HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN SMARTPHONE DAN TINGKAT KETERGANTUNGAN MEDIA SOSIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA 3 SMA SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA KABUPATEN DELI SERDANG
Abstract
Fahru Rizal1, Candra Wijaya2, Eko Budi Prasetyo3
Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan intensitas penggunaan smartphone dengan motivasi belajar siswa. 2) hubungan tingkat ketergantungan media sosial dengan motivasi belajar siswa. 3) hubungan intensitas penggunaan smartphone dan tingkat ketergantungan media sosial dengan motivasi belajar siswa SMA Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi dengan populasi adalah siswa siswi SMA Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang berjumlah 83 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert. Teknik analisi data meliputi : 1) uji validitas dan reliabilitas. 2) uji normalitas, linearitas, dan homogenitas. 3) analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda tiga prediktor dengan menggunakan bantuan software computer SPSS 18.0. Hasil penelitian menunjukan : 1) terdapat hubungan positif dan signifikan intensitas penggunaan smartphone terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai kekuatan kontribusi 0,041 atau 4,10 % yang berarti sangat rendah. 2) terdapat hubungan positif dan signifikan tingkat ketergantungan media sosial terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai kekuatan kontribusi 0,124 atau 12,4% yang berarti sangat rendah. 3) terdapat kontribusi positif dan signifikan intensitas penggunaan smartphone dan tingkat ketergantungan media sosial terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai kekuatan kontribusi 0,143 atau 14,3 % yang berarti sangat rendah.
Key Word: Intensitas, Smartphone, Media Sosial dan Motivasi Belajar
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Caroll dan Romano, Your Digital Afterlife, (Berkeley CA: New Riders, 2011)
Dariyanto, Teknik Handphone, (Bandung: CV Yrama Widya, 2010)
Departemen Pendidikan Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2003)
Dimyati dan Mudjiono. Balajar dan Pembelajaran. (Jakarta: Depdikbud. 1994)
Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2015)
Effendy, Onong Uchajana, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000)
Fuch, C. Social Media a Critical Introduction, (Los Angeles: SAGE Publications, 2014)
Hamalik, Oemar, Prosedur Belajar Mengajar, (Jakarta : Bumi Aksara. 2003)
Hartono, Daniel, dkk, Menggunakan Smartphone/PDA Lebih Optimal, (Bandung: Informatika, 2008)
Lister et al., New Media : Critical Introduction, (London: 2013)
Mark K. Smith,dkk, Teori Pembelajaran dan Pengajaran, (Yogyakarta: Mirza Media, 2009)
Nashar, Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam kegiatan Pembelajaran, (Jakarta: Delia Press, 2004)
Nasrullah, Rulli, Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi, (Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2017)
Nurudin, Pengantar Komunikasi Massa, (Depok: Rajagrafindo, 2003)
Onong Uchjana, Effendy, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013)
Soliha, Silvia Fardila, “Tingkat Ketergantungan Pengguna Media Sosial dan Kecemasan Sosial” dalam Jurnal Ilmiah INTERAKSI, Vol. 4 No. 1, Januari 2015 (Pusat Penelitian Universitas Diponegoro Semarang: 2015)
Straubhaar, Joseph D & Robert La Rose, Media Now : Understanding Media, Culture, and Technology, (USA : Wadsworth Group, 2011)
Sudirman, A.M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta : Grafindo Persada. 2000)
Sudirman, AM, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011)
Sugiharti, Perkembangan Masyarakat Informasi dan Teori Sosial Kontemporer, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group,2014)
Tim Pusat Humas Kementerian Perdagangan RI, Panduan Optimalisasi Media Sosial Untuk Kementerian Perdagangan RI,(Jakarta : Pusat Humas Kementerian Perdagangan RI, 2014)
Internet
https://id.techinasia.com/jumlah-pengguna-smartphone-di-indonesia-2018, Pada hari Sabtu, Tanggal 1 September 2018 Pukul. 14.00 WIB.
https://kbbi.web.id/intensitas, pada hari minggu, 21 Oktober 2018, Pukul 14.00 WIB
DOI: http://dx.doi.org/10.37064/ab.jki.v2i2.5754
Refbacks
- There are currently no refbacks.