh Budaya Kerja, Kompetensi dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai di Lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat. Jurnal SWOT, VII(2), 358–374.

Dwi, E. S. (2013). Hubungan Karateristik Manajerial Dengan Komitmen Dokter Spesialis Di Instalasi Rawat Jalan Di RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2013. Universitas Andalas.

Fitriani, N. (2018). Pengaruh Kompensasi dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja dengan Mediasi Kepuasan Kerja Perawat di Ruang Rawat Inap RSUD Kardinah Kota Tegal. Multiplier, III(1), 70–84.

Gunawan, M. A. (2015). Pengaruh Kompensasi Finansial dan Nonfinansial terhadap Motivasi Karyawan Study Kasus PT. Freight Express Surabaya. Jurnal Agora, 1(3), 10–18.

Indrayani, I. A. D. (n.d.). Harapan Dokter Spesialis di Rumah Sakit Dr. Moedjito Dwidjosiswojo Jombang. Universitas Gadjah Mada.

Insan, P. D. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif, Lingkungan Kerja, Kompensasi dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Bagian Keperawatan Rsud Tugurejo Semarang). Diponegoro Journal Of Economics, 5(1), 1–13.

Komara, A. T. (2014). Pengaruh Kompensasi, Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 8(2), 73–85.

Mahfudhoh, S. (2015). Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Penulisan Resep Sesuai Formularium. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 3(1), 21–30.

Muliana, S. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keinginan Pindah Kerja Perawat Rumah Sakit Atma Jaya. Universitas Esa Unggul.

Musyafi’, R. (2016). Pengaruh Kompensasi Finansial dan Nonfinansial terhadap Kinerja Karyawan Study Kasus PT. PLN PERSERO Area Pelayanan dan Jaringan Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 39(2), 50–60.

Nugrahaningsih, R. (2014). Pengaruh Locus Of Control Internal Dan EksternalTerhadap Komitmen Dokter di RSUD Abdul WahabSjahranie Samarinda. Universitas Hasanuddin.

Prasetiya, C. H. (2016). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Perawat di RSUD Sunan Kalijaga Demak. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kesehatan, 7(2), 15–21.

Pratama, D. (2015). Pengaruh Kompensasi Finansial Dan Nonfinansial Terhadap Motivasi Kerja Study Kasus AJB Bumi Putera 1912 Cabang Batu. Jurnal Administrasi Bisnis, 24(1), 100–110.

Rahman, R. A. (2019). Pengaruh Kompensasi dengan Konsep Pay For Position dan Konsep Pay Competence Terhadap Kepuasan Kerja (ASN) di RSUD Kabupaten Ciamis. Business Management and Enterpreunership Journal, 1(4), 60–74.

Rufaidah, R. F. (2017). Pengaruh Kompensasi Finansial dan Non nfinansial terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Karyawan Study Kasus PG Kebun Agung Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 42(1), 20–30.

Rusydiani, A. (2017). Analisis Hubungan Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Dokter di Instalasi Rawat Jalan RSUD Kabupaten Batang. Universitas Diponegoro.

Saragih, I. D. (2019). Analisis Indikator Masukan Program Pemberantasan Demam Berdarah Dengue di Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. Contagion, 1(1), 32–41.

Siregar, P. A. (2019). Evaluasi Sistem Informasi Kesehatan Puskesmas Kota Matsum di Medan Menggunakan Pendekatan Instrumen Health Metrics Network. Contagion, 1(1), 42–53.

Triana, R. (2019). Pengaruh Kompensasi Langsung dan Kompensasi Tidak Langsung Terhadap Kinerja PNS di RSUD Kota Kendari. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 11(2), 94–104.

Trisnantoro, L. (2013a). Aspek Strategis Manajemen Rumah Sakit. UGM Press.

Trisnantoro, L. (2013b). Memahami Ilmu Ekonomi dan Manajemen Rumah Sakit. UGM Press.

Wulansari, P. (2014). Pengaruh Kompensasi Terhadap Motivasi Karyawan Di Departemen Sumberdaya Manusia PLN Kantor Distribusi Jawa Barat dan Banten. Jurnal Manajemen Indonesia, 14(2), 163–171.

Yuniati, A. (2016). Pengaruh Kompensasi, Motivasi, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai Rsud Pandan Arang Boyolali. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yusnita, N. (2014). Pengaruh Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Tirta Investama (Danone AQUA. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi., 3(2), 23–27.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/contagion.v1i2.7205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Mulyana Mulyana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Contagion: Scientific Periodical Journal of Public Health and Coastal Health by Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.