PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM MENYUSUN SOAL OBJEKTIF BENTUK PILIHAN GANDA MELALUI UMPAN BALIK PADA GURU-GURU PAI KECAMATAN PANCUR BATU KABUPATEN DELI SERDANG

Ahmad Suwarno

Abstract


Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut. Secara proses terjadi peningkatan kinerja guru peserta dari masing-masing siklus. Pada siklus pertama skor kinerja guru adalah 40%, kemudian meningkat menjadi 91% pada siklus kedua. Skor kinerja guru yang diperoleh pada siklus ketiga ini dapat melebihi skor yang ditargetkan (90%). Dari aspek produk ditemukan bahwa: (1) pada siklus pertama ketercapaian validitas butir rata-rata adalah 11 (31,43%), taraf kesukaran cenderung berada pada P=>0,67, yaitu 17 (48,57%), indeks daya pembeda yang baik D=≥0,30 adalah 37,14%, dan pengecoh berfungsi 23 (69%); (2) pada siklus kedua, ketercapaian validitas butir soal rata-rata 15 (42,86%), butir soal cenderung berada pada rentangan P=0,33–0,67, yaitu 23 (65,71%), indeks daya pembeda yang baik D=≥0,30 menjadi 21 (60%), dan pengecoh berfungsi 83%; (3) pada siklus ketiga, ketercapaian validitas butir rata-rata 23 (66%), soal cenderung pada rentangan P=0,33-0,67 yaitu 24 (68,57%), soal yang memiliki daya beda yang baik D ≥ 0,30 meningkat 26 (74,28%). Data di atas menggambarkan bahwa secara umum terjadi peningkatan mutu produk soal dari siklus pertama, kedua, dan ketiga. Secara khusus, untuk validitas butir soal, peningkatan yang diharapkan terjadi pada siklus ketiga, karena tiga di antara soal buatan guru memiliki jumlah butir valid di atas 70%. Taraf kesukaran soal yang diharapkan di mana P=0,33-0,67 terjadi pada siklus kedua dan ketiga. Indeks daya pembeda soal yang baik juga diperoleh pada siklus ketiga, di mana soal yang memiliki D ≥ 0,30 mencapai 74,28%, lebih besar dari kriteria 70% yang ditetapkan.

 


Keywords


Kinerja Guru, Pilihan Ganda, Umpan Balik

Full Text:

PDF

References


Gay, L.R. (1996). Educational Research: Competencies for Analysis and Application. New Jersey: Englewood Cliffs.

Gentry, Castelle G. (1994). Introduction to Instructional Development: Process and Technique. California: Wadsworth Publishing Company.

Gordon, Thomas. (1997). Teacher Effectiveness Training (Menjadi Guru Efektif). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Gregory, Robert L. (2000). Psychological Testing: History, Principle, and Applications. Needham Height.

Gronlund, Norman E. (1990). Measurement and Evaluation in Teaching. New York: MacMillan Publishing Company.

Hall, David dan Hall, Irene. (1996). Practical Social Research: Project Work in the Community. London: Macmillan Press.

Heinich, Robert, Molenda M, dan Russel J.D. (1996). Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Kubiszyn, Tom dan Borich, Gary. (2003). Educational Testing and Measurement: Classroom Application and Practice. New York: John Wiley & Son Inc.

Linn, L Robert dan Gronlund, Norman E. (1995). Measurement and Assessment in Teaching. New Jersey: Prentice-Hall Inc.

McBeath, R.J. (1992). Instructing and Evaluating in High Education: A guide Book For Planning Learning Out Comes. New Jersey: Educational Technology Publication, Inc. Englewood Cliffs.

McNiff, Jean. (1992). Action Research: Principle and Practice. New York: Macmillan Education. Ltd.

Medley, DM., Coker, H., dan Soar, R.S. (1984). Measurement Based Evaluation of Teacher Performance: An Emperical Approach. New York & London: Longman Inc.

Mills, Geoffrey E. (2000). Action Research: A Guide for the Teacher Researcher. New Jersey: Prentice Hall.Inc.

Naga, Dali S. (1992). Pengantar Teori Skor pada Pengukuran Pendidikan. Jakarta: Gunadarma.

Nitko, Anthony J. (1996). Educational Assessment of Studies. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Popham, James W. (1995). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know. Boston: Allyn & Bacon.

Pusat Penilaian Pendidikan. (2007). Panduan Penulisan Soal Pilihan Ganda. Balitbang Departemen Pendidikan Nasional.

Rosset, Allison dan Arwady, Joseph. (1987) Training Needs Assessment. New Jersey: Englewood Cliffs.

Stanley, J.C. dan Hopkins, K.D. (1972). Educational and Psychological Measurement and Evaluation. New Jersey: Englewood Cliffs.

Tessmer, Martin. (1995). Planning and Conducting Formative Evaluation. Philadelphia: Kogan Page.

Toha, Chabib. (1996). Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.

Utomo, Tjipto dan Ruijter, Kees. (1985). Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia.

Wiersma, William dan Jurs, G. Stephen. (1990). Educational Measurement and Testing. Boston: Allyn and Bacon.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v5i1.9798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.